Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Bek Barcelona Pique Soal Liga Super Eropa, Sepak Bola Milik Suporter

Kapten kedua Barcelona Gerard Pique menyatakan "sepak bola adalah milik suporter". Pernyataan itu diduga terkait dengan keterlibatan Barca di Liga Super Eropa.
Bek barcelona Gerard Pique/Reuters
Bek barcelona Gerard Pique/Reuters

Bisnis.com, JAKARTA – Pemain belakang dan kapten kedua Barcelona Gerard Pique menyatakan bahwa “sepak bola adalah milik suporter” dan “hari ini harus lebih baik daripada sebelumnya”.

Pernyataan singkat itu, yang dilansir Football Espana pada Rabu (21/4/2021), tidak secara eksplisit merujuk pada Liga Super Eropa (European Super League/ESL), tetapi secara jelas memihak pada suprter.

Barcelona merupakan salah satu dari 12 klub pendiri Liga Super Eropa, yang digagas Presiden Real Madrid Florentino Perez. Selain Madrid dan Barcelona, Atletico Madrid termasuk di antara 12 klub pendiri Liga Super Eropa, dengan enam klub Liga Primer Inggris akhirnya mundur.

Memang tidak ada gelombang penolakan yang masif dari suporter Barcelona sebagaimana yang terjadi dari fan klub-klub Liga Primer Inggris yang membuat mereka akhirnya menarik diri dari Liga Super Eropa.

Bagaimanapun, pernyataan Pique merupakan tantang bagi klubnya sendiri apakah tetap berkeras melibatkan diri dalam Liga Super Eropa atau memilih mundur.

Federation Internationale de Football Association (FIFA) dan Union of European Football Associations (UEFA) telah mengeluarkan ancaman bahwa para pemain dan klub yang terlibat dalam Liga Super Eropa tak diizinkan bermain di kompetisi dua otoritas sepak bola itu.

Namun, pada perkembangan terakhir, pengadilan niaga Madrid ikut campur dengan mengeluarkan putusan awal bahwa FIFA dan UEFA tidak diperbolehkan bertindak menghalangi Liga Super Eropa.

Putusan awal itu memulai pertarungan hukum terkait dengan Liga Super Eropa. Meski demikian, sebenarnya tak cukup jelas sejauh mana kewenangan pengadilan niaga Madrid mengintervensi FIFA dan UEFA.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Sumber : Football Espana
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper