Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Penjelasan Mantan Wasit Soal Dua Keputusan Kontroversial di Laga MU Vs Sheffield

Pelatih MU Ole Gunnar Solskjaer menyatakan mereka dirugikan oleh dua keputusan wasit.
Pelatih Manchester United Ole Gunnar Solskjaer/Reuters-John Sibley
Pelatih Manchester United Ole Gunnar Solskjaer/Reuters-John Sibley

Bisnis.com, JAKARTA - Pertandingan Manchester United vs Sheffield United pada Kamis (28/1/2021) dini hari tadi meninggalkan kontroversi. Pelatih MU Ole Gunnar Solskjaer menyatakan mereka dirugikan oleh dua keputusan wasit. Mantan pengadil lapangan hijau Liga Inggris, Peter Walton, justru menilai sebaliknya.

Walton menilai dua keputusan yang diambil oleh wasit Peter Bankes benar. Pada pelanggaran pertama yang berujung gol bagi Sheffield, Walton menilai wasit mengambil keputusan yang tepat karena pergerakan yang dilakukan Billy Sharp dianggap tak cukup untuk dikategorikan sebagai pelanggaran terhadap penjaga gawang Manchester United, David de Gea.

"Pada kejadian pertama dengan Billy Sharp, bola berakhir di gawang, petugas VAR melihatnya untuk memperjelas apakah itu pelanggaran atau bukan. Dia (petugas VAR) tidak merasa itu adalah kesalahan yang jelas dan jujur saya juga tidak (menilai itu pelanggaran), "kata Walton kepada BT Sport di babak pertama.

"Saya kira dampak (pergerakan Billy Sharp) terhadap De Gea tidak cukup untuk membuat itu menjadi pelanggaran, tetapi itu hanya pendapat saya."

Walton juga menilai keputusan wasit yang membatalkan gol penyeimbang kedudukan Anthony Martial benar. Menurut dia, bek Manchester United Harry Maguire secara jelas terlihat melakukan pelanggaran terhadap penjaga gawang Sheffield United Aaron Ramsdale.

Dia juga memahami keputusan petugas VAR yang tak melihat ulang kejadian itu. Pasalnya, menurut Walton, Bankes sudah meniup peluit sebelum Martial melesakkan bola ke gawang.

"Pada kejadian kedua, ketika Maguire melawan Ramsdale, Maguire dengan jelas menghalangi Ramsdale dengan tangan di atasnya."

"Wasit telah meniup peluitnya sebelum bola masuk ke gawang, jadi VAR tidak dapat melihatnya karena VAR kemudian akan memutuskan pelanggaran dan bukan gol," kata Walton.

Sebelumnya Manajer Manchester United Ole Gunnar Solskjaer menilai timnya meraih kekalahan karena dua keputusan yang merugikan tersebut. Dia menganggap ada inkonsistensi penerapan aturan karena kedua peristiwa tersebut sebenarnya hampir mirip.

Hasil laga Manchester United vs Sheffield United itu membuat skuad Setan Merah gagal kembali ke puncak klasemen Liga Inggris. Mereka tertahan di posisi kedua dengan perolehan 40 angka dari 20 laga, tertinggal satu angka dari Manchester City yang baru bermain 19 kali.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Sumber : Tempo
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper