Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Odegaard Datang, Arteta Bisa Kembangkan Permainan Indah di Arsenal

Odegaard diprediksi akan menjadi salah satu pemain penting bagi skuad asuhan Mikel Arteta di Arsenal.
Newswire
Newswire - Bisnis.com 28 Januari 2021  |  14:52 WIB
Pelatih Arsenal, Mikel Arteta - Forbes
Pelatih Arsenal, Mikel Arteta - Forbes

Bisnis.com, JAKARTA - Martin Odegaard resmi bergabung dengan Arsenal sebagai pemain pinjaman dari Real Madrid hingga akhir musim ini. Odegaard diprediksi akan menjadi salah satu pemain penting bagi skuad asuhan Mikel Arteta di Arsenal.

Arteta sempat menyatakan kekurangan gelandang kreatif di lini tengahnya setelah tak cocok dengan Mesut Ozil yang akhirnya hengkang ke Fenerbahce. Hal itu sempat teratasi dengan kehadiran Emile Smith Rowe yang baru dipromosikan dari tim U-23.

Sejak dipercaya bermain sebagai pengatur serangan, Rowe terbukti membawa Arsenal bangkit dari keterpurukan. The Gunners meraih lima kemenangan dari enam laga terakhir di Liga Inggris. Dia juga mencetak tiga assist dalam enam laga itu.

Kehadiran Odegaard sempat dikhawatirkan akan menghambat perkembangan Rowe yang sedang bersinar saat ini. Hal itu wajar karena keduanya memang memiliki posisi bermain yang sama.

Tak bisa dipungkiri, Odegaard dan Rowe tak bisa bermain bersama dalam skema permainan 4-2-3-1 yang terbukti membuat Arsenal kembali tampil garang.

Jika Arteta memepertahankan skema permainan itu, maka Odegaard kemungkinan besar akan hanya menjadi pelapis bagi Rowe. Sangat beresiko bagi Arteta untuk mencadangkan Rowe yang terbukti sudah sangat klop dengan para pemain lainnya.

Buktinya, pada laga Piala FA kontra Southampton pekan lalu Arsenal menelan kekalahan ketika Rowe tak bermain.

Akan tetapi Odegaard dinilai masih memiliki peluang untuk menjadi pilihan utama Arteta. Media Spanyol AS menyebutkan bahwa hubungan baiknya dengan Dani Ceballos, pemain Real Madrid yang sudah dipinjam Arsenal sebelumnya, bisa menjadi nilai plus di mata Arteta.

Bahkan, menurut AS, Odegaard dan Ceballos bisa membuat Arteta menerapkan skema permainan impiannya. Arteta yang banyak belajar dari Arsene Wenger dan Pep Guardiola dinilai masih belum dapat menerapkan skema permainan menyerang dengan umpan-umpan pendek dan cepat nan indah dengan skuad yang dia miliki.

Baik Wenger maupun Guardiola memang dikenal senang memainkan banyak pemain kreatif dalam timnya untuk menciptakan permainan yang indah dan enak ditonton. Keduanya pun lekat dengan skema permainan 4-3-3

Kehadiran Odegaard plus Ceballos disebut bisa membuat si manajer mulai membangun impiannya tersebut. "Untuk menjalankan skema permainan yang ada dalam pikirannya, Arteta membutuhkan pemain dengan sentuhan yang bagus dan di sana Ceballos dan Odegaard beradaptasi dengan sempurna," tulis AS.

Ceballos sendiri memang telah menjadi pemain penting bagi Arsenal. Musim ini, dia nyaris selalu menjadi pilihan utama Arteta.

Thomas Partey yang baru dibeli dari Atletico Madrid diprediksi akan menjadi pelengkap bagi Ceballos dan Odegaard di jantung permainan Arsenal. Dengan kekuatan fisik yang dimilikinya, Partey akan berfungsi lebih sebagai penghalau serangan sekaligus pembawa bola dari lini belakang ke lini tengah.

Kehadiran Martin Odegaard juga bisa saja membuat Arteta lebih leluasa dalam mengotak-atik skema permainan timnya. Dia bisa menerapkan skema 4-3-2-1 dengan Odegaard dan Rowe bermain bersama di belakang penyerang tunggal.

Dengan skema seperti ini, Arteta masih bisa memainkan Bukayo Saka yang juga menjadi kunci kebangkitan pasukan Meriam London di Liga Inggris saat ini.

Dalam enam laga terakhir, Mikel Arteta bereksperimen dengan menempatkan Saka sebagai sayap kanan. Eksperimen tersebut dianggap sukses karena Saka menciptakan empat gol dan dua assist.

Akan tetapi Saka sebenarnya memiliki posisi asli sebagai gelandang kiri. Hal itu membuat dia tampaknya tak bermasalah jika harus bermain bersama Ceballos dan Partey di belakang Odegaard dan Rowe.

Dengan begitu, kehadiran Martin Odegaard bisa membuat Mikel Arteta memiliki pilihan skema permainan yang lebih beragam. Hal itu sangat penting mengingat setiap tim membutuhkan kejutan ketika permainan mereka mulai terbaca oleh lawan. Apalagi Arsenal memiliki ambisi cukup besar musim ini, melaju jauh di Liga Europa dan merebut kembali tiket Liga Champions musim depan.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Liga Inggris arsenal

Sumber : Tempo

Editor : Andhika Anggoro Wening
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top