Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nations League : Italia, Belanda, Polandia Berebut Juara Hingga Akhir

Italia, Belanda, dan Polandia harus berjuang hingga pertandingan terakhir untuk berebut selembar tiket ke putaran akhir atau fase empat besar Nations League Eropa.
Para pemain Italia merayakan gol pertama ke gawang Polandia./UEFA.com
Para pemain Italia merayakan gol pertama ke gawang Polandia./UEFA.com

Bisnis.com, JAKARTA – Belanda menundukkan Bosnia-Herzegovina dan Belanda menaklukkan Polandia dalam pertandingan matchday kelima Nations League Divisi A Grup 1 (A1) pada Senin (16/11/2020) dini hari WIB.

Hasil itu membuat Italia, Belanda, dan Polandia harus berjuang hingga matchday keenam atau terakhir yang digelar pada Kamis (19/11/2020) dini hari WIB untuk menentukan posisi juara yang melaju ke putaran akhir empat besar.

Bertarung di Johan Cruijff Arena di Amsterdam, Belanda mengatasi Bosnia-Herzegovina dengan skor 3–1. Belanda sudah unggul dua gol hingga babak pertama berakhir berkat gol yang diborong gelandang serang Georginio Wijnaldum pada menit ke-6 dan 13.

Memasuki babak kedua, berjalan 10 menit, giliran Memphis Depay mencatatkan namanya di papan skor untuk menambah keunggulan tim asuhan Frank de Boer menjadi 3–0.

Bosnia-Herzegovina hanya mampu membalas sebiji gol Smail Prevljak pada menit ke-63, hanya 2 menit setelah dia masuk lapangan menggantikan Armin Hodzic.

Di laga lainnya di Stadion Mapei di Reggio Emilia, Italia, tuan rumah memetik kemenangan 2–0 atas Polandia berkat gol-gol Jorginho dari titik penalti pada menit ke-27 dan Domenico Berardi 8 menit menjelang pertandingan selesai.

Polandia mengakhiri pertarungan dengan 10 pemain setelah pada menit ke-77 pemain pengganti Jacek Goralski menerima kartu kuning kedua dari wasit Clement Turpin (Prancis). Goralski menerima kartu kuning pertama pada menit ke-62. Dia baru bermain mulai awal babak kedua menggantikan Jakub Moder.

Dengan hasil dua pertandingan tersebut, Italia tetap memimpin klasemen sementara dengan nilai 9, diikuti Belanda 8, Polandia 7, sedangkan Bosnia-Herzegovina (2) dipastikan terdegradasi ke Divisi B musim depan.

Pada matchday terakhir, Italia akan bertandang ke Bosnia-Herzegovina, sedangkan Polandia menjamu Belanda. Dengan hanya unggul tipis dalam perolehan poin, posisi Italia belum aman untuk finis sebagai juara grup yang akan melaju ke putaran terakhir atau fase empat besar.

Skuad berjuluk Gli Azzurri alias Si Biru harus menundukkan tuan rumah Bosnis-Herzegovina untuk memastikan finis sebagai juara grup. Jika hanya bermain imbang sehingga nilai akhir Italia 10, mereka masih bisa digusur Belanda jika skuad Oranje menang atas Polandia.

Bahkan, Polandia bisa saja tampil sebagai juara apabila Italia secara mengejutkan menelan kekalahan di Bosnis-Herzegovina serta Robert Lewandowski dan kawan-kawan pada saat bersamaan mampu mengalahkan Belanda.

Namun, Italia diuntungkan oleh keunggulan head-to-head dengan Belanda ataupun Polandia. Italia unggul head-to-head 2–1 versus Belanda dan unggul 2–0 atas Polandia. jadi, jika pada akhirnya nilai Italia sama dengan salah satu dari kedua rivalnya tersebut, Italia yang akan tampil sebagai juara.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Sumber : UEFA.com
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper