Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Hasil Play-off Basket NBA : Heat, Rockets, Bucks, Lakers Menang

Miami Heat, Houston Rockets, Milwaukee Bucks, dan LA Lakers meraih kemenangan dalam lanjutan play-off liga basket NBA.
Forward Los Angeles Lakers LeBron James./Antara/Reuters
Forward Los Angeles Lakers LeBron James./Antara/Reuters

Bisnis.com, JAKARTA – Miami Heat, Houston Rockets, Milwaukee Bucks, dan La Lakers berhasil mencatat kemenangan dalam pertandingan lanjutan play-off liga basket Amerika Serikat National Basketball Association (NBA) pada Jumat (21/8/2020).

Miami Heat menggandakan keunggulan atas Indiana Pacers menjadi 2–0 dalam play-off Wilayah Timur setelah memenangi gim kedua 109–100.

Duncan Robinson menyumbang angka terbanyak dalam kemenangan Heat lewat 24 poin, diikuti 20 poin dari Goran Dragic, serta Jimmy Butler yang mencetak 18 poin, mengamankan 7 rebound, dan 6 assist.

Victor Oladipo, yang awalnya sempat diragukan bisa melantai, kembali menunjukkan kualitas kebintangannya dengan memborong 22 poin bagi Pacers, tapi tambahan 17 poin dari Malcolm Brogdon dan Myles Turner pun tak cukup mengelakkan mereka dari kekalahan.

Tembakan 3 poin Robinson untuk Heat 20 detik setelah lemparan mula membuka pertandingan dan membawa timnya unggul sebelum Pacers berbalik memimpin 17–16 sejak pertengahan kuarter pertama lewat layup TJ Warren.

Miami Heat sempat kembali unggul lewat 3 poin Tyler Herro, tetapi Pacers mengambil kendali permainan di sisa waktu kuarter pertama yang berakhir dalam keunggulan 24–22 atas lawannya.

Heat mulai menemukan kembali performa terbaiknya sejak pertengahan kuarter kedua ketika tembakan 3 poin Kelly Olynyk mengubah kedudukan menjadi 36–33 pada sisa waktu 6 menit 27 detik. Butler dan kawan-kawan menutup paruh pertama dalam keunggulan 51–46 atas Pacers.

Paruh kedua pertandingan sepenuhnya menjadi milik Heat, 37 poin tambahan di kuarter ketiga dan 21 lainnya di kuarter pemungkas memastikan kemenangan 109–100 atas Pacers bagi tim besutan Erik Spoelstra.

Rockets Taklukkan Thunder

Sementara itu, Houston Rockets mengungguli Oklahoma City Thunder 2–0 dalam play-off NBA Wilayah Barat setelah menang 111-98 dalam gim kedua.

Tak kurang dari tujuh pemain Rockets menyumbangkan dua digit angka untuk kemenangan tersebut, dipimpin James Harden yang mengemas 21 poin dan 9 assist, diikuti Danuel House Jr. dengan 19 poin serta masing-masing 15 poin dari Eric Gordon dan Jeff Green.

Di sisi Thunder, pasokan angka utama datang dari Shai Gilgeous-Alexander dengan 31 poin, disusul Danilo Gallinari 17 poin serta 13 poin dari Chris Paul.

Pertandingan ketat di awal laga di tengah upaya Thunder menyamakan kedudukan. Kedua tim tercatat 11 kali bergantian memimpin, hingga tembakan 3 angka Robert Covington membawa Rockets menutup kuarter pertama dalam keunggulan 35–30.

Keunggulan itu bertahan setidaknya hingga pertengahan kuarter kedua sebelum satu lemparan bebas Dennis Schroeder membawa Thunder berbalik unggul 48–47 pada sisa waktu 5 menit 58 detik.

Tembakan 3 poin Paul menutup paruh pertama pertandingan dengan kedudukan 59–53 untuk keunggulan Thunder atas Rocekts.

Laga ketat kembali terlihat pada kuarter ketiga hingga Rockets merebut keunggulan bahkan menjauh 69–61 lewat layup Covington pada sisa waktu 6 menit 28 detik.

Rentetan poin 15–2 membuat Thunder sempat unggul 76–71, tetapi perlawanan Rockets membuat kuarter ketiga diakhiri dengan kedudukan 78–77 bagi Thunder.

Jump shot Paul membuka kuarter terakhir dan menambah keunggulan Thunder menjadi 80–77, tetapi itu menjadi kali terakhir timnya bisa memimpin kedudukan, sebab tembakan 3 angka Green membuat skor imbang 80–80 pada sisa waktu 10 menit 4 detik.

Sejak itu, Rockets mengamuk dengan raupan 21 poin tambahan untuk memastikan kemenangan meyakinkan 111–98 ketika laga usai.

Bucks Tundukkan Magic

Sementara itu, Giannis Antetokounmpo mencetak 28 poin dan 20 rebound menandai kebangkitan Milwaukee Bucks untuk mengalahkan Orlando Magic 111-96 sekaligus menyamakan kedudukan 1-1 pada gim kedua play-off NBA Wilayah Timur.

Bucks yang memiliki rekor musim reguler terbaik NBA dengan 56–17 sebelum kompetisi dihentikan akibat pandemi Covid-19, tampil tak bergairah saat restart di gelembung NBA. Mereka menderita lima kekalahan dari delapan pertandingan.

Penampilan kurang bertenaga Bucks berlanjut pada gim pembuka babak play-off dengan kalah 122–110 dari Orlando Magic 2 hari lalu.

Namun, pada gim kedua Milwaukee Bucks bangkit kembali, membangun keunggulan 23 poin di paruh pertama, meskipun Magic memperkecil selisih menjadi 9 di kuarter keempat.

Selain Antetokounmpo, Brook Lopez mencetak 20 poin dan Pat Connaughton menyumbang 15 poin darilima  tembakan 3 angka untuk Milwaukee. Eric Bledsoe menyumbang 13 poin dan Donte DiVincenzo menambahkan 11.

Di kubu Magic, Nikola Vucevic menindaklanjuti produktivitas 35 poinnya pada pertandingan pembuka dengan mencetak 32 poin. Evan Fournier dan Terrence Ross masing-masing menyumbang 12 poin, Markelle Fultz 11 poindan D.J. Augustin menambahkan 10 poin.

Belajar dari kekalahan di gim pertama, Bucks kali ini tampil lebih solid. Perbedaan antara gim pertama dan gim kedua adalah pada intensitas pertahanan Bucks yang lebih rapat.

Magic sangat sulit mendapatkan poin selama kuarter pertama dan hampir 8 menit tanpa bisa menjebol keranjang Bucks selama dua kuarter.

Setelah Vucevic melakukan jump shot untuk memangkas keunggulan Milwaukee menjadi 4 dengan sisa waktu 5:34 di kuarter pertama, Magic gagal melakukan 13 upaya mencetak angka.

Magic tidak membuat poin lagi dan tertinggal 16 poin sebelum Ross melakukan jumper pada waktu tersisa 9:48 sebelum turun minum.

Magic kemudian melewatkan kesempatan enam tembakan berikutnya saat Bucks memperpanjang keunggulan menjadi 23.

Bucks memimpin 64-43 pada jeda, dengan Antetotkounmpo menutup babak pertama dengan melepaskan umpan kepada Connaughton.

Pada dua kuarter berikutnya, Magic membuat pertandingan agak menarik dan berimbang. Vucevic mencetak 16 poin pada kuarter ketiga untuk membantu Magic memangkas defisit menjadi 12 poin, meski Milwaukee mendapatkan margin kembali menjadi 20 pada akhir periode.

Magic terus bertahan dan membuat kedudukan menjadi 101–92 melalui Fultz dengan sisa waktu 3:56, tetapi Magic tidak bisa lebih dekat lagi dan akhirnya menyerah 111–96 dan kedudukan menjadi 1–1.

Lakers Gasak Blazers

Dalam pertandingan lainnya, Anthony Davis mencetak 31 poin dan 11 rebound untuk membawa unggulan teratas Los Angeles Lakers meraih kemenangan 111–88 atas Portland Trail Blazers di gim 2 play-off Wilayah Barat.

LeBron James menambah 10 poin dengan 6 rebound dan 7 assist dalam 27 menit saat Lakers bangkit dari kekalahan 93–100 dari Blazers untuk membalas kekalahan di gim pertama sekaligus menyamakan menjadi 1–1.

Kemenangan ini yang pertama bagi Lakers di babak play-off sejak gim ketiga di semifinal Wilayah Barat 2012 melawan Oklahoma City Thunder.

Tidak seperti gim pertama ketika Lakers tertinggal 11 poin setelah satu kuarter, kali ini mereka memimpin 9 poin dalam 12 menit pembukaan dan naik 17 poin di paruh pertama. Selisih skor mencapai 32 poin pada akhir kuarter ketiga saat Lakers unggul 88–56.

Davis mencetak 21 poin pada paruh waktu dan mencapai 31 poin hingga tiga kuarter. Dia tidak bermain di kuarter keempat. Poin Davis dihasilkan melalui 13 dari 21 upaya tembakan dua angka dan 3 dari 4 tembakan dari jarak 3 poin.

Kemenangan Lakers juga berkat James yang mengambil lebih banyak peran setelah dia mengumpulkan 23 poin, 17 rebound, dan 16 assist.

Kentavious Caldwell-Pope mencetak 16 untuk Lakers, sementara JR Smith mencetak 11, dan JaVale McGee menambahkan 10 poin. Lakers menembak 47,8 persen dari lapangan dan 36,8 persen (14 dari 38) dari jarak 3 poin. Lakers memiliki keunggulan rebound 50–41 dan memaksa Blazers melakukan 17 turnover.

Guard Blazers Damian Lillard yang sudah tiga kali mencetak angka dalam satu pertandingan NBA, dimatikan oleh para pemain Lakers sehingga hanya meraih 18 poin, sementara CJ McCollum menambahkan 13. Akurasi tembakan 2 angka Blazers hanya 40 persen, dan 27,6 persen (8 dari 29) dari jarak 3 poin.

Lillard, yang meninggalkan pertandingan dengan jari telunjuk kiri terkilir pada akhir kuarter ketiga, mencatat skor terendah sejak NBA memulai kembali akhir bulan lalu.

Dia mencetak setidaknya 34 poin di masing-masing dari lima pertandingan sebelumnya, termasuk 61 poin pada 11 Agustus melawan Dallas Mavericks.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Newswire
Sumber : Antara/NBA.com

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper