Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Raptors, Nuggets, Celtics, Clippers Menangi Laga I Play-off Basket NBA

Play-off liga basket Amerika Serikat NBA telah dimulai. Dalasm pertandingan pertama, Toronto Raptors yang merupakan juara bertahan, Denver Nuggets, Boston Celtics, dan Los Angeles Clippers mencatat kemenangan.
Dua pemain Boston Celtics Gordon Hayward (tengah) dan Robert Williams III (kanan) melompat untuk merebut bola rebound dengan pemain Philadelphia 76ers Al Horford (kiri)./Antara/USA Today
Dua pemain Boston Celtics Gordon Hayward (tengah) dan Robert Williams III (kanan) melompat untuk merebut bola rebound dengan pemain Philadelphia 76ers Al Horford (kiri)./Antara/USA Today

Bisnis.com, JAKARTA – Toronto Raptors, Denver Nuggets, Boston Celtics, dan Los Angeles Clippers mencatat kemenangan dalam pertandingan putaran pertama play-off liga basket Amerika Serikat National Basketball Association (NBA) yang berlangsung pada Selasa (18/8/2020) pagi WIB.

Toronto Raptors, satu-satunya tim Kanada di NBA dan berstatus juara bertahan, mengawali putaran pertama playoff Wilayah Timur NBA dengan membekap Brooklyn Nets 134–110 di AdventHealth Arena, Orlando, Florida.

Fred van Vleet memimpin kemenangan Raptors lewat torehan double-double 30 poin dan 11 assist, diikuti 22 poin dari Serge Ibaka serta catatan double-double 18 poin dan 11 rebound milik Pascal Siakam, demikian lansiran laman resmi NBA.

Bagi Nets, Timothe Luwawu-Cabarrot jadi pengemas angka terbanyak yaitu 26 poin, disokong catatan double-double Caris LeVert dan Jarret Allen, masing-masing lewat 15 poin dan 15 assist serta 15 poin dan 12 rebound.

Kemenangan itu jadi bekal meyakinkan bagi Raptors menyongsong gim kedua kontra Nets yang akan digelar 2 hari lagi.

Kyle Lowry membuka pertandingan dengan tembakan tripoin yang membawa Raptors memimpin atas Nets dan sejak itu keunggulan tidak pernah lepas dari genggaman sang juara bertahan tersebut.

Dua lemparan bebas Lowry menutup kuarter pertama dalam kedudukan 37–20 untuk keunggulan Raptors, yang diperlebar jadi 73–51 saat paruh pertama berakhir.

Nets berusaha bangkit dan mengemas 35 poin pada kuarter ketiga, tetapi 22 poin tamabahan cukup bagi Raptors untuk memasuki kuarter keempat dalam keunggulan 95–86.

Tembakan 3 angka OG Anunoby pada pertengahan kuarter pemungkas membawa Raptors kembali menjauh 119–102 dan kemenangan dipastikan menjadi 134–110 lewat dua lemparan bebas Terence Davis di pengujung laga.

Nuggets Sikat Jazz

Sementara itu, Denver Nuggets merebut gim pertama play-off Wilayah Timur NBA kontra Utah Jazz dengan menang 135–125 lewat babak overtime di The Field House, Florida.

Sempat unggul cukup jauh 47–59 jelang akhir kuarter kedua, Nuggets lengah dan kehilangan keunggulan mereka di dua kuarter berikutnya.

Sejak pertengahan kuarter ketiga Jazz mengambil alih keunggulan bahkan memimpin 83–78 ketika memasuki kuarter pemungkas.

Namun, keunggulan itu gagal dipertahankan dan Nuggets kembali memimpin 113–111 lewat tembakan Jamal Murray pada sisa waktu 1 menit kuarter keempat.

Namun, jarak tipis itu bisa disamakan oleh Jazz melalui dua lemparan bebas Donovan Mitchell dan waktu normal berakhir dengan skor imbang 115–115 sehingga pertandingan dilanjutkan ke babak overtime.

Nuggets tampil lebih akurat di 10 menit babak tambahan dan mampu mengemas 20 poin untuk memastikan kemenangan 135–125 atas Jazz.

Murray memimpin pasokan angka Jazz dengan koleksi 36 poin dipandu double-double 29 poin dan 10 rebound milik Nikola Jokic.

Bagi Jazz, Mitchell memborong 57 poin, tapi tak satu pun rekan-rekannya bisa melewati kontribusi angka kepala 2 dengan yang terdekat hanyalah Joe Ingles (19), Jordan Clarkson (18), dan Rudy Gobert (17).

Jazz berpeluang menyamakan ketertinggalan 0–1 saat mereka menghadapi Nuggets lagi di gim kedua pada Kamis (20/8/2020).

Celtics Tundukkan Sixers

Dalam pertandingan lainnya, Boston Celtics berhasil menundukkan Philadelphia 76ers dengan angka 109–101 di The Field House, dekat Orlando. Jayson Tatum yang mencetak 32 poin dan Jaylen Brown menambahkan 29 poin untuk memberi kemenangan bagi Celtics.

Menurut statistik laman resmi NBA, Brown menyumbang 15 poin pada kuarter keempat, saat Celtics mengungguli 76ers 34-22 pada kuarter terakhir untuk merebut gim 1 dari seri best-of-seven. Tatum menyelesaikan dengan 13 rebound, dan Kemba Walker menyumbang 19 poin.

Namun, Celtics harus kehilangan Gordon Hayward yang menepi pada awal kuarter keempat karena pergelangan kaki kanannya terkilir dan tak bisa kembali bermain.

Joel Embiid memimpin Sixers dengan 26 poin dan 16 rebound, dan Josh Richardson dan Alec Burks masing-masing mencetak 18 angka. Sixers bermain tanpa guard All-Star Ben Simmons yang belum lama ini menjalani operasi lutut.

Meski tanpa guard All-Star Ben Simmons, Sixers tetap memberikan perlawanan sengit. Mereka bahkan ungul 81–75 pada akhir kuarter ketiga setelah memborong 15 poin tanpa balas.

Di awal kuarter empat, Celtics melaju dengan skor 9–0 yang mencakup tujuh poin dari Brown untuk memimpin 92-86, dan Boston mendorong keunggulan menjadi 10 poin sebelum Sixers bangkit.

Sixers memotong keunggulan Celtics menjadi 103–100 melalui lemparan 3 angka dari Richardson pada sisa waktu 59 detik, tetapi Celtics membuat 6 angka dari enam lemparan bebas pada menit terakhir untuk memastikan kemenangan di gim pertama ini.

LA Clippers Atasi Mavericks

Sementara itu, Kahwi Leonard mencetak 29 poin, 12 rebound, 6 assist, dan 3 steal untuk membantu Los Angeles Clippers menang 118–110 atas Dallas Mavericks dalam pertandingan play-off putaran pertama Wilayah Barat di AdventHealth Arena.

Mavericks sebenarnya memimpin 5 poin di awal kuarter ketiga sebelum big man mereka Kristaps Porzingis diusir wasit menyusul pelanggaran teknis keduanya.

Paul George mencetak 27 poin dan Marcus Morris Sr. menyumbang 19 poin dan empat steal untuk Clippers yang total membukukan 47,4 persen tembakan 2 poin yang sukses, serta membuat 13 tembakan 3 poin sukses dari 38 (34,2 persen) tembakan.

Lou Williams menambahkan 14 poin untuk Clippers, dan Ivica Zubac menyumbang 10 poin dan 10 rebound.

Di sisi Mavericks, Luka Doncic mencatat 42 poin, 9 assist, 7 rebound, dan 3 steal, mencetak rekor NBA untuk total poin tertinggi dalam debut post-season seorang pemain. Pbasket asal Slovenia ini juga melakukan 11 turnover, satu di bawah rekor post-season yang dibuat James Harden (Houston Rockets) pada 2015.

Tim Hardaway Jr. menambahkan 18 poin dan Seth Curry menambah 14 poin untuk Mavericks, yang total melakukan 21 turnover.

Porzingis mencetak 14 poin dan 6 rebound dalam 20 menit sebelum terusir saat tersisa 9:10 pada kuarter ketiga.

Porzingis, yang juga melakukan pelanggaran teknik di pertengahan kuarter kedua, ditegur wasit untuk yang kedua ketika dia melibatkan diri dalam pertengkaran antara Doncic dan Morris.

Mavericks memimpin 71–66 ketika Porzingis dikeluarkan, dan Clippers dengan cepat mengambil keuntungan dengan angka 9–2 untuk memimpin 2 poin.

Tembakan 3 poin Williams mendorong keunggulan Clippers menjadi 85–78 dengan sisa waktu 2:38 pada periode tersebut.

Clippers memimpin 87–82 memasuki kuarter terakhir sebelum Dallas menambah skor menjadi 89 melalui lemparan 3 angka dari Hardaway dengan sisa waktu 9:44.

George melakukan tembakan back-to-back untuk memberi Clippers keunggulan 95–91 dengan sisa 7:42. Morris melesakkan tembakan 3 angka untuk menjadikan 109–102 dengan waktu tersisa 1:58, dan tembakan George menjadikan poin 118–110 untuk keunggulan Clippers.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Newswire
Sumber : Antara/NBA.com

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper