Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Menang Dramatis, Frosinone Buka Peluang Promosi ke Serie A

Frosinone berhasil menundukkan tuan rumah Cittadella dengan proses yang sangat dramatis untuk melaju ke semifinal play-off untuk berebut tiket promosi ke Serie A.
Suasana pertandingan Frosinonen (kuning) versus Cittadella (merah)./Twitter@ascittadella73
Suasana pertandingan Frosinonen (kuning) versus Cittadella (merah)./Twitter@ascittadella73

Bisnis.com, JAKARTA – Frosinone lolos ke semifinal play-off Serie B untuk promosi ke Serie A Italia setelah menundukkan tuan rumah Cittadella dengan skor tipis 3-2 melalui perpanjangan waktu pada Kamis (6/8/2020) dini hari WIB.

Hasil ini sangat menyesakkan bagi Cittadella setidaknya karena tiga hal. Pertama, mereka finis di posisi kelima di klasemen kompetisi reguler Serie B, sedangkan Frosinone di urutan kedelapan atau batas terakhir tim yang mendapat tiket play-off.

Kedua, dalam pertandingan yang digelar di Stadion Pier Cesare Tombolato di Cittadella, mereka telah unggul dua gol sebelum Frosinone memasok dua gol balasan untuk memaksakan wasit Simone Sozz memberikan babak tambahan 2 x 15 menit.

Ketiga, gol kemenangan Frosinone baru terjadi pada injury time babak tambahan kedua melalui kontribusi Camillo Ciano yang baru masuk lapangan pada menit ke-88 menggantikan Nicolo Brighenti. Padahal, jika skor akhir bertahan 2–2, Cittadella-lah yang berhak melaju ke semifinal play-off karena mereka finis di posisi lebih tinggi di kompetisi reguler Serie B ketimbang Frosinone.

Sebelumnya Cittadella unggul dua gol melalui berdarah Senegal tetapi berpaspor Italia, Davide Diaw, pada menit ke-5 lewat titik penalti dan ketika injury time babak pertama berjalan 1 menit.

Namun, Frosinone segera bangkit hanya 3 menit setelah gol kedua Diaw setelah Alessandro Salvi berhasil menjebol gawang tuan rumah yang dikawal Alberto Paleari sehingga skor ketika turun minum 2–1.

Pada babak kedua, Frosinone berhasil menyamakan kedudukan menjadi 2–2 lewat aksi Federico Dionisi pada menit ke-52 yang bertahan hingga waktu reguler 2 x 45 menit usai.

Di babak perpanjangan waktu, gol Ciano menentukan kemenangan Frosinone, padahal kalau skor tetap 2–2, ketentuan play-off menyebutkan tim tuan rumah, yang juga ditetapkan karena finis di posisi lebih tinggi di klasemen Serie B, yang lolos ke semifinal, tanpa perlu digelar adu penalti.

Ketentuan itu pula yang meloloskan Chievo Verona ke semifinal play-off Serie meski hanya bermain imbang dengan skor 1–1 ketika menjamu Empoli pada Rabu (5/8/2020) dini hari WIB.

Di semifinal, Frosinone, yang ditukangi Alessandro Nesta, mantan bek Lazio, AC Milan, dan Timnas Italia, akan berhadapan dengan Pordenone.

Setelah Benevento dan Crotone promosi langsung ke Serie A sebagai juara dan runner-up Serie B, enam tim yaitu peringkat ketiga hingga peringkat kedelapan masuk play-off untuk berebut satu tiket promosi.

Keenam tim itu berturut-turut dari sisi peringkat tertinggi ke terendah ialah Spezia, Pordenone, Cittadella, Chievo Verona, Empoli, dan Frosinone.

Peringkat ketiga dan keempat, Spezia dan Pordenone, mendapat fasilitas langsung masuk semifinal. Spezia akhirnya jumpa Chievo yang mengatasi perlawanan Empoli, sedangkan Pordenone jumpa Frosinone.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Sumber : Corriere dello Sport & Soccerway

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper