Terlibat Kasus Penggelapan Pajak, Mourinho Divonis Satu Tahun Penjara

Terlibat Kasus Penggelapan Pajak, Mourinho Divonis Satu Tahun Penjara
Newswire | 04 September 2018 17:34 WIB
Pelati Manchester United, Jose Mourinho - Reuters

Bisnis.com, JAKARTA - Manajer Manchester United, Jose Mourinho, dikabarkan akan divonis satu tahun penjara oleh pengadilan pajak Spanyol. Mourinho dinilai terbukti melakukan penggelapan pajak pada 2011 dan 2012 ketika dia menangani Real Madrid.

Media Inggris Metro, mengutip harian Spanyol El Mundo, menyebutkan bahwa Mourinho terbukti bersalah menggelapkan pendapatannya sebesar 3,3 juta euro melalui perusahaan di Iralandia, Kepulauan Virgin, dan Selandia Baru. Dia kabarnya diharuskan membayar sebesar 60 persen dari nilai itu atau sekitar 1,9 juta euro.

Selain itu, Mourinho juga dijatuhi hukuman penjara selama masing-masing enam bulan untuk setiap tahunnya. Kabar baiknya, Mourinho tak harus menjalani hukuman itu karena dia dinilai baru pertama kali melakukan kejahatan di Spanyol dan sistem hukum di sana menyebutkan bahwa hukuman di bawah dua tahun tak mengharuskan seorang terpidana menjalani kurungan badan.

Penyelidikan terhadap penggelapan pajak oleh Jose Mourinho sendiri sebenarnya sudah dilakukan sejak satu tahun lalu. Aparat pajak Spanyol mencurigai bahwa pria asal Portugal itu tak melaporkan pendapatan dari hasil penjualan citranya.

Jose Mourinho bukanlah orang pertama dalam sepak bola yang terlibat masalah pajak di Spanyol. Sebelumnya, aparat pajak negeri Matador telah memvonis bersalah Lionel Messi, Javier Mascherano, Alexis Sanchez hingga Cristiano Ronaldo dalam kasus yang sama.

Jose Mourinho sendiri kabarnya telah menerima hukuman tersebut dan bersedia membayar denda yang ditetapkan. Saat menghadiri pengadilan sepuluh bulan lalu, dia menyatakan bahwa dirinya telah mencapai kesepakatan dengan penuntut umum soal pergantian dan denda tersebut.

"Saya tidak menjawab, saya tidak memberikan argumentasi. Saya telah membayar dan bersepakat dengan negara bahwa saya taat dan kasus ini ditutup," ujarnya saat itu.

Pengumuman resmi soal keputusan ini akan dilakukan dalam beberapa hari ke depan. Jose Mourinho belum memberikan keterangan resmi terkait keputusan itu.

Sumber : Tempo

Tag : manchester united
Editor : Andhika Anggoro Wening

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top