5 Kiper Termahal di Dunia, Alisson Patahkan Rekor Buffon

Alisson Becker mencatatkan sejarah baru setelah menjadi kiper termahal dunia. Kiper asal Brasil itu pun mematahkan rekor Gianluigi Buffon sebagai kiper termahal dunia dalam 17 tahun terakhir. Lalu, siapa saja sih 5 kiper termahal dunia saat ini?
Surya Rianto | 20 Juli 2018 12:25 WIB
Alisson dibeli Liverpool dari AS Roma dengan mahar US84 juta. Kiper Brasil itu pun mematahkan rekor Gianluigi Buffon yang sudah bertahan selama 17 tahun. Foto : Reuters

Bisnis.com, JAKARTA - Alisson Becker memecahkan rekor sebagai kiper termahal dunia setelah pindah ke Liverpool. Harga kiper asal Brasil itu pun melewati rekor transfer Gianluigi Buffon dari Parma ke Juventus yang bertahan selama 17 tahun lamanya.

Lalu, siapa saja lima besar kiper termahal dunia saat ini?

1. Alisson Becker (2018)


Liverpool memberikan mahar senilai US$84 juta untuk mengambil Alisson dari AS Roma. Pembelian Alisson ini seolah jawaban atas krisis penjaga gawang yang dialami oleh Liverpool.

Puncaknya, ketika Liverpool bertemu dengan Real Madrid di Final Liga Champion 2018. Loris Karius menjadi bahan olok-olok setelah melakukan beberapa blunder.

Selain Karius, Simon Mignolet, kiper Liverpool lainnya, juga kerap melakukan blunder. Nah, apakah kehadiran Alisson menjadi jawaban kebutuhan penjaga gawang dari Liverpool?

2. Gianluigi Buffon (2001)


Buffon menyandang status sebagai kiper termahal dunia selama 17 tahun lamanya. Pada 2001, Juventus membeli Buffon dari Parma dengan harga US$76 juta.

Nilai harga yang tinggi itu memang pantas dikeluarkan oleh Juventus. Pasalnya, Buffon adalah salah satu pemain yang cukup loyal di La Vecchia Signora, julukan Juventus.

Ketika Juventus turun kasta ke Serie-B karena skandal Calciopoli, Buffon menjadi salah satu bintang yang memutuskan bertahan.

Sayangnya, karir Buffon di Juventus berakhir pada musim ini. Pada musim depan, sang Superman, julukan Buffon, bakal pindah ke Paris Saint Germain (PSG).


3. Ederson (2017)


Kiper termahal ketiga dunia dipegang oleh Ederson. Kiper muda asal Brasil ini dibeli Manchester City dengan nilai transfer US$46 juta dolar AS pada 2017.

Kehadiran Ederson pun langsung menggeser kiper utama Manchester City sebelumnya yakni, Claudio Bravo.


4. Jordan Pickford (2017)


Pickford bertengger di posisi keempat kiper termahal dunia. Everton membeli Pickford dengan harga US$33,1 juta dari Sunderland.

Pickford menjadi pilihan Everton untuk menggantikan eks kiper utamanya yakni, Tim Howard. Kiper andalan Everton itu memutuskan pulang kampung ke Amerika Serikat (AS) dan bermain di Major League Soccer bersama Colorado Rapids.


5. Francesco Toldo (2001)


Toldo menjadi kiper kelima termahal dunia. Posisi itu disandangnya ketika dibeli oleh Intermilan senilai US$33 juta dari Fiorentina pada 2001.

Tag : transfer pemain
Editor : Nancy Junita

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top