Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Neymar Main & Cetak Gol, Brasil vs Kroasia Skor 2-0

Brasil menaklukkan Kroasia dengan skor 2-0 laga uji coba menjelang Piala Dunia 2018.
Bintang Timnas Brasil Neymar da Silva Santos Jr. (kanan) memberi selamat kepada Roberto Firmino yang baru menjebol gawang Kroasia./Reuters-Andrew Boyers
Bintang Timnas Brasil Neymar da Silva Santos Jr. (kanan) memberi selamat kepada Roberto Firmino yang baru menjebol gawang Kroasia./Reuters-Andrew Boyers

Bisnis.com, JAKARTA – Neymar da Silva Santos Jr. mencetak gol ketika kembali beraksi setelah 3 bulan absen karena cedera saat Brasil melakukan pemanasan untuk Piala Dunia 2018 di Rusia dengan kemenangan 2-0 atas Kroasia di Stadion Anfield di Liverpool, Inggris, pada Minggu (3/6/2018).

Pemain termahal di dunia itu telah absen sejak 25 Februari, ketika dia mengalami cedera metatarsal dan pergelangan kakinya terkilir saat bermain untuk klub Prancis Paris St. Germain di ajang Ligue 1 melawan Olympique Marseille.

Mantan pemain depan Barcelona itu, yang merupakan sosok kunci untuk harapan negaranya di Rusia, masuk sebagai pengganti usai turun minum menggantikan Fernandinho dan memberikan momen inspirasi untuk memenangi pertandingan pada menit ke-69.

Willian, pemain mengesankan dari Brasil, mengambil bola di lini tengah dan bergulir ke Philippe Coutinho yang diteruskan ke Neymar. Pemain 26 tahun itu melewati dua bek sebelum menembak bola dari bawah mistar gawang.

Gol Neymar adalah yang ke-54 untuk negaranya dan dia tinggal memerlukan satu gol lagi untuk menyamai Romario sebagai striker Brasil paling produktif ketiga sepanjang masa di belakang Pele dan Ronaldo.

Pemain pengganti lainnya, Roberto Firmino, menambahkan gol kedua di menit akhir dengan lob yang diambil dari dalam area.

Kroasia sempat memberikan tekanan keras sehingga membuat frustrasi pemain Brasil pada 45 menit pertama dan mereka memerlukan kiper Alisson Becker untuk mencegah upaya dari Andrej Kramaric untuk mencetak gol.

Namun, setelah jeda, pemain Kroasia mulai bermain lebih dalam dan memberikan Brasil ruang untuk mulai mengekspresikan diri. Situasi ini dieksploitasi sepenuhnya oleh Neymar.

Pelatih Brasil Tite alias Adenor Leonardo Bacchi memainkan Coutinho di sebelah kiri dan striker Manchester City Gabriel Jesus di tengah-depan dengan Willian Borges da Silva di sayap kanan.

Coutinho beralih ke peran lini tengah yang lebih ortodoks setelah pelatih memasukkan Neymar, di sebelah kiri, usai istirahat dan Firmino memainkan 30 menit terakhir di tengah menggantikan Gabriel Jesus.

Pertandingan pembukaan Brasil di Grup Piala Dunia E melawan Swiss dan mereka juga menghadapi Kosta Rika dan Serbia di fase grup.

Juara dunia lima kali ini memiliki satu pertandingan persahabatan sebelum turnamen Piala Dunia, melawan Austria pada 10 Juni.

Sementara itu, di Piala Dunia 2018 Kroasia bergabung di Grup D bersama Argentina, Islandia, dan Nigeria. Kroasia masih akan menjalani satu pertandingan uji coba lagi melawan Senegal pada 8 Juni.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Sumber : Soccerway, FIFA.com, & Antara/Reuters
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper