Hasil Piala Dunia U-20: Inggris ke 8 Besar, Jerman Tersingkir

Inggris dan Zambia menjadi negara keempat dan kelima yang memastikan lolos ke babak perempat final putaran final Piala Dunia U-20 yang digelar di Korea Selatan setelah mencatat kemenangan di 16 besar yang digelar pada Rabu malam WIB (31/5/2017).
M. Syahran W. Lubis | 31 Mei 2017 23:41 WIB
Para pemain Timnas U-20 Zambia bersuka cita selepas menjebol gawang Jerman. Zambia menang 4-3 di Piala Dunia U-20 dan lolos ke 8 besar. - FIFA.com

Bisnis.com, JAKARTA - Inggris dan Zambia menjadi negara keempat dan kelima yang memastikan lolos ke babak perempat final putaran final Piala Dunia U-20 yang digelar di Korea Selatan setelah mencatat kemenangan di 16 besar yang digelar pada Rabu malam WIB (31/5/2017).

Dalam laga di Stadion Piala Dunia Jeonju di Kota Jeonju, Inggris berhasil mengatasi perlawanan Kosta Rika dengan skor tipis 2-1 berkat dua gol yang diborong Ademola Lookman, penyerang berdarah Nigeria namun lahir di London 19 tahun silam.

Lookman berhasil menjaringkan si kulit bundar ke gawang Kosta Rika pada menit ke-35 dan 63, sedangkan satu-satunya gol balasan Kosta Rika dikontribusi Ranbdal Leal 2 menit menjelang pertandingan selesai.

Dalam pertandingan lainnya yang digelar bersamaan, Zambia membuat kejutan dengan mengalahkan salah satu tim favorit Jerman dengan skor 4-3 melalui perpanjangan waktu.

Sebenarnya Zambia hampir saja tidak memerlukan tambahan waktu 2 x 15 menit untuk meraih tiket ke 8 besar, karena telah unggul 3-1 hingga menit ke-88. Namun mental baja Jerman mendadak mencuat di ujung waktu normal 90 menit dengan mencetak gol pada menit ke-89 dan injury time babak kedua.

Akhirnya dilakukan perpanjangan waktu dan Zambia terbukti jujga mempunyai kekuatan mental yang setara. Biasanya, tim yang hampir menang tapi dikejar lawan di ujung laga, pada babak tambahan akan lunglai.

Namun, tidak demikian dengan Zambia. Mereka membuktikan mampu menyaingi mentalitas kuat ala Jerman dengan menjaringkan gol keempat pada babak tambahan, tepatnya pada menit ke-107 melalui Shemmy Mayembe.

Dalam laga di Stadion Jeju di Seogwipo itu, Jerman lebih dulu membuka skor lewat sumbangsih Pihilipp Ochs pada menit ke-37, tetapi Zambia membalikkan skor menjadi 3-1 lewat tiga gol yang dilesakkan Emmanuel Banda (50’), Fashion Sakala (68’), dan Enock Mwepu (85’).

Namun, di ujung waktu normal, pada menit ke-89 Suat Serdar, pemain berdarah Turki, memperkecil skor jadi 3-2 dan saat injury time babak kedua berjalan 3 menit, Jonas Arweiler berhasil menyeimbangkan skor menjadi 3-3 sehingga penentuan pemenang harus diputuskan lewat perpanjangan waktu 2 x 15 menit.

Akhirnya Zambia membuktikan bahwa mereka sanggup menaklukkan Jerman, yang di sepak bola dunia selalu dikenal sebagai tim Panser yang siap menggusur kekuatan mana pun.

Dengan lolosnya Inggris dan Zambia, telah lima tim lolos ke 8 besar. Sebelumnya, Venezuela, Portugal, dan Uruguay telah lebih dulu menerobos perempat final.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
piala dunia u-20

Sumber : FIFA.com

Editor : M. Syahran W. Lubis

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top