Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kosovo Resmi Jadi Anggota Ke-55 UEFA, Menyusul ke FIFA

Kosovo secara resmi menjadi anggota ke-55 Union of European Football Associations (UEFA) setelah unggul dalam pemungutan suara kongres organisasi sepak bola Eropa tersebut pada Selasa (3/5/2016).
Timnas Kosovo/www.thenational.ae
Timnas Kosovo/www.thenational.ae

Bisnis.com, JAKARTA - Kosovo secara resmi menjadi anggota ke-55 Union of European Football Associations (UEFA) setelah unggul dalam pemungutan suara kongres organisasi sepak bola Eropa tersebut pada Selasa (3/5/2016).

Dalam pemungutan suara yang melibatkan 54 negara anggota terdahulu, Kosovo diterima dengan pemilihnya sebanyak 28 suara berbanding yang menolak 24, sementara dua surat suara dinyatakan tidak sah.

Dengan diterimanya Kosovo sebagai anggota UEFA, maka jalan menuju keanggotaan Federation Internationale de Football Associations pun menjadi lebih mudah. Kosovo telah memasukkan surat resmi permohonan menjadi anggota FIFA bulan lalu.

Permintaan Kosovo untuk masuk sebagai anggota FIFA akan dibahas dalam kongres badan sepak bola internasional itu pada 13 Mei di Meksiko City. Jika diterima, maka Kosovo bisa terlibat dalam Pra-Piala Dunia 2018.

Kosovo mendeklarasikan kemerdekaan dari Serbia sejak 2008 dan telah ratusan negara mengakuinya sebagai negara berdaulat. Sayangnya, Indonesia, yang sebagaimana Kosovo juga didominasi muslim, justru berlum termasuk dari ratusan negara yang mengakui kemerdekaan Kosovo.

Di pentas internasional sebenarnya banyak pemain berdarah Kosovo yang sangat terkenal, namun mereka terpaksa membela negara lain karena Kosovo ketika itu belum diakui sebagai anggota UEFA, apalagi FIFA.

Adnan Januzaj, pemain Manchester United, akhirnya memilih membela Timnas Belgia. Begiotu juga dengan tiga pemain yang mengontribusi gol untuk Swiss di Piala Dunia 2014, adalah berasal dari Kosovo. Mereka adalah Xherdan Shaqiri, Granit Xhaka, dan Valon Behrami.

Bintang muda Manchester City, Bersant Eduar Celina, yang kini masuk Timnas Norwegia U-21, bahkan telah bermain dua kali untuk Timnas Kosovo senior. Debutnya dimulai pada 2014 ketika Kosovo mengalahkan Oman 1-0.

Pada Januari 2015, Bersant, yang memang lahir di Prizren, Kosovo, pada 9 September 1996, menolak pemanggilan dirinya untuk Timnas Norwegia senior dan menyatakan tetap akan bermain hanya untuk Timnas Kosovo.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Sumber : Soccerway
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper