Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Turnamen Piala Presiden Kick Off 30 Agustus di Bali

Turnamen sepak bola Piala Presiden siap digelar mulai 30 Agustus 2015 di Bali dan diikuti oleh 13 klub Indonesia Super League dan 3 klub Divisi Utama Liga Indonesia.
Ilustrasi
Ilustrasi

Bisnis.com, JAKARTA--Turnamen sepak bola Piala Presiden siap digelar mulai 30 Agustus 2015 di Bali dan diikuti oleh 13 klub Indonesia Super League dan 3 klub Divisi Utama Liga Indonesia.

Pendiri Mahaka Grup selaku promotor Turnamen Piala Presiden Erick Thohir menuturkan kick off turnamen ini akan diselenggarakan di Bali pada 30 Agustus 2015 dan dibuka langsung oleh Presiden Joko Widodo.

Turnamen sepak bola perdana setelah PSSI dibekukan oleh Kementerian Pemuda dan Olahraga ini diestimasi menelan dana sebesar Rp30 miliar-40 miliar. Mayoritas berasal dari sponsor swasta tanpa dukungan dana dari pemerintah maupun BUMN.

"Rencananya dimulai 30 Agustus dan terus akan bergulir sampai minggu ketiga Oktober," kata Erick di Kompleks Istana Kepresidenan, Jumat (7/8).

Mahaka Sport akan bertindak sebagai promotor turnamen ini. Erick pun mengaku telah berkoordinasi dan mendapat dukungan dari semua pihak terkait penyelenggaraan turnamen sepak bola ini, termasuk dari Badan Olahraga Profesional Indonesia (BOPI), Kemenpora, PSSI, dan Presiden Jokowi.

"Saya ini cinta bola dan ingin ada sesuatu yang terjadi di masyarkat," ujarnya.

Erick memaparkan Turnamen Piala Presiden diikuti oleh 16 klub sepak bola yang terdiri dari 13 klub ISL dan 2 klub Divisi Utama Liga Indonesia. Klub peserta turnamen dibagi menjadi empat grup.

Rangkaian turnamen ini terdiri dari 38 pertandingan mulai dari babak kualifikasi, babak 8 besar, hingga semifinal, dan final. Seluruh pertandingan akan digelar di 4 kota, yakni Malang, Bali, Bandung, dan Makassar.

"Tentu sekarang kan ditungu-tunggu nih, yang jualan kacang, minum, kaos. Ini kita gulirkan jadi ekonomi rakyat yang di bawah juga jalan gitu dan hiburan untuk rakyat jalan," imbuhnya.

Pertandingan Turnamen Piala Presiden, lanjutnya, juga akan disiarkan oleh beberapa stasiun televisi swasta yang bekerjasama dengan Mahaka Sport selaku promotor.

Juara I turnamen ini akan menerima hadiah sebesar Rp3 miliar, juara II Rp2 miliar, dan juara III Rp1 miliar. Promotor juga menyiapkan dana operasional untuk 16 klub peserta turnamen.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Ana Noviani
Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper