Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

HASIL GOLD CUP 2015: Dampingi Jamaika, Kosta Rika Lolos Tanpa Menang

Jamaika dan Kosta Rika lolos ke 8 besar Gold Cup. Kosta Rika tak menang satu kali pun dalam fase grup.
Ujung tombak dan kapten tim Kosta Rika Bryan Ruiz/Reuters-Juan Carlos Ulate
Ujung tombak dan kapten tim Kosta Rika Bryan Ruiz/Reuters-Juan Carlos Ulate

Bisnis.com, JAKARTA - Jamaika dan Kosta Rika memastikan diri lolos ke 8 besar Gold Cup (Piala Emas) 2015 setelah menyelesaikan matchday ketiga Grup B yang berlangsung di Toronto, Kanada, pada Rabu pagi WIB (15/7/2015).

Jamaika menundukkan tuan rumah Kanada dengan skor tipis 1-0 lewat kontribusi gol Garath McCleary pada menit ke-71, sedangkan dalam laga berikutnya Kanada dan Kosta Rika berbagi skor imbang tanpa gol.

Dengan hasil dua pertandingan matchday ketiga tersebut, Jamaika memimpin klasemen akhir dengan nilai 7, sedangkan Kosta Rika berada di posisi runner up dengan nilai 3. Keduanya lolos ke 8 besar.

Peringkat ketiga klasemen akhir Grup B adalah El Salvador dengan nilai 2, sama dengan Kanada tetapi unggul produktivitas mencetak gol yakni 1-2 berbanding 0-1 dengan Kanada yang harus menjadi juru kunci grup tersebut.

Lolosnya Kosta Rika ini menjadi catatan tersendiri karena melaju ke 8 besar tanpa satu kali pun mencatat kemenangan. Bahkan, skuat asuhan pelatih Paulo Wanchope ini tidak pernah menang sepanjang 2015 dengan catatan lima kali seri dan tiga kalah. Padahal Kosta Rika adalah unggulan Grup B.

El Salvador masih mungkin lolos ke babak 8 besar dengan status salah satu dari dua peringkat ketiga terbaik jika pada Kamis pagi WIB (16/7/2015) di Grup C Guatemala dan Kuba berakhir seri.

Jika salah satu dari Guatemela atau Kuba ada yang menang, maka El Salvador tersingkir, sebab perolehan nilainya sudah kalah dari peringkat ketiga Grup A yakni Panama yang mengoleksi nilai 3.

Dengan demikian, hasil pertandingan Grup B di mana El Salvador kalah dan Kanada seri secara tidak langsung meloloskan Panama ke 8 besar dari Grup A sebagai salah satu peringkat ketiga terbaik.

Dua hasil pertandingan Grup B itu juga secara tidak langsung meloloskan Meksiko di Grup C paling tidak dengan status sebagai salah satu dari dua tim peringkat tiga terbaik kalau pun menelan kekalahan dari Trinidad-Tobago dalam matchday terakhir pada Kamis pagi WIB (16/7/2015).

Dengan demikian, sejauh ini telah tujuh tim yang lolos ke 8 besar yakni Amerika Serikat, Haiti, dan Panama dari Grup, Jamaika dan Kosta Rika dari Grup B, serta Trinidad-Tobago dan Meksiko dari Grup C.

Satu tiket lagi diperebutkan oleh dua tim Grup C yakni Guatemala dan Kuba serta El Salvadaor yang berharap hasil Guatemala versus Kuba berakhir seri untuk mendapatkan jatah salah satu tim peringkat ketiga terbaik.

Gold Cup merupakan turnamen antarnegara anggota Konfederasi Sepak Bola Amerika Utara, Amerika Tengah, dan Karibia (Concacaf) yang digelar setiap 2 tahun sekali sejak 1991. Untuk edisi 2015, AS menjadi tuan rumah, namun khusus dua pertandingan yakni Jamaika vs El Salvador dan Kanada vs Kosta Rika digelar di Toronto, Kanada.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Sumber : Reuters
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper