Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Stoke City Resmi Lepas Begovic ke Chelsea

Chelsea tinggal selangkah lagi memboyong penjaga gawang Timnas Bosnia-Herzegovina Asmir Begovic setelah dari sesama klub Liga Primer Inggris Stoke City setuju atas penawaran sebesar 8 juta pound sterling.
Asmir Begovic/Telegraph
Asmir Begovic/Telegraph

Bisnis.com, JAKARTA - Chelsea tinggal selangkah lagi memboyong penjaga gawang Timnas Bosnia-Herzegovina Asmir Begovic setelah dari sesama klub Liga Primer Inggris Stoke City setuju atas penawaran sebesar 8 juta pound sterling.

Selain dana tranfser sebesar itu, kesepakatan kedua klub juga mencakup peminjaman gelandang Timnas Belanda Marco van Ginkel dari Chelsea ke Stoke City untuk satu musim ke depan.

Begovic telah membuat kejelasan bahwa dia ingin pindah pada jendela transfer musim panas ini dan dia berharap bisa mengambil alih peran Petr Cech—yang hengkang ke Arsenal—sebagai kiper kedua The Blues, julukan Chelsea, setelah penjaga gawang Timnas Belgia Thibaut Courtois.

Sebelumnya Stoke City sempat menampik tawaran dari Chelsea untuk mengangkut Begovic ke Stamford Bridge, kandang Chelsea, dengan nilai transfer 6 juta pound. Namun peningkatan jumlah penawaran dari Chelsea mengubah pikiran manajemen Stoke City, apa lagi disertai dengan peminjaman Van Ginkel.

Van Ginkel sebelumnya dikaitkan dengan sejumlah peminat jasanya di antaranya Sunderland, Newcastle United, dan Southampton. Tetapi pemain itu sendiri sebenarnya pernah menyatakan lebih memilih Sunderland.

Sementara itu, kontrak Begovic di Stoke City sebenarnya masih bersisa setahun ke depan. Namun, klub Midlands tersebut akhirnya rela melepas pemain berusia 28 tahun itu setelah puas dengan penawaran yang diperbarui oleh Chelsea.

Begovic lahir di Trebinje, Bosnia-Herzegovina, pada 20 Juni 1987. Dia memulai karier profesionalnya bersama klub Inggris Portsmouth pada 2005. Tapi, selama 5 tahun di Portsmouth, dia lebih banyak dipinjamkan ke klub lain yakni La Louviere (Belgia) serta yim-yim medioker Inggris seperti Macclesfield Town, Bournemouth, Yeovil Town, dan Ipswich Town sebeklum akhirnya bergabung dengan Stoke City.

Oleh karena itu, minat Chelsea terhadap dirinya bisa disebut nasib yang luar biasa bagus untuk Begovic, yang memperkuat Timnas Bosnia-Herzegovina dalam 41 pertandingan meskipun sempat bermain untuk Timnas Kanada U-20 sebanyak 11 pertandingan.

Begovic memperkuat Timnas Kanada U-20 dalam Piala Dunia U-20 edisi 2007. Pada 14 Agustus 2007, saat berusia 20 tahun, dia dipanggil masuk Timnas Kanada senior, tapi hanya menjadi cadangan saat menjalani uji coba versus Eslandia.

Pada November 2008 dia dipanggil lagi oleh Timnas Kanada senior untuk menghadapi Jamaika dalam babak kualifikasi Piala Dunia 2010, namun lagi-lagi dia hanya menjadi penonton dari tepi lapangan, karena kalah bersaing dari Lars Hirschfeld untuk berdiri di bawah mistar gawang.

Timnas Bosnia-Herzegovina akhirnya mengambil kesempatan atas belum diturunkannya Begovic sebagai kiper Timnas Kanada senior. Dia akhirnya mulai bermain untuk tim nasional negara asalnya pada 5 September 2009 dalam kualifikasi Piala Dunia 2010 melawan Armenia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Sumber : The Guardian
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper