Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Gareth Bale/Reuters-Andrea Comas
Gareth Bale/Reuters-Andrea Comas

Luis Suarez-4

Gareth Frank Bale --lahir 16 Juli 1989-- pesepakbola Welsh yang bermain sebagai pemain sayap untuk klub Spanyol Real Madrid dan tim nasional Wales.

Bale memulai karir profesionalnya di Southampton, bermain di bek kiri dan mendapatkan pujian sebagai spesialis tendangan bebas. Dia pindah ke Tottenham Hotspur pada  2007 dengan harga £7.000.000.

Selama di Spurs, pergeseran manajerial dan taktis melihatnya berubah menjadi pemain yang lebih ofensif. Dari musim 2009-10, Bale menjadi bagian integral dari tim, naik ke perhatian internasional selama 2010-11 UEFA Champions League. Pada 2011 dan 2013 ia diangkat PFA Players 'Player of Year, dan diberi nama dalam Tim UEFA of the Year. Pada  2013 ia juga meraih PFA Young Player of the Year dan FWA Footballer of the Year.

Pada 1 September 2013, Bale pindah ke tim Spanyol Real Madrid dengan biaya yang tidak diungkapkan. Pers Spanyol dan Real Madrid TV melaporkan £77.000.000 (€ 91.000.000), sedangkan pers Inggris melaporkan rekor transfer dunia £85.300.000 (€100 juta) yang akan berada di atas biaya rekor transfer Cristiano Ronaldo dari £80.000.000 (€94.000.000).

Ia memainkan peran integral dalam musim pertamanya di Real Madrid, membantu klub untuk memenangkan Copa del Rey dan Liga UEFA, mencetak gol di kedua final. Musim berikutnya ia memenangkan Piala Super UEFA dan pada Desember 2014 mencetak gol di sepertiga akhir utama untuk membantu klub memenangkan Piala Dunia Klub FIFA.

Terkenal karena bolanya mencolok dari kejauhan, tendangan bebas nya, dan kemampuannya untuk melewati pemain belakan lawan dengan kecepatan, Bale telah menerima pujian dari rekan-rekannya, yang telah menggambarkan dia sebagai pemain sepak bola dengan "kecepatan yang luar biasa, kemampuan crossing besar, kaki kiri besar dan kualitas fisik yang luar biasa ".

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Halaman Sebelumnya
Neymar Jr-3
Halaman Selanjutnya
Karim Benzema-5
Penulis : Martin Sihombing
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper