Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Buntut Kisruh ISL, Suporter Arema Kecam Menpora

Ratusan suporter Arema Cronus Indonesia atau Aremania mendatangi gedung DPRD Kabupaten Malang, Jawa Timur, untuk meminta dukungan dewan terkait dengan masalah yang dihadapi Singo Edan karena dicoret sebagai peserta QNB League/Indonesia Super League 2015.
Suporter Arema/Antara
Suporter Arema/Antara

Bisnis.com, MALANG - Ratusan suporter Arema Cronus Indonesia atau Aremania mendatangi gedung DPRD Kabupaten Malang, Jawa Timur, untuk meminta dukungan dewan terkait dengan masalah yang dihadapi Singo Edan karena dicoret sebagai peserta QNB League/Indonesia Super League 2015.

Mereka juga menuntut Badan Olahraga Profesional Indonesia (BOPI) dibubarkan dan mengecam langkah Menpora Imam Nahrowi yang mencoret Arema—bersama Persebaya Surabaya—dari kompetisi sepak bola kasta tertinggi di Tanah Air yang tahun ini disponsori Qatar Nasional Bank (QNB).

"Menpora tidak mengerti sepak bola dan BOPI adalah antek-anteknya karena BOPI dihuni orang-orang yang tidak suka terhadap kompetisi ISL," teriak salah seorang Aremania, Ahmadi ketika berada di depan gedung DPRD Kabupaten Malang di Kepanjen pada Senin (13/4/2015).

Ketua Komisi D DPRD Kabupaten Malang Budi Kriswiyanto yang didampingi sejumlah anggotanya dari lintas fraksi itu pun akhirnya mempersilakan beberapa perwakilan Aremania untuk masuk ke gedung Dewan.

"Bapak anggota DPRD dari Fraksi PKB, kami ingin bapak mengontak langsung Menpora terkait dengan masalah ini biar kita dengarkan bersama-sama di ruang ini," kata Ahmadi sebagai perwakilan Aremania.

Ahmadi menjelaskan Aremania dan kalangan masyarakat Malang Raya sangat dirugikan dengan pencoretan Arema dari kompetisi ISL 2015. Larangan Arema tampil di ajang ISL merupakan bentuk penzaliman secara sistematis Menpora dan BOPI kepada Aremania dan Masyarakat Malang Raya.

Sementara salah seorang perwakilan Aremania dari Karangkates, Kecamatan Sumberpucung, Sukarno mendesak Menpora Imam Nahrawi dicopot dari jabatannya karena larangan dan pencoretan Arema tampil di LSI dinilai merugikan banyak pihak.

Dalam pertemuan itu, perwakilan Aremania dan Aremanita membacakan sikap dan tuntutannya, yakni Mendukung Arema agar tetap tampil di kompetisi ISL/QNB League yang dikelola oleh PT Liga Indonesia dan PSSI, mendukung langkah PSSI untuk melakukan gugatan kepada Menpora dan BOPI atas dampak yang ditimbulkan karena keputusan yang merugikan para pihak pengelola sepak bola Indonesia.

Selain itu, jika Menpora dan BOPI tidak mencabut keputusannya yang melarang Arema tampil di ISL, Aremania menuntut Menpora untuk mengundurkan diri, mendukung langkah Kepolisian untuk memberi pengamanan kepada Arema saat pertandingan kandang dan tandang, mendukung upaya rekonsiliasi di tubuh Yayasan Arema agar secepatnya menuntaskan proses rekonsiliasi dan mengakhiri segala konflik yang ada.

Selanjutnya, mendukung keinginan DPR RI untuk mencabut anggaran Menpora dan BOPI karena anggaran itu juga bersumber dari pajak masyarakat, serta menyerukan kepada Aremania se-jagad raya untuk tetap bersatu melawan keputusan BOPI dan Menpora.

Ketua Komisi D DPRD Kabupaten Malang Budi Kriswiyanto saat menemui perwakilan Aremania menyatakan setuju dan mendukung penuh upaya Aremania dan Aremanita. "Kami mendukung penuh langkah teman-teman Aremania dan Aremanita dan dewan akan meneruskan tuntutan serta aspirasi Aremania dan Aremania ke pusat."

Selain mendatangi DPRD Kabupaten Malang, ratusan Aremania juga mendatangi DPRD Kota Malang, bahkan mereka mengirimkan surat protes dan penolakan atas keputusan BOPI dan Kemenpora lewat faksimil. Namun, sebelum dikirim terlebih dahulu diminta ditandatangani anggota DPRD Kota Malang dan distempel.

Di DPRD Kota Malang, Aremania juga ditemui Komisi D. Dalam pertemuan Komisi D dengan perwakilan Aremania tersebut, Arema meminta anggota Dewan mendukung sikap Aremania dan menyuarakannya ke Jakarta.

Dirigen Aremania Yuli Sumpil menyatakan ada indikasi rekayasa dalam putusan pencoretan Arema dari ISL. "Kenapa Arema yang diutak-atik, padahal FIFA dan PSSI sudah mengakui, kenapa BOPI yang baru berumur beberapa bulan saja menjegal Arema, ada apa ini?"

Komisi D DPRD Kota Malang tidak serta merta menerima permintaan perwakilan Aremania. Komisi D minta Aremania untuk melengkapi bukti keabsahan Arema agar bisa ditunjukkan ke BOPI.

"Kita cari solusi bersama, kalau kalian bilang sudah ada rekonsiliasi di Arema, ayo sama-sama tunjukkan bukti hasil rekonsiliasi, bagaimana hasilnya, lalu kita kirimkan bersama, jadi enak kalau semua lampiran bukti ada, kita sama-sama bisa maju ke BOPI dan Menpora," kata anggota Komisi D DPRD Kota Malang Hadi Susanto.

BOPI memutuskan mencoret Arema dan tidak layak berkompetisi di ISL karena legalitas Arema masih bermasalah, setelah sempat mengalami dualisme kepengurusan beberapa tahun yang lalu, yakni Arema LPI dan Arema LSI.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper