Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pelatih Timnas Paling Lama di Dunia Ini Akhirnya Mundur Juga

Pelatih Timnas Denmark Morten Olsen akan mengundurkan diri setelah Piala Eropa (Euro) 2016 bertepatan dengan saat kontraknya dengan Asosiasi Sepak Bola Denmark (DBU) berakhir.
Morten Olsen/Reuters-Marko Djurica
Morten Olsen/Reuters-Marko Djurica

Bisnis.com, JAKARTA - Morten Olsen, pelatih yang telah menangani Timnas Denmark sejak 15 tahun lalu dan merupakan pembesut timnas paling lama di dunia, akhirnya menetapkan untuk mengundurkan diri setelah Piala Eropa (Euro) 2016 di Prancis.

Pelatih berusia 65 tahun itu memimpin timnas berjuluk Dinamit itu setelah perhelatan Euro 2000 dan memimpin Denmark ke dua putaran final Piala Dunia serta dua Piala Eropa (Euro).

“Setelah 19 tahun bermain dalam kostum merah dan putih (jersey Timnas Denmark) dan hampir 16 tahun sebagai pelatih, ini keputusan emosional yang harus diambil. Saya tak pernah melihat ini sebagai pekerjaan, lebih kepada gaya hidup. Saya akan selalu bangga dengan yang telah saya jalani,” ungkapnya pada Selasa (17/3/2015).

Bermain sebagai bek Timnas Denmark sebanyak 102 kali, Olsen merupakan salah satu tokoh sepak bola negara itu yang paling disukai dan dihormati, namun sayangnya dia gagal meloloskan tim untuk Piala Dunia 2014 di Brasil.

“Saya tak ingin terganggu dengan diskusi apakah saya akan bertahan (sebagai pelatih) atau tidak. Saya juga ingin memberi waktu lebih banyak kepada DBU (Dansk Boldspil-Union, asosiasi sepak bola Denmark) untuk mencari pengganti yang tepat,” ujarnya.

Denmark saat ini menduduki peringkat pertama Grup I kualifikasi Euro 2016 dengan melewati para kompetitornya Portugal, Albania, Serbia, dan Armenia, namun menjadi satu-satunya tim di grup tersebut yang telah memainkan empat pertandingan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Sumber : Reuters

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper