Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

PIALA DUNIA 2014: Jadwal Babak 16 Besar, Diawali Brasil vs Chile

Setelah melintasi babak penyisihan grup --yang menghasilkan delapan kartu merah-- 16 tim terbaik di penyisihan akhirnya mmasuk ke babak 16 besar yang akan menggunakan sistem gugur yang akan dimulai 28 Juni 2014.
Tim nasional Belgia daam satu sesi latihan/REUTERS
Tim nasional Belgia daam satu sesi latihan/REUTERS

Bisnis.com, JAKARTA - Setelah melintasi babak penyisihan grup --yang menghasilkan delapan kartu merah-- 16 tim terbaik di penyisihan akhirnya mmasuk ke babak 16 besar yang akan menggunakan sistem gugur   yang akan dimulai 28 Juni 2014.

Tim yang lolos ke babak 16 besar, beberapa menghasilkan kejutan. Seperti Aljazair, Yunani, Kolombia, Kosta Rika dan (mungkin) Chile, serta tersungkurnya tim favorit dan bernama besar a.l. juara bertahan Spanyol, Portugal, Italia, Inggris.

Di babak 16 besar, pertarungan antara tuan rumah yang kini tengah berburu gelar keenam di Piala Dunia melawan Chile akan menjadi pertanda dimulainya persaingan menuju babak perempat final. Beriktu jadwal dan tim di babak 16 besar. (IKUTI TEBAK JUARA & SKOR BERHADIAH JUTAAN RUPIAH dan HADIAH UTAMA MOTOR)

AS VERSUS BELGIA

 

Pertarungan Amerika Serikat versus Begia merupakan pertandingan  ke-56 di Piala DUnia 2014 Brasil dan  pertandingan kedelapan di tahap knock-out. Belgia memenangkan semua pertandingan  di babak penyisihan grup untuk mengumpulkan 9 poin untuk menyelesaikan di puncak klasemen Grup H. Amerika Serikat, di sisi lain, menang 1, seri 1 dan kalah 1 untuk mengumpulkan 4 poin untuk finis kedua di Grup G.

 

Sosok Tim

Belgia: Para ahli memiliki harapan yang tinggi dari Belgia ketika datang ke Piala Dunia. Belgia, di sisi lain, telah mengecewakan banyak dengan kinerjanya. Kedengarannya agak kontradiktif karena Belgia adalah salah satu dari 4 dari 16 tim yang memenuhi syarat untuk lolos ke "Babak 16" yang memenangkan semua  pertandingan grup. Jumlah menang, bagaimanapun, tidak menceritakan seluruh cerita sepanjang waktu.

 

Belgia jauh tertinggal dari potensinya sendiri. Dalam kelompok,  mungkin, memiliki tim yang paling underperformed di Piala Dunia ini. Tak satu pun dari 3 tim lain, termasuk Aljazair yang lolos ke babak berikutnya, bermain sepak bola yang luar biasa. Namun, Belgia berhasil mencetak hanya 1 gol lebih dari oposisinya untuk mengamankan kemenangan dalam setiap pertandingan di babak grup. Belgia harus melakukan jauh lebih baik daripada apa yang terjadi di babak grup karena akan menghadapi tim tangguh. Amerika Serikat, sebagai sebuah tim, telah memainkan sepakbola secara signifikan lebih baik dalam setiap tim di Grup H.

Amerika Serikat: Harus diakui kepemimpinan yang luar biasa dari Jürgen Klinsmann bahwa Amerika Serikat telah memainkan sepak bola yang menakjubkan dalam 3 pertandingan terakhirnya. Tidak peduli itu menang atau kalah, itu selalu berhasil menetapkan standar yang tinggi di lapangan.

 

Pertama menang melawan Ghana 2-1. Awal kuat. Namun, kinerja terbaik adalah melawan Portugal. Jika tidak ada crossing magis Cristiano Ronaldo pada menit akhir permainan, dengan mudah, bisa saja menang 2-1  untuk Tim AS. AS melepas kemenangan di saat-saat terakhir saat pertandingan berakhir imbang 2-2.

 

Ketika mulai bermain pertandingan di penyisihan grup yang ketiga melawan Jerman, ia tahu bahwa hanya keajaiban di pertandingan lain antara Portugal dan Ghana bisa mencegahnya  ke babak berikutnya. Keajaiban tidak terjadi. Amerika Serikat pergi ke "babak 16 besar" sebagai tim layak. Sekarang, ia harus menghadapi Belgia yang jauh lebih kuat di atas kertas. Namun, anak laki-laki Klinsmann tahu bahwa sepakbola tidak dimainkan di atas kertas.

Head To Head 

Kedua tim bermain 5 kali terhadap satu sama lain sebelumnya. Belgia menang 4, dan Amerika Serikat 1. Total gol  13 gol. Belgia mencetak melalui 8 pemain dan Amerika Serikat 5.

Pemain Kunci

Belgia: Hazard, Marouane Fellaini dan Jan Vertonghen

Amerika Serikat: Jermaine Jones dan Clint Dempsey

Prediksi  2-1 Untuk AS

Amerika Serikat akan terus memainkan sepak bola yang luar biasa dan berani. Belgia tidak akan bisa menyamai standar AS. Amerika Serikat akan menang 2-1 dan pindah ke perempat final.

 

BRASIL VS CHILE

Alexis Sanchez akan menjadi senjata utama bagi Chile saat mereka menangani Brasil di babak kedua Piala Dunia 2014  di Belo Horizonte, Sabtu atau Minggu (29/6/2014) pukul 03.00 WIB. 

Ketika penyerang  Barcelona turun ke lapangan, seperti banyak dari rekan satu timnya, dia akan menempatkan ke dalam praktek keterampilan yang dipelajari selama perjalanan sepakbola  di seluruh dunia. Setelah stop-overs di Argentina bersama River Plate dan Italia di Udinesewaktu di Barcelona yang telah benar-benar mengubah cepat Sanchez menjadi salah satu striker paling berbahaya di dunia.

"Di Barcelona saya belajar bagaimana untuk bermain sepak bola lagi," kata pemain berusia 25 tahun kepada El Pais. "Apa yang saya lakukan di Italia saya tidak bisa lakukan di Spanyol. Sebelum mendapatkan ruang satu-satu, saya harus membuka lapangan, mencari. "

"Sebelumnya, saya selalu menunggu (bola) ke kaki, saya menggiring bola [sebanyak] tiga, saya adalah orang yang memberi umpan ke ruang angkasa karena pemain lain membukanya. Dari (Andres) Iniesta saya belajar bagaimana untuk mempercepat,. dari Xavi (Hernandez) bagaimana untuk bergerak, dari Leo (Lionel Messi) untuk berpikir ke depan, cara menembak seperti Pedro (Rodriguez), di atas itu iman (Pep) Guardiola telah  membantu saya banyak."

Arturo Vidal: Kalahkan Brasil? Itu Mimpi Kami

 

Bintang Juventus Arturo Vidal mengatakan bahwa Chile siap untuk mewujudkan "impian" mereka dengan menjungkirbalikkan jinx mereka melawan juara lima kali Brasil di Piala Dunia 2014.

Vidal, yang baru pulih dari cedera dan mendapat  kartu kuning, beristirahat saat Chile kalah  2-0 dari Belanda yang meninggalkan Chile di posisi kedua di Grup B dan menghadapi pertandingan sistem gugur dengan Brasil.

Namun dia mengatakan dia pasti akan memainkan pertandingan  Sabtu ini [ Minggu WIB] di Belo Horizonte saat Chile bertekad  membalikkan Piala Dunia terakhir saat kalah di babak 16 kekalahan dari  Brasil pada  1998 dan 2010.

"Saya akan memainkan pertandingan babak 16 pada  Sabtu," katanya. "Saya tidak akan melewatkannya untuk dunia. Brasil telah sering menajdi nemesis bagi Chile, tapi perubahan sepakbola, generasi baru datang dan pemain baru muncul."

Meski kalah pada Senin lalu, kepercayaan diri Chile tinggi setelah mereka mengalahkan juara bertahan Spanyol untuk mencapai putaran kedua.

"Mengalahkan Brasil? Itu mimpi kami," lanjut Vidal. "Chile bisa membuat kejutan. Kami sudah mengalahkan juara dunia, jadi kami bisa mengalahkan Brasil."

JADWAL BABAK 16 BESAR

Tanggal

Jam WIB

Pertandingan

28 Juni 2014

23:00

Brasil-Chile—Belo Horizonte (adu pinalti    3-2

29 Juni 2014

3:00

Kolombia vs Uruguay — Rio de Janeiro      2-0

29 Juni 2014

23:00

Belanda  vs Meksiko  — Fortaleza               2-1

30 Juni 2014

3:00

Kosta Rika vs Yunani — Recife                     5-3

30 Juni 2014

23:00

Prancis  vs Nigeria — Brasília

01 Juli 2014

3:00

Jerman vs Aljazair— Porto Alegre

01 Juli 2014

23:00

Argentina vs Swiss  — Sao Paulo

02 Juli 2014

3:00

Belgia vs AS  — Salvador

 Babak sistem gugur Piala Dunia 2014 yang dimulai Sabtu menghadirkan tuan rumah Brazil melawan  Chile, persaingan antar tim Amerika Selatan  telah mendominasi selama bertahun-tahun.

Brasil belum pernah kalah dari Chile dari lebih  satu dekade, dan tidak pernah kalah di kandang. Tapi, untuk pertama kalinya, Chile tiba menghadapi tetangganya dengan banyak kepercayaan, sebagian berkat kampanye meyakinkan di Grup B yang termasuk kemenangan atas juara bertahan Spanyol.

Kubu Chili mengatakan tidak ada alasan mereka tidak bisa untuk  mengejutkan tuan rumah, dan Brasil mengakui  mereka mewaspadai terhadap ancaman tersebut.

Pelatih Brazil Luiz Felipe Scolari memperingatkan tentang Chile lebih dari enam bulan lalu, menyusul hasil imbang Piala Dunia. Meskipun kemungkinan host menghadapi Spanyol atau Belanda, tim nemesis  di perempat final turnamen 2010, Scolari mengatakan pada saat itu bahwa kekhawatiran terbesarnya adalah skuad Chili, yang ia berharap "tidak akan memenuhi syarat" untuk putaran kedua .

"Ketika saya berbicara tentang Chile kemudian, orang-orang menertawakan saya, mereka mengatakan Chile tidak cukup baik," kata Scolari. "Tapi aku sudah tahu pekerjaan pelatih (Jorge) Sampaoli dan pemain mereka. Kita sudah tahu bagaimana mereka bermain. "

Brasil belum pernah kalah dari Chile sejak kualifikasi Piala Dunia pada  2000. Sejak itu, ia telah memenangkan 10 dari 12 pertandingan mereka. Mereka bertemu tiga kali di Piala Dunia, dengan Brazil menang 4-2 di semifinal turnamen  1962 di Chili, kemudian 4-1 di babak 16 besar pada  1998 dan 3-0 pada babak yang sama pada  2010.

"Kita tidak bisa mengambil yang menjadi pertimbangan," kata kiper Chile Claudio Bravo. "Banyak orang mengatakan bahwa kita tidak kehilangan  apa-apa, tetapi sebaliknya, kita memiliki kesempatan bersejarah untuk menghilangkan host. Ini saingan lama kami, satu dengan banyak gelar. Terserah kita untuk melakukannya. "

Daftar  16  tim di babak 16 besar:

  • Grup A:     Brasil (sebagai juara Grup A), Meksiko (runner up) 
  • Grup B:      Belanda (juara Grup B), Chile (runner up)
  • Grup C:      Kolombia (juara Grup C), Yunani (runner up)
  • Grup D:      Kosta Rika (juara Grup D) dan Uruguay (runner up).
  • Grup E       Prancis (juara Grup E), Swiss (runner up Grup E)
  • Grup F:       Argentina (juara Grup F), Nigeria (rnner up Grup F)
  • Grup G   :  Jerman (juara grup G), AS (runner up Grup G)
  • Grup H: Belgia (juara grup H), Aljazair (runner up Grup H)

 

Brazil dan Chile bermain dua kali dalam pertandingan persahabatan tahun lalu. Tim Scolari menang 2-1 pada  November di Kanada, dan  bermain imbang 2-2 pada  April di Stadion Mineirao, tempat yang sama di mana pertandingan Sabtu akan dimainkan.

Skuad Chile memiliki empat pemain yang tahu sepak bola Brasil dengan baik - Eduardo Vargas bermain untuk klub Brasil Gremio sampai tahun lalu, sedangkan Jorge Valdivia  dengan Palmeiras, Charles Aranguiz dengan Internacional dan Eugenio Mena dengan Santos.

"Mereka banyak memiliki pemain berkualitas. Selalu sulit untuk bermain tim seperti itu, "kata gelandang Brasil Luiz Gustavo. "Kami tidak berpikir tentang apa yang terjadi di masa lalu. Kami harus berpikir tentang apa yang ada di depan kita sekarang. Sekarang itu adalah cerita yang berbeda, dengan pemain baru. Apa pun mungkin. "

Brazil telah berhasil mencapai perempat final Piala Dunia setiap kali sejak  1994. Eliminasi terakhir pada putaran kedua melawan Argentina pada  1990. Chili hanya sekali maju melewati putaran kedua, di rumah mereka sendiri pada  1962.

"Sekarang kita tidak bisa membuat lebih banyak kesalahan," kata Scolari. "Pada babak penyisihan grup kita masih bisa menyelinap di sana-sini dan masih maju. Sekarang kita tidak bisa. Kita harus memiliki tim yang sangat seimbang, kita tidak bisa membuat kesalahan. Itulah yang harus berubah dimulai dengan pertandingan berikutnya ini. "

Brasil memiliki empat pemain pergi ke pertandingan  Sabtu dengan kartu kuning, termasuk striker Neymar, Kapten Thiago Silva dan gelandang bertahan Luiz Gustavo. Kuning lain melawan Chile akan mengesampingkan mereka dari perempat final jika Brazil lolos. (salon.com/AP/fifa.com)

  ------------------------------------------------------------------------------

 BACA JUGA:


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Martin Sihombing
Sumber : fifa.com/ibtimes/Reuters
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper