Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

PIALA DUNIA 2014:Daftar Pelanggaran & Hukuman, Dari Cantona ke Suarez

Striker Uruguay Luis Suarez bisa diskors dari Piala Dunia untuk kali kedua di turnamen itu secara berturut-turut setelah ia muncul menggigit pemain Italia Giorgio Chiellini di bahu saat kemenangan timnya 1-0, Selasa (24/6/2014).
Tendangan 'kung fu' Eric Cantona kepada penonton yang terkenal  pada 1995/gmx.net
Tendangan 'kung fu' Eric Cantona kepada penonton yang terkenal pada 1995/gmx.net

Bisnis.com, JAKARTA -  Striker Uruguay Luis Suarez bisa diskors dari Piala Dunia untuk kali kedua di turnamen itu secara  berturut-turut setelah ia muncul menggigit pemain Italia Giorgio Chiellini di bahu saat kemenangan timnya 1-0, Selasa (24/6/2014).

Berikut ini  lima pelanggaran Piala Dunia terkenal dan hukumannya.

Roberto Rojas 1989, kualifikasi

Kiper Chili mendapat penghujatan selama kualifikasi melawan Brasil ketika ia sengaja melukai dirinya sendiri untuk mencegah timnya dari dipukuli. Sebuah kembang api dilemparkan dan Rojas memotong dirinya dengan pisau tersembunyi di sarung tangannya. Ia dibawa di luar lapangan dan pertandingan itu ditinggalkan tapi bukti video mengungkapkan kisah nyatanya. Ia diberi larangan hidup, dimulai  pada  2001, dan Chile dilarang dari Piala Dunia 1994.

Frank Rijkaard 1990

Pelatih asal Belanda diusir dalam pertandingan putaran kedua melawan Jerman Barat di Piala Dunia di Italia setelah dua kali meludahi rambut Rudi Voeller itu. Pertama kali adalah setelah ia diingatkan untuk menjegal Jerman dan yang kedua setelah konfrontasi lebih lanjut di mana ia dan Voeller keduanya mendapat kartu merah. Media Jerman kemudian menjuluki  Rijkaard 'The Llama'.

Mauro Tassotti 1994

Bek Italia bermain di satu Piala Dunia, di Amerika Serikat pada  1994, tapi ia meninggalkan tanda tak terhapuskan di atasnya. Tassotti menyikut Luis Enrique di wajah saat mereka tampil di perempat final, melanggar hidung pemain Spanyol itu. Tidak ada penalti yang diberikan pada waktu dan Italia menang 2-1, tapi Tassotti dilarang untuk delapan pertandingan setelah insiden itu berakhir.

Rivaldo 2002

Pemain depan asal Brazil Rivaldo didenda untuk sepotong kisah terkenal saat bermain-akting di Piala Dunia 2002 di Korea Selatan dan Jepang. Meski  mengenai pada paha oleh  bola yang ditendang ke arahnya oleh Turki Hakan Unsal, Rivaldo justru jatuh tapi  memegangi wajahnya. Unsal kemudian dikasih kartu merah  untuk kartu kuning kedua. Sebuah review video mengungkapkan kebenaran dan Brasil didenda setara dengan sekitar $ 13.000.

Zinedine Zidane 2006

Pemenang Piala Dunia Prancis Zidane diusir dari lapangan karena kepalanya  menyeruduk bek Italia Marco Materazzi pada final 2006 di mana Italia kemudian menang dalam adu penalti. Zidane, yang mengaku ia telah secara lisan diprovokasi, diserahkan suspensi tiga pertandingan untuk kartu merah.

Contoh hukuman retrospektif:

Tran Dinh Dong 2014

Bek Vietnam Tran Dinh Dong diberikan suspensi 28 permainan  oleh federasi sepak bola negara itu setelah mematahkan kaki lawan dalam pertandingan liga domestik.

Dong Song Lam Nghe An juga didenda 20 juta dong (US$950) untuk  pelanggaran terhadap gelandang Hung Vuong An Giang Nguyen Anh Hung, yang diperkirakan akan absen selama satu tahun.

Nicolas Anelka, 2013-14

Pemain depan Prancis ini dilarang untuk lima pertandingan dan didenda £80.000 (US$134.000) oleh Asosiasi Sepakbola karena diduga membuat gerakan anti-Semit  setelah mencetak gol untuk West Bromwich Albion dalam pertandingan Premier League melawan West Ham pada  Desember tahun lalu.

Luis Suarez 2013

Striker Liverpool diberi larangan 10 pertandingan setelah menggigit bek Chelsea Branislav Ivanovic selama pertandingan Liga Premier di Anfield. Suarez juga dilarang untuk tujuh pertandingan akibat perlakuan yang sama  ke lawan saat bermain untuk klub Belanda Ajax pada  2010.

Pepe 2009

Bek Portugal Real Madrid diskors selama 10 pertandingan untuk kehilangan kendali setelah kebobolan penalti dalam pertandingan La Liga melawan Getafe. Pepe menendang lawan Francisco Casquero yang berada di tanah dan meraup kancing di atas punggung gelandang untuk mengukur. Dalam jarak dekat berikutnya ia memukul pemain Getafe lainnya, Juan Albin, di wajah.

Paolo Di Canio 1998

Pemain depan Italia menepis  wasit setelah dikeluarkan dari lapangan bermain untuk Sheffield Wednesday melawan Arsenal. Dia dilarang untuk 11 pertandingan.

Eric Cantona, 1995

Striker Prancis dilarang selama delapan bulan setelah aksi yang terkenal serangan kung-fu nya pada penggemar yang duduk di tribun setelah dikeluarkan dari lapangan permainan  untuk Manchester United dalam pertandingan Premier League di Crystal Palace.

Paul Davis 1988

Gelandang Arsenal mengayunkan pukulan kepada pemain  Southampton Glenn Cockerill dan rahangnya patah. Wasit melewatkan insiden itu, tapi  tertangkap di televisi dan ia menyerahkan itu-belum pernah terjadi sebelumnya larangan sembilan pertandingan oleh Asosiasi Sepakbola.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Martin Sihombing
Sumber : Reuters
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper