Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

PIALA DUNIA 2014: Maradona Kecam FIFA Terkait Pemeriksaan Doping Kosta Rika

Legenda sepak bola Diego Maradona mengecam FIFA, dengan mengklaim bahwa tujuh pemain Kosta Rika yang menjalani pemeriksaan doping pascapertandingan merupakan bentuk kekhawatiran jika para sponsor tidak membayar seandainya tim-tim besar seperti Italia gagal lolos fase grup di Piala Dunia.
 Diego Maradona
Diego Maradona

Bisnis.com, RECIFE - Legenda sepak bola Diego Maradona mengecam FIFA, dengan mengklaim bahwa tujuh pemain Kosta Rika yang menjalani pemeriksaan doping pascapertandingan merupakan bentuk kekhawatiran jika para sponsor tidak membayar seandainya tim-tim besar seperti Italia gagal lolos fase grup di Piala Dunia.

Kosta Rika, yang mengejutkan juara Amerika Selatan Uruguay dengan skor 3-1 pada pekan lalu, lolos ke putaran 16 besar Piala Dunia pada Jumat melalui kemenangan 1-0 atas juara dunia empat kali Italia di Recife.

Menurut regulasi FIFA, dua pemain dari masing-masing tim akan menjalani pemeriksaan doping setelah pertandingan di Arena Pernambucano.

Bagaimanapun lima pemain lain dari Kosta Rika, yang namanya tidak disebutkan dalam laporan di www.gazzetta.it pada Sabtu, juga diminta memberikan sampel.

Maradona, yang dipulangkan dari Piala Dunia 1994 di AS setelah terbukti positif doping, mengatakan keputusan FIFA "sangat tidak menghormati peraturan-peraturan yang ada."

Pria Argentina itu juga menyebutkan bahwa tim-tim Amerika Tengah harus menjalani pemeriksaan yang lebih ketat karena para sponsor tidak akan membayar "sesuai yang dijanjikan" jika tim-tim papan atas seperti Italia tidak melaju ke putaran selanjutnya.

"Mengapa tujuh pemain dari Kosta Rika dan bukan tujuh dari Italia?" kata Maradona.

Menurut laporan Gazzetta, FIFA menjelaskan, bahwa selain dua pemain dari masing-masing tim yang biasanya dijadwalkan untuk menjalani pemeriksaan doping pasca pertandingan, lima pemain Kosta Rika dimasukkan dalam daftar itu karena sebelumnya mereka tidak menjalani pengujian pra pertandingan.

Tetapi bagi Maradona penjelasan itu tidak memuaskan. "Hal itu terjadi karena sejumlah orang terganggu karena Kosta Rika, dan bukan tim-tim besar, yang lolos (ke fase selanjutnya), dan dengan demikian para sponsor tidak akan membayar apa yang telah dijanjikan."

"Hal itu melawan pertauran-peraturan. Dua pemain dari masing-masing tim semestinya menjalani pemeriksaan doping. Saya tahu apa yang saya bicarakan, karena hal itu terjadi terhadap saya." "Namun tujuh pemain? Saya tidak pernah melihat yang seperti itu."

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : News Editor
Editor : Nurbaiti
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper