Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

PIALA DUNIA 2014: Spanyol Butuh Perjuangan Berat

Kubu juara bertahan Spanyol mengakui kendati mereka siap tampil di Piala Dunia 2014, tetapi upaya mempertahankan gelar membutuhkan perjuangan berat. Spanyol akan mengawali pertandingan di Piala Dunia 2014 ini Jumat (13/6/2014) atau Sabtu (14/6/2014) dinihari waktu Indonesia.
Timnas Spanyol saat menjadi juara Piala Dunia 2010/fanpop.com
Timnas Spanyol saat menjadi juara Piala Dunia 2010/fanpop.com

Bisnis.com, JAKARTA - Kubu juara bertahan Spanyol mengakui kendati mereka siap tampil di Piala Dunia 2014, tetapi upaya mempertahankan gelar membutuhkan perjuangan berat. Spanyol akan mengawali pertandingan di Piala Dunia 2014 ini Jumat (13/6/2014) atau Sabtu (14/6/2014) dinihari waktu  Indonesia.

"Spanyol siap untuk memulai resepsi berapi-api di Brazil untuk mempertahankan mereka Piala Dunia FIFA," kata pelatih Vicente del Bosque, dalam sebuah wawancara yang diterbitkan Senin (9/6/2014) atau Selasa (10/6/2014) waktu Indonesia.

Del Bosque, 63, mengatakan Spanyol akan memasuki wilayah bermusuhan di Brazil, di mana mereka pernah kalah 3-0 dari tuan rumah di final Piala Konfederasi FIFA tahun lalu. "Di Piala Konfederasi, memang benar, mereka bersiul pada kami dalam pertandingan," katanya kepada harian olahraga Spanyol terkemuka Marca di kota Brazil Curitiba.

"Saya pikir ada banyak rasa hormat dalam hal itu, karena mereka melihat musuh potensial Brasil," kata pelatih seraya menekankan bahwa di luar permainan, skuad  Brasil telah bersahabat.

Dengan hadirnya striker kelahiran Brasil dari klub Atletico Madrid Diego Costa, yang kontroversial, dalam skuad Spanyol, membuat stadion di Brasil berisiko kurang ramah kepada Spanyol daripada tahun lalu.

Spanyol bersiap untuk pertandingan pembukaan mereka Jumat melawan Belanda dalam pertandingan ulangan final Piala Dunia 2010. Del Bosque mengatakan tantangan mempertahankan Piala akan sangat besar.

"Jelas, itu bukan hal yang mustahil. Namun, itu bukan hal yang tidak normal tidak memenangkan Piala Dunia. Kita harus memahami potensi saingan yang kita hadapi, dunia tidak berputar di sekitar kita. Tapi tujuan dan mimpi kami harus ke menang, kami percaya di dalamnya."

Kepala Pelatih Spanyol Vicente Del Bosque mengakaui Spanyol dapat beradaptasi dengan permainan mereka. "Kami tidak memiliki formula ajaib, kami memiliki sebuah gagasan yang dimulai dengan pemain yang kami andalkan," kata Del Bosque.

"Kami bukan Taliban yang memiliki satu gaya bermain. Possession tanpa kedalaman tidak memiliki arti. Itulah sebabnya kami bekerja untuk menjadi sebuah tim yang agresif dalam memulihkan bola, kompak, menempatkan tekanan."

Ditanya apakah Spanyol siap menjadi tim yang menarik diri ke posisi defensif, ia berkata: "Saya berharap ini akan menjadi seperti itu. Bagi kita lebih baik harus bersabar dan mencoba untuk membuka posisi defensif daripada terbuka, out-of-control games."

Del Bosque menolak untuk menandai Spanyol sebagai favorit. "Piala Dunia terlalu besar untuk label-label. Brasil jelas bermain di rumah dan mereka tim yang hebat tapi itu juga berarti mereka berada di bawah tekanan besar, jauh lebih banyak daripada di Piala Konfederasi," katanya.

Rival utama lainnya akan mencakup Jerman yang selama bertahun-tahun telah begitu dekat dengan kemenangan, Argentina dengan Lionel Messi, Portugal dengan Cristiano Ronaldo, Prancis dan termasuk Inggris, Uruguay dan Belgia.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Martin Sihombing
Sumber : fifa.com
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper