Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

72 Anak Jalanan Ikut Seleksi Program Garuda Baru

Sebanyak 72 anak jalanan dari berbagai kota di Jawa Timur mengikuti seleksi pembentukan program Garuda Baru di Lapangan Karanggayam, Surabaya, Sabtu (18/1/2014).
Ilustrasi slogan timnas garuda baru/Antara
Ilustrasi slogan timnas garuda baru/Antara

Bisnis.com, SURABAYA—Sebanyak 72 anak jalanan dari berbagai kota di Jawa Timur mengikuti seleksi pembentukan program Garuda Baru di Lapangan Karanggayam, Surabaya, Sabtu (18/1/2014).

Mereka disiapkan menghadapi Street Child World Cup (SCWC) 2014 di Brazil. Seleksi yang diselenggarakan Yayasan Transmuda Energy Nusantara (TEN) ini merupakan kelanjutan dari kegiatan serupa yang terlebih dahul digelar di Medan dan Makassar pada 11 Januari lalu.

Ketua Yayasan TEN Mahir Bayasut mengatakan, proses seleksi program Garuda Baru dilaksanakan di tujuh kota, yakni Medan, Makassar, Surabaya, Palembang, Yogyakarta, Bandung, dan Jakarta.

"Setelah rangkaian seleksi di tujuh kota tersebut, selanjutnya digelar seleksi nasional dan karantina di Jakarta pada 16 Februari-23 Maret untuk pembentukan tim," katanya.

Untuk proses seleksi lokal di Surabaya, Yayasan TEN bekerja sama dengan Sanggar Alang-Alang dan Sekolah Sepak Bola Sosial Surabaya.
Selain itu, Yayasan TEN juga menggandeng Brazilian Soccer School, Pertamina Soccer School dan Jakarta Football Academy sebagai juri pada seleksi lokal dan nasional.

"Dari seleksi lokal di tujuh kota akan diambil 30 orang pemain usia 13-16 tahun berdasarkan peringkat terbaik untuk selanjutnya mengikuti seleksi nasional. Kami berharap bisa mendapatkan potensi bagus dari anak-anak jalanan di Jawa Timur," kata Mahir menambahkan.

Ia mengatakan program SCWC diselenggarakan pada 27 Maret 2014 di Rio De Jainero, Brazil, dan akan diikuti sekitar 19 negara. 

Program yang dilaksanakan sebelum Piala Dunia 2014 ini merupakan gerakan internasional untuk mempersatukan anak-anak jalanan di seluruh dunia melalui sepak bola.

"Kami sudah membuat perencanaan untuk membimbing mereka sesuai porsi guna memenuhi kebutuhan tim yang akan diberangkatkan ke Brazil," ujar Santoso Budiwidyanto, Perwakilan Brazilian Soccer School di Indonesia. 

"Pada seleksi nasional, peserta akan menjalani serangkaian tes psikologi meliputi beberapa faktor, antara lain kesabaran, ketenangan, semangat, kerja sama, kepemimpinan, dan sportivitas," lanjutnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Ismail Fahmi
Sumber : Newswire

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper