Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pra-Piala Dunia 2018: Dikurangi 4 Poin, Bolivia Ajukan Banding

Bolivia mengajukan banding kepada FIFA yang memangkas poins timnas negara itu dalam Pra-Piala Dunia 2018 zona Amerika Selatan.
Para pemain Timnas Bolivia sedang berlatih/Reuters-David Mercado
Para pemain Timnas Bolivia sedang berlatih/Reuters-David Mercado

Bisnis.com, JAKARTA - Federasi Sepak Bola Bolivia (FBF) mengajukan banding kepada Federation Internationale de Football Association (FIFA) yang memangkas poins timnas negara itu dalam Pra-Piala Dunia 2018 zona Amerika Selatan.

Pemangkasan tersebut ditetapkan organisasi sepak bola internasional yang bermarkas di Zurich, Swiss, tersebut akibat Bolivia menurunkan bek tengah kelahiran Paraguay Nelson Cabrera yang dianggap tidak sah mewakili Bolivia.

FIFA pada 1 November lalu memberi kemenangan masing-masing 3-0 kepada Chile dan Peru akibat Bolivia menurunkan Cabrera. Hasil pertandingan sebenarnya, Bolivia menang 2-0 saat menjamu Peru di La Paz pada 1 September dan menahan tuan rumah Chile tanpa gol 5 hari kemudian di Santiago.

“FIFA tidak pernah melakukan investigasi atau bertindak dengan keinginan mereka sendiri, melain atas permintaan pihak-pihak yang menginginkan Bolivia diberi sanksi,” demikian pernyataan FBF pada Kamis pagi WIB (17/11/2016).

“FIFA memberi keuntungan kepada mereka (Chile dan Peru) dengan poin dan gol yang tidak mereka dapatkan dalam pertandingan sesungguhnya,” lanjut pernyataan FBF.

Keputusan FIFA berarti memberi tambahan 2 angka unbtuk Chile dan 3 untuk Peru, sebaliknya Bolivia kehilangan 4 poin.

FBF menambahkan bahwa keputusan FIFA tersebut juga memengaruhi tim-tim lain yang tidak terlibat dalam kedua pertandingan itu sehingga meningkatkan ketidak-adilan dengan penambahan nilai untuk Chile dan Peru.

Dengan tambahan 2 angka hasil keputusan FIFA, Chile kini berada di peringkat keempat dengan nilai 20, satu setrip di atas Argentina yang mengoleksi nilai 19, sedangkan tambahan 3 angka membuat Peru ada di posisi kedelapan dengan nilai 14.

Sebaliknya bagi Bolivia, pengurangan 4 angka membuat mereka kini hanya mendulang nilai 7 dan duduk di posisi kesembilan dari 10 peserta Pra-Piala Dunia 2018 zona Amerika Selatan.

Hanya empat tim teratas di klasemen akhir zona Amerika Selatan yang langsung lolos ke putaran final Piala Dunia 2018 di Rusia, sedangkan peringkat kelima harus berebut selembar tiket terakhir atau ke-32 untuk ke Rusia dengan menjalani play off dua leg home and away dengan juara zona Oseania.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Sumber : Reuters
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper