Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Teladan Dibangun 1953, Sumut Butuh Stadion Baru

Anggota DPR RI berpendapat seharusnya Sumatra Utara memiliki stadion baru yang bertaraf internasional untuk memajukan olahraga di daerah tersebut khususnya cabang sepak bola.
PSMS vs Sriwijaya FC bertanding di Stadion Teladan Medan/Antara
PSMS vs Sriwijaya FC bertanding di Stadion Teladan Medan/Antara

Bisnis.com, JAKARTA - Anggota DPR RI berpendapat seharusnya Sumatra Utara memiliki stadion baru yang bertaraf internasional untuk memajukan olahraga di daerah tersebut khususnya cabang sepak bola.

Sofyan Tan, anggota Komisi X DPR RI, mengatakan saat ini stadion yang dapat dikatakan cukup representatif di Sumut hanyalah hanya Stadion Teladan yang dibangun pada 1953.

Namun, stadion yang pertama kali digunakan untuk Pekan Olahraga Nasional (PON) ke-3 tersebut tidak memenuhi persyaratan untuk menggelar pertandingan sepak bola sekelas Indonesia Super League (ISL).

"Begitu juga dengan kapasitas yang hanya sekitar 20 ribu tempat duduk. Harusnya bisa ditingkatkan lagi minimal menjadi 40 ribu kursi," katanya.

Menurut Sofyan, kebutuhan untuk memiliki stadion bertaraf internasional di Sumut khususnya di Medan sudah sangat mendesak, apalagi Medan merupakan kota terbesar ketiga di Indonesia.

Terlebih lagi, dewasa ini Sumut sudah termasuk salah satu pintu gerbang bagian barat Indonesia ke luar negeri yang tentunya pula roda perekonomian di daerah itu akan sangat cepat meningkat.

"Bayangkan saja kota-kota di Jawa rata-rata sudah memiliki stadion yang cukup refresentatif. Bagaimana dengan Kota Medan, yang sampai saat ini hanya memiliki Stadion Teladan."

Terkait dengan rencana Pemprov Sumut akan membangun sports center, Sofyan sangat mendukung dan menilainya sangat bagus untuk melahirkan lebih banyak bibit-bibit atlet berbakat.

Namun, kata dia, rencana tersebut harus didukung semua elemen, bukan hanya pemerintah daerah, tetapi juga pihak swasta. "Kalau hanya mengandalkan pemerintah daerah tentunya realisasinya akan lama baru terwujud.”

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : News Editor
Sumber : Antara

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper