Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Cetak Rekor! Jersey "Tangan Tuhan" Diego Maradona Laku Rp128 Miliar

Jersey pemain legendaris timnas Argentina, Diego Maradona, laku senilai Rp128,6 miliar dalam pelelangan.
Newswire
Newswire - Bisnis.com 05 Mei 2022  |  14:21 WIB
Cetak Rekor! Jersey "Tangan Tuhan" Diego Maradona Laku Rp128 Miliar
Jersey Diego Maradona yang dipakai saat mencetak gol "Tangan Tuhan" kala timnas Argentina mengalahkan Inggris di Piala Dunia 1986 - Antara/Reuters
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Jersey pemain legendaris timnas Argentina, Diego Maradona, laku senilai Rp128,6 miliar dalam pelelangan.

Jersey timnas Argentina di Piala Dunia 1986 bernomor punggung 10 milik Diego Maradona menjadi barang yang langka untuk dikoleksi.

Pasalnya, jersey tersebut dipakai ketika Diego Maradona mencetak dua gol ke gawang timnas Inggris di perempat final Piala Dunia 1986.

Salah satu gol tersebut bahkan tercipta dari proses yang sangat melegenda sampai mendapat julukan "Gol Tangan Tuhan".

Enam menit memasuki babak kedua, Diego Maradona membawa timnya unggul dengan meninju bola ke gawang seolah mengelabui wasit yang bertugas.

Empat menit kemudian Maradona menggiring bola dari daerah pertahanan sendiri guna mencetak gol yang dianggap sebagai salah satu gol terbesar dalam sejarah Piala Dunia.

Jersey yang dikenakan Diego Maradona ketika mencetak dua gol tersebut terjual 7,14 juta pound (Rp128,6 miliar) dalam sebuah acara lelang barang kenang-kenangan olahraga, pada Rabu (4/5/2022) waktu setempat. Nominal itu menjadi rekor baru untuk harga barang olahraga yang dilelang.

Gelandang timnas Inggris Steve Hodge mendapatkan kostum Maradona itu setelah pertandingan tersebut. April lalu Steve Hodge mengumumkan akan melelang jersey tersebut setelah 19 tahun dipamerkan di National Football Museum di Inggris.

"Kaus bersejarah ini adalah pengingat nyata untuk momen penting itu tidak hanya dalam sejarah olahraga, tetapi juga dalam sejarah abad ke-20," kata Brahm Wachter, Head of Streetwear and Modern Collectables, pada badan lelang Sotheby.

Sotheby's mengungkapkan sang pembeli itu anonim. Lelang ini memecahkan rekor sebelumnya untuk memorabilia olahraga yang dibuat manuskrip tanda tangan asli Manifesto Olimpiade 1892 yang dihargai 8,8 juta dolar AS (Rp126 miliar) pada 2019.

Penjualan kaus Maradona diperumit oleh klaim bahwa kaus yang sama akan dijual di mana putri dan mantan istrinya mengatakan Hodge mendapatkan kaus yang dikenakan Maradona itu pada paruh pertama pertandingan tersebut.

Sotheby's mengaku telah menggunakan teknologi pencocokan foto agar "secara meyakinkan" mencocokkan kaus itu dengan kedua gol Maradona dengan "memeriksa detail berbagai elemen item, termasuk tambalan, garis, dan penomoran".

Maradona yang dianggap sebagai salah seorang pesepak bola terbaik dunia, meninggal dunia pada November 2020 dalam usia 60 tahun.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

lelang diego maradona timnas argentina
Editor : Taufan Bara Mukti
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top