Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Mengenal Zidane Iqbal, Pemain Muda MU Keturunan Asia Selatan

Pemain muda Manchester United, Zidane Iqbal, menjadi sorotan setelah melakoni debutnya di tim utama saat Setan Merah bermain imbang 1-1 melawan Young Boys.
Pemain Manchester United, Zidane Iqbal/
Pemain Manchester United, Zidane Iqbal/

Bisnis.com, JAKARTA - Pemain muda Manchester United, Zidane Iqbal, menjadi sorotan setelah melakoni debutnya di tim utama saat Setan Merah bermain imbang 1-1 melawan Young Boys di laga akhir babak penyisihan grup Liga Champions, Kamis (9/12/2021) dini hari.

Gelandang berusia 18 tahun itu masuk pada menit ke-89 menggantikan Jesse Lingard. Pemain yang sudah 10 tahun bergabung dengan Setan Merah itu akhirnya mendapatkan kesempatan bermain di tim utama. Dia mengenakan nomor punggung 73.

"Rasanya luar biasa, saya telah bekerja selama ini untuk mendapatkan kesempatan ini," ujar Iqbal kepada MUTV seusai pertandingan.

"Ini adalah mimpi yang menjadi kenyataan," ucap pemain kelahiran Manchester yang menandatangani kontrak baru dengan Setan Merah pada April lalu. "Ini baru awal dan semoga saya bisa terus maju."

Kehadiran Ralf Rangnick sebagai manajer baru Manchester United menjadi berkah tersendiri baginya. Di bawah pelatih Jerman itu, Iqbal akhirnya bisa mencicipi rasanya bermain di tim utama.

Rangnick menurunkan sejumlah pemain muda berusia belasan tahun saat timnya menghadapi Young Boys. Dia juga memainkan pemain cadangan yang selama ini tidak diturunkan Ole Gunnar Solskjaer.

Iqbal menjadi sorotan karena dia adalah pemain pertama di klub tersebut yang merupakan keturunan dari Asia Selatan. Ayahnya adalah orang Pakistan dan ibunya dari Irak. Dia lahir di Manchester pada 27 April 2003.

Sejak usianya delapan tahun, dia telah bergabung dengan akademi klub. Sebelumnya dia menimba ilmu sepak bola di Sale United selama lima tahun pada 2007-2012.

Bulan lalu, Iqbal mencetak gol untuk tim muda Manchester United saat melawan Sunderland di Piala EFL. Selanjutnya, dia membuat gol pembuka dalam kemenangan 4-2 atas tim Italia Atalanta di EUFA Youth League.

Di level internasional, Iqbal belum lama ini mendapat panggilan bergabung dengan timnas Irak U-23 tampil di Kejuaraan WAFF (Federasi Sepak Bola Asia Barat) bulan lalu.

Dalam ajang tersebut, Iqbal membantu timnas Irak U-23 mencapai semifinal sebelum dikandaskan Arab Saudi. Dia juga tampil melawan Uni Emirat Arab dan dipercaya menjadi kapten sebelum mencetak gol ketika menghadapi Lebanon.

Meski begitu, Iqbal masih berpeluang untuk bergabung dengan tim nasional Inggris dan Pakistan selain Irak.

Saat ini, Iqbal menjadi salah satu dari lima pemain sepak bola keturunan Asia Selatan yang bermain di Liga Inggris. Empat lainnya adalah Hamza Choudhury dari Leicester City, Arjan Raikhy dari Aston Villa, Dilan Markanday dari Tottenham Hotspur, dan Kam Kandola dari Wolves.

Pemain muda Manchester United, Zidane Iqbal, menjadi pemain sepak bola keturunan Asia Selatan pertama yang bermain di tim Inggris di Liga Champions dalam 19 tahun terakhir, menyusul penampilan Michael Chopra untuk Newcastle United di Bayern Leverkusen pada 2002/2003.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Sumber : Tempo
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper