Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Ramalan 10 Tahun Lalu dan Rumor European Super League

Imbas dari ikut 'Big Six' dalam European Super League ini membuat legenda sekaligus pandit sepakbola Inggris, Gary Neville angkat suara.
Lukman Nur Hakim
Lukman Nur Hakim - Bisnis.com 19 April 2021  |  14:36 WIB
Presiden klub Real Madrid Florentino Perez, penggagas Liga Super Eropa pada 2009 - Football Espana
Presiden klub Real Madrid Florentino Perez, penggagas Liga Super Eropa pada 2009 - Football Espana

Bisnis.com, JAKARTA – Beredarnya rumor peresmian European Super League membuat kegaduhan dalam dunia sepak bola akhir pekan kemarin. Sebab, dengan beredarnya rumor tersebut membuat wacana lama terkait pembentukan kompetisi ini beredar lagi.

Beredarnya rumor ini diakibatkan 12 tim dari 3 liga besar di eropa yang mendaftarkan klubnya menjadi bagian dari European Super League ini. Dan yang menjadi sorotan adalah ikutnya 'Big Six' Liga Inggris dalam European Super League.

Imbas dari ikut 'Big Six' dalam European Super League ini membuat legenda sekaligus pandit sepakbola Inggris, Gary Neville angkat suara.

Dilansir dari TalkSport pada Senin (19/4/2021), Neville menyebut tim-tim tersebut sudah menjelma menjadi serakah.

“Reaksi terhadapnya adalah saya mengutuknya, dan memang demikian,” mulai Neville. “Saya adalah penggemar Manchester United dan telah berusia 40 tahun dalam hidup saya, tetapi saya merasa jijik,” ujar Neville dilansir dari TalkSport.

European Super League

“Saya paling muak dengan Manchester United dan Liverpool. Liverpool, mereka berpura-pura bahwa Anda tidak akan pernah berjalan sendirian, mereka adalah klub masyarakat, klub penggemar.

“Manchester United, 100 tahun lahir dari para pekerja di sini dan mereka melepaskan diri ke liga tanpa kompetisi yang tidak dapat membuat mereka terdegradasi.

“Ini benar-benar aib. Sejujurnya, kami harus merebut kembali kekuatan di negara ini dari klub-klub di puncak liga ini dan itu termasuk klub saya.”

Selain itu, dengan beredarnya rumor peresmian European Super League ini juga membuka prediksi lama yang dilontarkan oleh mantan pelatih Arsenal, Arsene Wenger. Dia memprediksi jika 10 tahun kedepan gagasan European Super League akan terlaksana.

"Saya melihat lebih banyak liga Eropa berkembang dari waktu ke waktu daripada satu tim pergi ke luar negeri," kata Wenger, “Liga nasional akan bertahan tetapi mungkin dalam 10 tahun, Anda akan memiliki liga Eropa,” ujar Wenger dilansir dari artikel Guardian pada  Agustus 2009.

"Saya tidak yakin 100 persen bahwa saya benar tetapi saya merasa di dalam permainan kami ada beberapa suara di balik layar yang datang untuk melakukan sesuatu tentang itu, terutama jika peraturan menjadi terlalu membatasi klub-klub ini."

Kekhawatiran bagi Wenger adalah jika liga Eropa akan dibentuk oleh kartel elit atau, menggunakan istilahnya, "waralaba", memisahkan diri untuk membagi kekayaan daripada dibangun berdasarkan sistem prestasi, yang melibatkan promosi dari berbagai liga nasional.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Liverpool liga eropa liga super eropa European Super League
Editor : Novita Sari Simamora

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top