Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Arsenal Juara FA Cup 14 Kali, Taklukkan Chelsea di Final

Arsenal menjuarai FA Cup sebanyak 14 kali sepanjang sejarah setelah menundukkan Chelsea dengan skor 2–1 di final di Wembley yang berakhir pada Minggu (2/8/2020) dini hari WIB.
M. Syahran W. Lubis
M. Syahran W. Lubis - Bisnis.com 02 Agustus 2020  |  01:37 WIB
Penyerang dan kapten tim Pierre-Emerick Aubameyang selepas mencetak gol kemenangan timnya ke gawang Chelsea. - The Guardian
Penyerang dan kapten tim Pierre-Emerick Aubameyang selepas mencetak gol kemenangan timnya ke gawang Chelsea. - The Guardian

Bisnis.com, JAKARTA – Arsenal meraih trofi Piala FA (Football Association) untuk ke-14 kali sepanjang sejarah setelah menaklukkan Chelsea dengan skor 2–1 dalam pertandingan final di Stadion Wembley di London yang berakhir pada Minggu (2/8/2020) dini hari WIB.

Christian Pulisic membuka keunggulan Chelsea dengan cepat pada menit ke-5 dalam laga derby London itu setelah memaksimalkan assist dari Olivier Giroud.

Pada menit ke-25, sebenarnya Artsenal berhasil menjebol gawang Chelsea melalui tembahan indah Nicolas Pepe, tetapi dianulir sasit Anthony Taylor karena offside, meski dari tayang uang todak begitu jelas di titik mana pemain Arsenal terperangkap offside.

Berselang 3 menit kemudian Arsenal mencetak gol balasan melalui eksekusi penalti Pierre-Emerick Aubameyang. Wasit Taylor menetapkan penalti untuk Arsenal setelah bek sekaligus kapten Chelsea Cesar Azpilicueta di area terlarang menjatuhkan Aubameyang yang merupakan kapten tim Arsenal.

Skor menjadi imbang 1–1 dan tidak terjadi tambahan gol lagi selepas itu hingga wasit Taylor mengakhiri 45 menit babak pertama.

Gol kedua yang menentukan kemenangan Arsenal juga dikontribusi Aubameyang. Dia mendapatkan umpan dari Nicolas Pepe dan mengelabui pemain belakang Chelsea Kurt Zouma untuk kemudian menaklukkan penjaga gawang Chelsea Willy Caballero pada menit ke-67.

Berselang 6 menit kemudian Chelsea harus bermain dengan 10 orang setelah Mateo Kovacic terkena kartu kuning kedua lantaran melanggar Granit Xhaka sehingga harus meninggalkan lapangan.

Skor akhir 2–1 untuk Arsenal dan Pierre-Emerick Aubameyang, yang juga merupakan penyerang Timnas Gabon, terpilih sebagai pemain terbaik atau man-of-the-match. 

Bagi Arsenal, ini menjadi kesuksesan ganda karena mereka akan lolos ke fase grup Liga Europa, kompetisi antarklub level kedua di Europa, musim depan.

Sukacita skuad The Gunners pun dipastikan bertambah karena perebutan FA Cup sejak musim 2015–2016 disponsori oleh maskapai penerbangan Emirates, yang berbasis di Dubai, Uni Emirat Arab, yang merupakan pemilik Arsenal.

Arsenal, yang kini ditukangi pelatih asal Spanyol Mikel Arteta, merupakan pengoleksi trofi FA Cup terbanyak sejak pertama digelar pada 1878 atau 142 tahun silam. Sebelum kesuksesan kali ini, Arsenal terakhir juara pada 2017 juga dengan menaklukkan Chelsea, pun dengan skor 2–1.

Sementara itu, Chelsea menempati urutan ketiga dalam daftar juara FA Cup yakni 8 kali, di bawah Manchester United di urutan kedua dengan 12 kali. The Blues, yang saat ini ditangani Frank Lampard, terakhir tampil sebagai juara FA Cup pada 2 tahun lalu, di final menundukkan MU 1–0.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

chelsea arsenal fa cup

Sumber : The Guardian, Soccerway, & BBC

Editor : M. Syahran W. Lubis
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top