Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pemusatan Latihan Timnas Indonesia Senior & U-19 Dimulai 1 Agustus

Pemusatan latihan Timnas Indonesia senior dan U-19 dijadwalkan dimulai pada 1 Agustus 2020.
Shin Tae-yong memimpin latihan Timnas Indonesia pada Februari 2020./PSSI.org
Shin Tae-yong memimpin latihan Timnas Indonesia pada Februari 2020./PSSI.org

Bisnis.com, JAKARTA – Timnas Indonesia senior dan U-19 dijadwalkan memulai latihan perdana pada Sabtu (1/8/2020). Perubahan latihan perdana ini sesuai program yang disiapkan tim pelatih yang dikomandani Shin Tae-yong.

Pemain Timnas Indonesia senior dan U-19 serta ofisial sudah tiba di Jakarta sejak Kamis (23/7/2020) untuk melakukan pemusatan latihan (training center/TC). Satu hari sebelumnya pelatih Shin Tae-yong juga sudah mendarat di Jakarta dari negara asalnya, Korea Selatan.

"Sesuai arahan Ketua Umum PSSI [Mochamad Iriawan], setelah Shin tiba, kami langsung berkoordinasi. Shin menyiapkan program latihan perdana pada 1 Agustus," kata Plt. Sekjen Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia Yunus Nusi sebagaimana dilansir laman resmi PSSI pada Sabtu (26/7/2020).

Pada Jumat (24/7/2020), seluruh pemain dan ofisial Timnas Indonesia senior dan U-19 melakukan swab test. Tes usap ini dilakukan oleh petugas medis dari RS Royal Progress, Jakarta yang telah bekerja sama dengan PSSI di Hotel Fairmont Jakarta, tempat menginap Timnas Indonesia.

Dokter sekaligus kepala tim medis PSSI Syarif Alwi me njelaskan bahwa para pemain akan berkegiatan di hotel sambil menunggu hasil swab test yang kira-kira keluar dalam 3 atau 4 hari.

Tim dokter PSSI, lanjutnya, akan melakukan perbaikan nutrisi kepada pemain terutama kebiasaan saat mereka makan. “Sambil menunggu hasil swab test, kami melakukan simulasi latihan dengan protokol kesehatan di hotel sebelum dilakukan latihan perdana.”

Bagi timnas senior, TC ini merupakan persiapan menghadapi tiga pertandingan lanjutan Pra-Piala Dunia 2022 di mana Indonesia sudah dipastikan tersingkir. Tiga laga tersebut yakni melawan tuan rumah Thailand (8/10/2020), menjamu Uni Emirat Arab (13/10/2020), dan tandang ke Vietnam (12/11/2020).

Persiapan timnas senior juga dimaksudkan untuk menghadapi Piala AFF (Asean Football Federation) 2020 pada November–Desember. Timnas Indonesia terakhir melakukan TC pada Februari lalu di Jakarta.

Sementara itu, Timnas U-19 bersiap menghadapi Piala Asia U-19 2020 pada 14–31 Oktober di Uzbekistan. Garuda Muda berada di Grup A bersama tuan rumah Uzbekistan, Kamboja, dan Iran.

Tahun depan, tim ini akan tampil di Piala Dunia U-20 di mana Indonesia menjadi tuan rumah. Selama pandemi Covid-19, Timnas U-19 melakukan TC secara virtual sejak Mei hingga Juli ini. TC di lapangan terakhir dilakukan di Chiang Mai, Thailand, pada Januari lalu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Sumber : PSSI.org
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper