Hasil Piala Afrika, Senegal & Sadio Mane Lolos ke Semifinal

Senegal, yang diperkuat ujung tombak Liverpool Sadio Mane, lolos ke semifinal Piala Afrika seusai mengatasi Benin dengan skor tipis 1 - 0.
Newswire
Newswire - Bisnis.com 11 Juli 2019  |  01:37 WIB
Hasil Piala Afrika, Senegal & Sadio Mane Lolos ke Semifinal
Striker Senegal Sadio Mane - Reuters/Amr Abdallah Dalsh

Bisnis.com, JAKARTA – Timnas Senegal, yang diperkuat ujung tombak Liverpool Sadio Mane, mengatasi Benin dengan skor tipis 1 - 0 dalam laga perempat-final Piala Afrika 2019 di Stadion 30 Juni, Kairo, Mesir, Kamis (11/7/2019) dini hari WIB, untuk melaju ke semifinal.

Senegal hanya mampu mencetak satu gol lewat gelandang Idrissa Gueye, pemain Everton, meskipun tampil sangat dominan dan unggul jumlah pemain sejak menit ke-82, demikian catatan laman resmi turnamen.

Kemenangan itu mendekatkan ambisi Kawanan Singa Teranga menuju gelar juara Piala Afrika perdana mereka. Tim besutan Aliou Cisse tersebut kini menanti pemenang laga perempat-final lain antara Madagaskar kontra Tunisia untuk mereka hadapi di semifinal nanti.

Senegal berusaha menguasai permainan sejak sepak mula, namun peluang pertama yang diperoleh pada menit ke-10 lewat umpan terobosan Kalidou Koulibaly dan berusaha diselesaikan oleh Sadio Mane berhasil dihalau barisan pertahanan Benin.

Lantas pada menit ke-23 Senegal kembali menciptakan peluang dalam situasi sepak pojok namun sundulan Cheikhou Kouyate menyambut umpan silang Henri Saivet masih melenceng ke sisi gawang.

Di tengah dominasi hampir 70 persen penguasaan bola oleh Senegal, Benin justru lebih dulu melepaskan tembakan tepat sasaran melalui Jordan Adeoti pada menit ke-33, tetapi bola sepakan kaki kirinya masih bisa ditepis oleh kiper Alfred Gomis.

Senegal terus berjuang menumpuk tekanan dan menciptakan kemelut di depan gawang pada menit kedua masa injury time babak pertama, namun tiga tembakan beruntun dari M'Baye Niang, Keita Balde Diao dan Idrissa Gueye tetap tak mampu menembus tebalnya pertahanan Benin sehingga kedua tim turun minum dalam keadaan imbang tanpa gol.

Memasuki babak kedua, Benin justru lebih dulu mengancam gawang Senegal lewat tembakan kaki kanan Mickael Pote yang masih bisa diamankan Gomis.

Senegal perlahan mulai menguasai jalannya pertandingan lagi hingga akhirnya pada menit ke-69 Gueye berhasil memecahkan kebuntuan lewat golnya.

Berawal dari aksi Mane merangsek ke hadapan kotak penalti lawan, pemain Liverpool itu dengan cerdik berusaha menghindari jegalan bek Benin dengan menyodorkan bola ke jalur Gueye yang berlari dan melepaskan tembakan ke area tiang jauh demi membuka keunggulan Senegal.

Mane sebetulnya dua kali sempat menyarangkan bola ke gawang Benin, namun dua kali pula golnya dianulir karena dianggap sudah berada dalam posisi offside.

Senegal mendapat keuntungan ketika Olivier Verdon melakukan pelanggaran keras terhadap yang segera direspon wasit dengan kartu merah, tetapi hingga laga usai tak ada gol tambahan tercipta.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
piala afrika, Timnas Senegal

Sumber : Antara

Editor : M. Syahran W. Lubis

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top