Bek Madrid Ramos Terancam Skorsing Dua Pertandingan Liga Champions

UEFA menduga kapten Real Madrid Sergio Ramos "menerima kartu kuning dengan sengaja" dalam pertandingan Liga Champions Eropa klub melawan Ajax Amsterdam pada awal bulan ini.
M. Syahran W. Lubis
M. Syahran W. Lubis - Bisnis.com 27 Februari 2019  |  09:59 WIB
Bek Madrid Ramos Terancam Skorsing Dua Pertandingan Liga Champions
Kapten Real Madrid Sergio Ramos - Reuters/Heino Kalis

Bisnis.com, JAKARTA – Union of European Football Associations (UEFA) menduga kapten Real Madrid Sergio Ramos "menerima kartu kuning dengan sengaja" dalam pertandingan Liga Champions Eropa klub melawan Ajax Amsterdam pada awal bulan ini.

Ramos melanggar penyerang Ajax Kasper Dolberg pada menit ke-89 di leg pertama babak 16 besar di Belanda, yang dimenangi tamu yang merupakan juara bertahan dengan skor tipis 2 - 1.

Akibat pelanggaran yang diduga UEFA dilakukan secara sengaja itu, pemain belakang berusia 32 tahun tersebut diskors dari leg kedua pada Rabu (6/3/2019) pagi WIB di Stadion Santiago Bernabeu di Madrid.

UEFA memutuskan untuk menyelidiki insiden itu setelah Ramos mengatakan kepada wartawan bahwa dia akan "berbohong jika saya mengatakan saya tidak memaksakan (kena kartu)".

Ramos kemudian mengatakan: "Saya merujuk pada terpaksa melakukan pelanggaran, itu pelanggaran yang tidak bisa dihindari. Bukan untuk memaksa kena kartu.”

“Itu sebabnya saya katakan bohong jika tak tahu hal itu memicu hukuman (skorsing akumulasi kartu), sama seperti saya tahu bahwa saya tidak punya pilihan selain melakukan pelanggaran. Itulah yang saya maksud saat mengatakan bahwa dalam sepak bola Anda harus membuat keputusan yang rumit," ucapnya sebagaimana diwartakan Reuters pada Rabu (27/2/2019) pagi WIB.

UEFA menyelidiki pernyataan Ramos itu karena tidak bermain di laga kandang kontra Ajax di leg kedua berarti membersihkannya dari skorsing akumulasi kartu sehingga bisa bermain jika Madrid lolos ke 8 besar, hal yang masuk akal karena di leg pertama di Amsterdam, Madrid telah menang.

Namun, jika seorang pemain diketahui sengaja melakukan pelanggaran demi mendapatkan kartu dengan tujuan “bersih” untuk bermain di babak berikutnya, maka dia dapat justru dilarang turun untuk dua pertandingan.

Ketika ditanya apakah dia tahu pelanggaran itu dapat menyebabkan kartu kuning dan larangan, Ramos berkata: "Ya, tapi saya tidak punya pilihan."

Rekan setim Ramos, Dani Carvajal dihukum oleh UEFA musim lalu karena sengaja mendapatkan kartu kuning dalam pertandingan penyisihan grup melawan klub Siprus APOEL Nicosia.

Kasus Ramos akan disidangkan pada Kamis (28/2/2019) waktu setempat atau Jumat (28/2/2019) dini hari WIB.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
liga champions, real madrid

Sumber : Reuters

Editor : M. Syahran W. Lubis

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top