Hasil Piala AFF U-22 : Vietnam Juara Grup A, vs Indonesia di Semifinal?

Vietnam tampil sebagai juara Grup A Piala AFF U-22 setelah pada matchday ketiga bermain imbang tanpa gol melawan Thailand.
M. Syahran W. Lubis
M. Syahran W. Lubis - Bisnis.com 22 Februari 2019  |  00:43 WIB
Hasil Piala AFF U-22 : Vietnam Juara Grup A, vs Indonesia di Semifinal?
Dua andalan lini depan Timnas U-22, Marinus Mariyanto Wanewar (kanan) dan Osvaldo Ardiles Haay, berpotensi jumpa Vietnam di semifinal Piala AFF U-22 di Kamboja. - Antara/Sigid Kurniawan

Bisnis.com, JAKARTA – Vietnam tampil sebagai juara Grup A Piala AFF (Asean Football Federation) U-22 setelah pada matchday ketiga bermain imbang tanpa gol melawan Thailand pada Kamis (22/2/2019) petang.

Dengan hasil pertandingan di Stadion Olimpiade di Phnom Penh, Kamboja, itu, Vietnam dan Thailand sama-sama mengoleksi nilai 7 karena di dua laga awal keduanya menundukkan Timor Leste dan Filipina.

Vietnam berhak menduduki posisi teratas karena mempunyai selisih gol yang lebih baik yakni 5 berbanding 4 dengan Thailand.

Sementara itu, Timor Leste menduduki peringkat ketiga dengan nilai 3 setelah menundukkan Filipina dengan skor tipis 1 - 0 di stadion yang sama pada malam harinya dengan gol tunggal yang dicetak Mouzinho de Lima pada menit ke-64.

Pertandingan tersebut sekadar memenuhi jadwal yang telah dibuat karena Timor Leste dan Filipina telah tersingkir lantaran di dua laga awal selalu menelan kekalahan. Filipina pada akhrnya menjadi juru kunci Grup A tanpa nilai.

Dengan telah selesainya seluruh pertandingan Grup A, dipastikan Thailand sebagai runner up Grup A akan meladeni tuan rumah Kamboja sebagai juara Grup B di semifinal yang digelar pada Minggu (24/2/2019) mulai pk. 18.30 WIB.

Sementara itu, Vietnam sebagai juara Grup A akan berhadapan dengan runner up Grup B yang masih diperebutkan oleh Indonesia, Malaysia, dan Myanmar dengan dua laga matchday ketiga berlangsung pada Jumat (23/2/2019) yakni Indonesia versus Kamboja dan Malaysia versus Myanmar.

Turnamen ini semula akan diikuti oleh 11 dari 12 negara anggota AFF kecuali Australia yang memang lebhih sering tidak dilibatkan dalam kegiatan AFF sejak bergabung dengan Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC) pada 2006, pindah dari Konfederasi Sepak Bola Oseania (OFC).

Namun, dari 11 yang telah menyatakan ikut serta, tiga di antaranya menarik diri setelah dilakukan pembagian grup. Ketiganya yakni Singapura, Laos, dan Brunei Darussalam.

Kejuaraan ini bagian dari pemanasan dari dua turnamen yakni Sea Games 2019 bakal yang bakal digelar di Filipina pada November dan Desember mendatang serta kualifikasi Piala Asia U-23 2020 bulan depan di mana Indonesia tergabung bersama Vietnam, Thailand, dan Brunei Darussalam.

Piala AFF U-22 tahun ini merupakan gelaran kedua setelah yang pertama kali pada 2005 atau 14 tahun lalu. Ketika itu turnamen digelar di Thailand yang tampil sebagai juara.

Indonesia ketika itu tidak ikut serta. Delapan tim yang terlibat saat itu, selain Thailand, ialah Singapura, Laos, yang ironisnya keduanya tahun ini malah tidak ikut, kemudian Kamboja, Myanmar, Malaysia, Filipina, dan Timor Leste.

Sebenarnya turnamen ini hendak digelar kedua kali pada 2011 dengan Indonesia bertindak sebagai tuan rumah, tetapi kemudian dibatalkan karena banyak anggota AFF yang gagal menyiapkan timnya sehingga mengundurkan diri.

Untuk Piala AFF U-22 2019, delapan tim dibagi menjadi dua grup. Indonesia, yang ditangani pelath Indra Sjafri dan diharapkan mampu menjadi juara, tergabung dalam Grup B bersama Myanmar, Malaysia, dan tuan rumah Kamboja, sedangkan Grup A diisi Filipina, Timor Leste, Vietnam, dan tuan rumah Kamboja.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
timnas indonesia, timnas u-23, piala aff

Sumber : AseanFootball.org

Editor : M. Syahran W. Lubis

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top
Tutup