Piala AFF U-22 : Indonesia vs Malaysia Skor Akhir 2-2. Ini Komentar Pelatih Datuk Ong Kim Swee

ndonesia akan berhadapan dengan Malaysia dalam pertandingan kedua Grup B Piala AFF u-22, yang digelar di Stadion Nasional Kamboja hari ini, Rabu (20/2/2019).  Skor akhir pertandingan 2-2, sehingga Indonesia harus mengalahkan tuan rumah Kamboja pada laga terakhir guna menjaga pelung lolos ke semifinal.
Sutarno Sutarno | 20 Februari 2019 18:33 WIB
Loading the player ...
Laga Indonesia versus Malaysia yang live streamingnya diposting akun Trc tip U22 AFF di Youtube

Bisnis.com, JAKARTA—Indonesia akan berhadapan dengan Malaysia dalam pertandingan kedua Grup B Piala AFF u-22, yang digelar di Stadion Nasional Kamboja hari ini, Rabu (20/2/2019).  Skor akhir pertandingan 2-2, sehingga Indonesia harus mengalahkan tuan rumah Kamboja pada laga terakhir guna menjaga pelung lolos ke semifinal.

Berdasarkan jadwal pertandingan dari aseanfootball.org, pertandingan Indonesia melawan Malaysia digelar pukul 15.30 WIB, setelah itu digelar laga tuan rumah Kamboja vs Myanmar pukul 18.30 di tempat yang sama.

Menurut data dari akin twitter resmi Football Association of Malaysia (FAM) @FAM_Malaysia, Indonesia unggul terlebih dahulu melalui gol Marinus Wanewar menit 52, sehingga megubah skor menjadi 1-0.

Hanya berselang 9 menit, Malaysia menyamakan skor 1-1 melalui gol Nik Akif Syahiran Nik Mat menit 61.

Indonesia kembali unggul 2-1 melalui gol Witan Sulaeman menit 77.

Lagi-lagi, keunggulan itu hanya bertahan sembilan menit. Malaysia menyamakan kedudukan melalui gol  Fayyadh Abdul Razak menit 86, sehingga skor menjadi 2-2.

Pelatih Malaysia Datuk Ong Kim Swee menilai semangat bertanding menjadi kunci sukses Malaysia untuk bangkit dengan membalas 2 gol.

"Kami dua kali tertinggal, 0-1 lalu 1-2 dan akhirnya bangkit. Semangat bertanding menjadi kunci kami," ujarnya melalui cuplikan video yang diposting @FAM_Malaysia.

Berikut pernyataan lengkap dari Ong Kim Swee.

Line up

Pelatih Indra Sjafri menerapkan pola 4-3-3, sama seperti yang diterapkan saat bermain imbang 1-1 melawan Myanmar. Trisula depan dipercayakan kepada Billy, Marinus, Osvaldo.

Sementara untuk lini belakang, penjaga gawang yang diturunkan adalah Satria Tama, sedangkan Awan Seto yang diturunkan saat melawan Myanmar, dibakucadangkan. Berikut line-up selengkapnya.

Lini Depan:
17.Billy Keraf
3.Marinus Mariyanto Wanewar
10.Osvaldo Haay

Lini tengah:
6. Muhammad Rafi Syarahil
7. Muhammad Luthfi
18. Gian Zola

Lini Belakang:
2. Andy Setyo
11. Firza Andika
13. Rachmat Irianto
14. Asnawi Mangkualam

Penjaga Gawang:
20. Satria Tama

Dukungan Supporter

Pelatih tim nasional Indonesia U-22 Indra Sjafri mengharapkan dukungan penuh saat timnya menghadapi Malaysia dalam laga kedua penyisihan Grup B Piala AFF U-22 di Stadiona Nasional, Phnom Penh, Kamboja, pada Rabu (20/2) sore, sembari mengimbau agar memberikan penghormatan ketika lagu kebangsaan Malaysia dimainkan.

"Tentu kami butuh support moral dari masyarakat yang datang, juga yang tidak datang," kata Indra selepas memimpin latihan di Lapangan AUPP, Phnom Penh, Selasa pagi (19/2/2019, seperti dilaporkan Antara.

"Saya juga mengimbau agar ketika lagu kebangsaan Malaysia dimainkan, jangan kita mengejek atau mencaci, karena doa yang didengarkan Tuhan itu doa orang teraniaya," ujarnya menambahkan.

Indonesia dan Malaysia memang memiliki tingkat rivalitas tinggi dalam berbagai hal, termasuk ketika perwakilan masing-masing bertemu di atas lapangan hijau. Akibatnya, kerap kali rivalitas itu menjalar ke luar lapangan ataupun di tribun stadion dan dalam beberapa kesempatan baik pendukung Indonesia maupun Malaysia melakukan hal tidak terpuji ketika lagu kebangsaan satu sama lain dimainkan jelang laga dimulai.

Klasemen Grup

Indonesia saat ini menempati posisi kedua Grup B dengan satu poin dari hasil seri 1-1 melawan Myanmar, Senin (18/2/2019).

Sementara itu, Malaysia menjadi juru kunci, karena dalam laga pertama melawan tuan rumah Kamboja, Malasyia menyerah 0-1.

Malaysia butuh kemenangan untuk menjada peluang lolos ke babak semifinal. Timnas U-22 Indonesia berada di Grup B bersama tuan rumah Kamboja, Malaysia, dan Myanmar. Sementara itu Grup A dihuni oleh Thailand, Vietnam, Timor Leste, dan Laos.

Dua tim teratas masing-masing grup akan memastikan lolos ke babak semifinal dengan pertandingansistem silang. Juara Grup A akan bertemu runner-up Grup B, sedangkan Juara Grup B akan berhadapan dengan Runner Grup A.

Unggul Moril

Pelatih Timnas U-22 Indonesia, Indra Sjafri, meyakini pihaknya bahwa Garuda Muda memiliki kelebihan dari sisi moril.

"Pertama, posisi kita sekarang punya satu poin karena kemarin draw sedangkan dia kalah," kata Indra selepas memimpin sesi latihan persiapan jelang melawan Malaysia di Lapangan AUPP, Phnom Penh, Selasa (19/2/2019) pagi  seperti dilaporkan Antara.

"Yang kedua, kemarin kita main sore dan mereka main malam. Keberuntungan-keberuntungan itu kita hitung," ujarnya menambahkan.

Hasil imbang melawan Myanmar sebetulnya bukan sesuatu yang bisa dibanggakan memang, namun itu tak menganulir keadaan Indonesia sedikit lebih baik dibandingkan Malaysia saat ini.

Tag : piala aff, Piala AFF-22
Editor : Sutarno

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top