Argentina Lolos ke Piala Dunia U-20, Brasil Terancam Gagal

Argentina menjadi tim pertama yang lolos dari Amerika Selatan ke putaran final Piala Dunia U-20 2019 setelah menundukkan Uruguay dengan skor tipis 2-1 pada Jumat (8/2/2019).
M. Syahran W. Lubis
M. Syahran W. Lubis - Bisnis.com 08 Februari 2019  |  18:29 WIB
Argentina Lolos ke Piala Dunia U-20, Brasil Terancam Gagal
Penyerang Timnas Argentina U-20 Anibal Moreno selepas menjebol gawang Uruguay. - Con La Gente

Bisnis.com, JAKARTA – Argentina menjadi tim pertama yang lolos dari Amerika Selatan ke putaran final Piala Dunia U-20 2019 setelah menundukkan Uruguay dengan skor tipis 2-1 pada Jumat (8/2/2019).

Dengan kemenangan dalam pertandingan matchday keempat fase akhir Piala Amerika Selatan (Copa Sudamericano) U-20 itu, skuat muda Tango mengoleksi nilai 9.

Meski masih menyisakan satu laga lagi melawan Brasil, Argentina dipastikan lolos paling tidak sebagai peringkat ketiga dari enam tim peserta putaran akhir Copa Sudamericano U-20 yang juga merupakan kualifikasi Piala Dunia U-20.

Dalam pertandingan melawan Uruguay di Stadion El Teniente di Rancagua, Cile, dua gol Argentina U-20 dicetak oleh Anibal Moreno pada menit ke-25 dan Gonzalo Maroni begitu babak kedua dimulai.

Sementara itu, satu-satunya gol balasan skuat muda Uruguay dikontribusi oleh Nicolas Schiappacase ketika babak kedua telah memasuki injury time.

Meski menelan kekalahan, Uruguay berpeluang tetap lolos ke Piala Dunia U-20 karena telah mengoleksi nilai 7, sama dengan Ekuador di tempat ketiga.

Uruguay berhak menduduki posisi kedua klasemen sementara putaran akhir turnamen ini hanya berkat keunggulan produktivitas gol yakni 6 - 5 berbanding 3 - 2 milik Ekuador.

Tempat keempat diisi Kolombia dengan nilai 4, diikuti Venezuela juga dengan koleksi 4 angka. Sementara itu, Brasil untuk sementara mengisi posisi dasar klasemen dengan nilai 2.

Namun, Brasil tetap berpeluang lolos ke putaran final Piala Dunia U-20 jika di laga terakhir pada Senin (11/2/2019) mampu menundukkan Argentina dengan syarat di pertandingan lain Uruguay menaklukkan Kolombia dan Ekuador mengatasi Venezuela.

Dengan adanya ketergantungan terhadap hasil pertandingan lain itulah, Brasil bisa disebut terancam gagal lolos ke Piala Dunia U-20 walaupun di sisi lain hanya akan menghadapi Argentina yang sudah pasti lolos sehingga secara teoretik tidak akan bertarung habis-habisan lagi kecuali dengan alasan prestise atau gengsi.

Turnamen ini diikuti 10 tim anggota Konfederasi Sepak Bola Amerika Selatan (Confederacion Sudamericana de Futbol/Conmebol) termasuk empat lainnya ialah tuan rumah Cile, Bolivia, Peru, dan Paraguay.

Ke-10 tim itu dibagi menjadi dua grup. Tiga tim dari setiap grup teratas lolos ke putaran akhir. Venezuela, Brasil, dan Kolombia lolos dari Grup A, sedangkan Ekuador, Argentina, dan Uruguay lolos sebagai wakil Grup B.

Enam tim tersebut beradu di putaran akhir dan empat tim yang finis teratas mewakili zona Conmebol ke putaran final Piala Dunia U-20 yang direncanakan digelar di Polandia pada 23 Mei hingga 15 Juni 2019.

Uruguay merupakan juara bertahan Copa Sudamericano U-20, sedangkan Venezuela adalah runner up Piala Dunia U-20 edisi 2 tahun lalu di Korea Selatan, di final kalah 0 - 1 dari Inggris di Suwon.

Argentina dan Brasil merupakan dua tim dengan pengoleksi gelar juara Piala Dunia U-20 terbanyak sejak turnamen milik Federation Internationale de Football Association (FIFA) itu digelar pertama kali pada 1977 di Tunisia.

Tango muda—yang turnamen ini kemudian melahirkan pemain legendaris Diego Maradona—telah menjuarai Piala Dunia U-20 sebanyak enam kali, sedangkan Brasil lima kali.

Negara-negara lainnya yang pernah menjuarainya ialah Portugal dan Serbia masing-masing dua kali, sedangkan enam negara lainnya masing-masing satu kali menjadi juara yakni Uni Soviet, Jerman Barat, Ghana, Spanyol, Prancis, dan Inggris.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
piala dunia u-20, timnas argentina, timnas uruguay

Sumber : Conmebol.com & Soccerway

Editor : M. Syahran W. Lubis

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top