Lolos ke 8 Besar Piala Asia U-19, Indonesia Bangsa Luar Biasa!!

Akhirnya Indonesia lolos ke babak perempat final Piala Asia U-16 setelah mampu menundukkan Uni Emirat Arab (UEA) dengan skor tipis  1 – 0 dalam matchday terakhir fase Grup A di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) Senayan, Jakarta, pada Rabu (24/10/2018) malam.
M. Syahran W. Lubis | 24 Oktober 2018 21:28 WIB
Penyerang Timnas Indonesia U-19 Witan Sulaeman setelah menjebol gawang Uni Emirat Arab. - Antara/Sigid Kurniawan

Bisnis.com, JAKARTA – Akhirnya Indonesia lolos ke babak perempat final Piala Asia U-19 setelah mampu menundukkan Uni Emirat Arab (UEA) dengan skor tipis  1 – 0 dalam matchday terakhir fase Grup A di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) Senayan, Jakarta, pada Rabu (24/10/2018) malam.

Sebagaimana disiarkan secara langsung oleh RCTI sehingga dapat disaksikan oleh masyarakat di segenap penjuru Tanah Air, satu-satunya gol Garuda Muda dicetak Witan Sulaeman pada menit ke-23 setelah berhasil merebut bola dari pemain belakang UEA dan menusuk sudut kiri bawah gawang lawan dari sudut sempit.

Pada babak pertama ada tiga peluang emas lepas, tapi pada babak kedua, terutama setelah kapten Nurhidayat Haji Haris mesti keluar lapangan akibat terkena kartu kuning kedua, UEA menyerbu habis-habisan pertahanan Indonesia.

Segenap pemain Indonesia bertahan dengan sangat hebat sambil sesekali melakukan serangan balik yang sempat membahayakan pertahanan lawan. Skor 1 – 0 terpelihara hingga akhir pertandingan.

Segenap skuat Garuda Muda memperlihatkan jiwa pejuang yang membuktikan bahwa bangsa Indonesia memang luar biasa

Dalam perhelatan ini sangat terlihat seluruh anak-anak Garuda Muda memiliki jiwa pejuang yang membuktikan bahwa bangsa Indonesia memang luar biasa. Mental juang mereka sungguh luar biasa.

Semua anggota Garuda Muda seperti dibekali spirit tak kenal lelah, merebut setiap kemungkinan untuk menguasai bola, menghadang setiap lawan yang mencoba mengganggu gawang Indonesia, dan jelas mereka sangat pantas menikmati kemenangan atas tim sekuat UEA, salah satu tim papan atas Timur Tengah.

Perjuangan luar biasa juga mereka perlihatkan 3 hari sebelumnya ketika mengejar ketinggalan dari skor 1 – 6 menjadi angka akhir 5 – 6 melawan Qatar pada matchday kedua sehingga meski kalah, lima gol itu berperan penting agar cukup menang selisih satu gol atas UEA untuk lolos ke 8 besar dan itulah yang akhirnya terjadi!

Dengan hasil ini, Indonesia menjadi runner up di bawah Qatar yang dalam pertandingan terakhir yang digelar bersamaan dengan Indonesia vs UEA, menang 4 - 0 atas Chinese Taipei (Taiwan) di Stadion Pakansari, Cibinong, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

Qatar, Indonesia, dan UEA sama-sama mendulang nilai 6, tetapi Qatar memiliki selisih gol atau produktivitas mencetak gol head to head terbaik di antara ketiganya yakni 7 – 7, diikuti Indonesia 6 – 6, dan UEA terakhir dengan selisih gol 2 – 2.

Di 8 besar, Indonesia akan bertemu dengan Jepang sebagai juara Grup B pada Minggu (28/10/2018) mulai pk. 19.30 WIB yang digelar juga di SUGBK. Pada sore harinya Qatar akan bertanding melawan runner up Grup B yang kemungkinan besar diisi Korea Utara. Pemenang dua laga itu lolos ke semifinal dan juga mewakili Asia ke putaran final Piala Dunia U-20 tahun depan.

Untuk perhelatan tersebut, yang akan digelar di Polandia. Asia memang mempunyai jatah empat tiket sehingga seluruh semifinalis akan melaju ke hajatan itu, yang pada tahun lalu dijuarai Inggris setelah menaklukkan Venezuela di final.

Anak-anak Garuda Muda harus tetap yakin bahwa dengan izin Allah, Tuhan Yang Mahakuasa, apa pun bisa terjadi, termasuk mengalahkan Jepang! Semoga!!

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
piala asia u-19, timnas u-19

Editor : M. Syahran W. Lubis

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top