Jadwal Piala Asia U-19, Jalan Terjal Garuda Muda ke Polandia

Timnas Indonesia U-19 segera berjuang di putaran final Piala Asia U-19 yang akan digelar di Jakarta dan Jawa Barat.
M. Syahran W. Lubis | 14 Oktober 2018 19:36 WIB
Timnas Indonesia U-19 - Antara/Sigid Kurniawan

Bisnis.com, JAKARTA – Timnas Indonesia U-19 segera berjuang di putaran final Piala Asia U-19 yang akan digelar di Jakarta dan Jawa Barat.

Bidikan anak asuh Indra Sjafri minimal semifinal. Tim yang lolos hingga empat besar akan mewakili Asia ke putaran final Piala Dunia U-20 di Polandia pada 23 Mei hingga 15 Juni tahun depan.

Harapan untuk setidaknya finis di empat besar layak diapungkan meskipun secara realistis harus diakui bahwa untuk mencapainya tidaklah mudah.

Alasan bahwa langkah menuju empat besar tidak mudah berdasarkan dua hal. Pertama, hasil kualifikasi Piala Asia U-19 serta kedua, hasil rangkaian pertandingan uji coba jauh dari mengesankan.

Timnas U-19 Indonesia lolos ke putaran final Piala Asia U-19 semata-mata karena berstatus sebagai tuan rumah.

Pada babak kualifikasi yang digelar di Paju, Korea Selatan, Indonesia hanya berada di posisi ketiga Grup F di bawah tuan rumah Korsel dan Malaysia.

Sementara itu, dari empat laga uji coba menjelang putaran final Piala Asia U-19, Garuda Muda asuhan Indra Sjafri hanya menang satu kali, 3 – 2 versus Jordania, satu seri 2 – 2 versus Thailand, serta dua kali kalah 0 – 3 dari China dan 1 – 2 dari Arab Saudi.

Berada satu grup bersama Uni Emirat Arab, Qatar, dan Chinese Taipei jelas tidak mudah untuk finis di dua teratas demi melaju ke babak perempat final.

Di atas kertas, Nurhidayat Haji Haris dan kawan-kawan mesti menang atas Chinese Taipei dan salah satu dari Uni Emirat Arab atau Qatar. Lebih minimal lagi, menang atas Chinese Taipei dan bisa menahan imbang dua tim lainnya yang merupakan kekuatan Timur Tengah.

Memang ini jalan sulit dan terjal untuk mencapai Polandia. Namun, sikap optimistis tetap harus menjadi bekal untuk maju. Jalan seterjal apa pun selalu ada cara untuk didaki dan dilewati untuk setidaknya finis di posisi empat besar. Semoga!!

Tag : timnas u-19, Piala Asia U-16
Editor : M. Syahran W. Lubis

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top