Piala AFF U-19 Indonesia vs Thailand, Garuda Muda Bidik Juara Grup

Timnas Indonesia U-19 tetap membidik posisi juara Grup A Piala AFF (Asean Football Federation) 2018 meskipun telah pasti lolos ke semifinal dengan menyisakan satu pertandingan melawan juara bertahan Thailand.
M. Syahran W. Lubis | 08 Juli 2018 13:21 WIB
Manajer Timnas U-19 Daconi Khottob. - JIBI/Jaffry Prabu Prakoso

Bisnis.com, JAKARTA – Timnas Indonesia U-19 tetap membidik posisi juara Grup A Piala AFF (Asean Football Federation) 2018 meskipun telah pasti lolos ke semifinal dengan menyisakan satu pertandingan melawan juara bertahan Thailand.

Manajer Timnas U-19 Daconi Khottob menjelaskan skuat berjuluk Garuda Muda tak akan terlena dengan posisi yang telah lolos ke semifinal, setidaknya sebagai runner up Grup A, sehingga akan tetap bersungguh-sungguh ketika meladeni Thailand pada Senin (9/7/2018) malam.

“Kita mengincar posisi sebagai juara Grup A. Hitungannya, akan bertemu runner up Grup B Myanmar,” ungkap pria asal Lampung itu kepada Bisnis di Jakarta pada Minggu (8/7/2018).

Meskipun tetap serius ketika jumpa Thailand, Daconi menyatakan ada kemungkinan pelatih Indra Sjafri akan menyimpan Saddil Ramdani, salah satu penyerang andalan yang telah memasok tiga gol sejauh ini di perhelatan yang digelar di Gresik dan Sidoarjo, Jawa Timur.

Peran Saddil, kata Daconi, sangat diperlukan ketika Nurhidayat Haji Haris dan kawan-kawan bertempur di semifinal, sedangkan saat ini kebugarannya agak terusik sehingga perlu sedikit pemulihan agar bisa tampil maksimal di fase empat besar.

Timnas Indonesia U-19 memastikan lolos ke semifinal setelah menyapu bersih empat pertandingan di Grup A dan masih menyisakan satu laga kontra Thailand. Indonesia memulai turnamen dengan hanya menang 1-0 atas Laos, tetapi kemudian menang telak 4-0 atas Singapura dan 4-1 atas Filipina, serta terakhir mengatasi tim kuat Vietnam 1-0.

Dengan hasil positif di empat pertandingan itu, Indonesia telah mendulang nilai 12. Kalau pun menelan kekalahan dari Thailand, Indonesia tetap lolos ke semifinal sebagai runner up Grup B.

Jika tampil sebagai juara Grup A, kemungkinan besar di semifinal bertemu Myanmar yang saat ini menempati posisi runner up Grup B. Jika menang, maka akan bertemu dengan pemenang semifinal lainnya yang kemungkinan besar antara Malaysia dan Thailand, jika Indonesia setidaknya seri versus Thailand di laga terakhir Grup A.

Tag : piala aff u-19, timnas u-19
Editor : M. Syahran W. Lubis

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top