Prediksi Argentina Vs Kroasia, Komentar Pelatih, Preview, Jalannya Laga

Prediksi Argentina Vs Kroasia, Komentar Pelatih, Preview, Jalannya Laga
Newswire | 21 Juni 2018 21:59 WIB
Timnas Kroasia - Reuters

Bisnis.com, JAKARTA - "Messi, kami siap", "Hentikan Messi", "Ayo Kroasia", demikian kepala berita yang termuat dalam sejumlah surat kabar di Kroasia jelang laga melawan Argentina dalam Piala Dunia 2018.

Argentina siap meladeni tantangan Kroasia dalam laga Grup D, Piala Dunia 2018 yang diadakan di Nizhny Novgorod Stadium, Nizhny Novgorod, pada Kamis malam waktu setempat, atau Jumat dini hari, pukul 01.00 WIB. Pertandingan itu ditayangkan secara langsung oleh Trans TV.

Kroasia melangkah lebih rileks setelah menang 2-0 dari Nigeria, sementara Argentina perlu lebih bekerja keras setelah ditahan imbang 1-1 oleh Islandia.

Argentina di bawah asuhan pelatih Jorge Sampaoli menghadapi situasi serba sulit, karena dituntur meraih kemenangan melawan Vatreni, julukan bagi Kroasia, sebagaimana dikutip dari laman FIFA.

La Albiceleste, julukan bagi Argentina menjalani ziarah yang tidak ringan dalam Piala Dunia 2018 di Moskow. Lionel Messi dan kawan-kawan berada dalam tekanan, harus menang melawan Kroasia.

Pemain Argentina, Paulo Dybala bicara mengenai Kroasia. "Secara tim, mereka punya kemampuan teknik yang mumpuni, meski kerapkali membuka ruang pertahanan. Mereka juga mampu bermain ofensif."

Sementara, pelatih Kroasia, Zlatko Dalic menyatakan, "Pertandingan melawan Argentina tidaklah mudah bagi kami di Piala Dunia, meski kami telah memperoleh tiga poin, dan kami bermain melawan tim besar, Untuk itu kami bermain tanpa beban juga. Saya akan berkata kepada para pemain agar mereka tampil lebih rileks dan lebih fokus."

Mengenai Lionel Messi, ternyata Ivan Rakitic mempunyai pendapat menarik. "Tidak ada yang tidak mengenai Messi. Hanya saja, sulit memberi informasi rahasia mengenai dia kepada pealtih. Ia pemain terbaik di dunia, dan hampir tidak mungkin menghalau dia."

Pendapat itu terlontar lantaran Rakitic dan Messi sama-sama membela Barcelona.

Lebih lanjut Dalic mengemukakan, "Kami akan melakukan perubahan susunan pemain. Kami siap bermain dengan gaya kami sendiri."

Pada bagian lain, bek Argentina Gabriel Mercado menyatakan, "Pertandingan ini sungguh penting. Kami perlu menang agar dapat melangkah lebih lanjut."

"Kami tahu bahwa Kroasia punya dua pemain handal di lini tengah (Luka Modric dan Ivan Rakitic). Mereka piawai dalam mengontrol bola. Mereka berperan dalam setiap insiatif serangan. Kroasia dihuni sejumlah pemain sangat baik," katanya.
 
Anatomi Argentina vs Kroasia:

Head-to-head:

* Empat pertemuan kedua tim menghasilkan dua kemenangan bagi Argentina, satu kemenangan diraih Kroasia, dan sekali imbang.
* Pertemuan kedua tim di babak penyisihan grup Piala Dunia terjadi di Piala Dunia 1998. Kedua tim sama-sama lolos ke babak 16 besar, hanya saja Argentina menang 1-0, gol dilesakkan Mauricio Pineda.
 
Argentina:
* Argentina hanya sekali kalah dalam babak 16 besar, dengan takluk 0-1 dari Inggris pada 2002 (12 kali menang dan tiga kali imbang).
* Sergio Aguero baru mencetak gol dalam empat penampilan terakhir saat membela Argentina.
* Lionel Messi gagal mencetak gol dalam 21 tembakan dalam laga Piala Dunia.
* Dalam dua tahun terakhir, Messi mencetak 14 gol dalam 17 pertandingan bagi Argentina, mencakup enam gol dalam empat pertandingan terakhir (hat-tricks melawan Ekuador dan Haiti).

Kroasia:
* Kemenangan akan mengulang sukses mereka di Piala Dunia pada kali pertama 1998.
* Kroasia tidak pernah kalah dalam pertandingan penyisihan grup Piala Dunia (tiga kali menang, sekali imbang), kebobolan hanya sekali dalam empat pertandingan, menang 2-1 melawan Italia pada 2002.
* Kroasia menderita empat kali kekalahan dalam ajang Piala Dunia saat melawan tim-tim asal Amerika Selatan (tiga kali kalah melawan Brasil, satu kali melawan Argentina).
* Vedran Corluka yang absen melawan Nigeria, akan mencapai 100 caps.

Data dan fakta:

Argentina:

* Jorge Sampaoli bukan tidak mungkin mengubah komposisi pemain ketika melawan Kroasia. Ia akan meninjau kembali untuk tidak lagi menggunakan tiga pemain bertahan.
* Angel Di Maria, Maximiliano Meza, Lucas Biglia dan Marcos Rojo dikabarkan tidak akan diturunkan, sementara Marcos Acuna, Enzo Perez, Cristian Pavon dan Gabriel Mercado siap turun bertanding.

Kroasia:
* Marcelo Brozovic segera tampil bersama Andrej Kramaric. Ia turun ketika Kroasia menang 2-0 atas Nigeria.

Prakiraan susunan pemain:

* Argentina (3-4-1-2):

Caballero (penjaga gawang); Mercado, Otamendi, Tagliafico; Salvio, Mascherano, Meza, Acuna; Messi, Aguero, Pavon.

* Kroasia (4-2-3-1):
Subasic (penjaga gawang); Vrsaljko, Lovren, Vida, Strinic; Rakitic, Badelj; Brozovic, Modric, Perisic; Mandzukic.

Prediksi Man of the Match (Whoscored):
1.Lionel Messi (48,15 persen)
2.Luka Modric (18,52 persen)
3.Mario Mandzukic (11,11 persen)
4.Ivan Rakitic (7,41 persen)
5.Ivan Perisic (7,41 persen)

Prediksi jalannya laga:
* Sampaoli menghadapi "hari penghakiman". Ia siap mengubah taktik dan mendesain ulang komposisi pemain. Tujuannya, Argentina dapat menyerang dengan memanfaatkan pemain sayap.
* Argentina perlu lebih mempercepat alur serangan, dengan tidak mengabaikan pertahanan.
* Argentina punya masalah dalam penyelesaian akhir.
* Pelatih Kroasia Dalic siap mengubah susunan pemain, dengan menurunkan empat gelandang sebagaimana dilakukan ketika melawan Nigeria.
* Dalic cenderung memilih skema permainan dengan mengedepankan penguasaan bola, tanpa mengabaikan strategi bertahan yang solid.

Sumber : Antara

Tag : piala dunia 2018, timnas argentina, Timnas Kroasia
Editor : Andhika Anggoro Wening

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top