Lucien Favre Pelatih Baru Borussia Dortmund

Pelatih asal Swiss Lucien Favre mengambil kursi pelatih kepala kontestan Bundesliga Jerman Borussia Dortmund dengan kontrak berdurasi 2 tahun.
M. Syahran W. Lubis | 24 Mei 2018 16:31 WIB
Lucien Favre, pelatih baru Borussia Dortmund. - Reuters/Ina Fassbender

Bisnis.com, JAKARTA – Pelatih asal Swiss Lucien Favre mengambil kursi pelatih kepala kontestan Bundesliga Jerman Borussia Dortmund dengan kontrak berdurasi 2 tahun.

Favre menggantikan Peter Stoger, eks-pemain tengah Austria, yang kerja samanya tidak diperpanjang di ujung musim 2017-2018 setelah hanya mampu membawa Dortmund mengakhiri Bundesliga di setrip keempat klasemen akhir.

Dia mesti pergi sebagai konsekwensi ketidak-stabilan penampilan Borussia Dortmund sepanjang musim setelah menggantikan Peter Bosz, mantan gelanbdang Timnas Belanda, pada 10 Desember tahun lalu.

Favre, yang berusia 60 tahun, meninggalkan klub Ligue 1 Prancis OGC Nice 4 hari yang lalu dan dia dinilai cukup berpengalaman menangani tim Bundesliga.

Dia sebelumnya memang dapat disebut lumayan sukses ketika menangani Hertha Berlin dan Borussia Moenchengladbach.

Favre, kelahiran Saint-Barthelemy, Swiss, pada 2 November 1957, merupakan gelandang ketika masih aktif bermain. Dia memperkuat sejumlah klub negaranya yaitu Lausanne, Neuchatel Xamax, dan Servette, serta klub Prancis Toulouse.

Dia juga andalan lapangan tengah Timnas Swiss pada rentang waktu 1981 hingga 1989. Dia memiliki 24 caps dengan mengontribusi satu gol yang dicetaknya ketika di laga debut di bawah arahan pelatih Paul Wolfisberg saat Swiss mengalahkan 2-1 Belanda pada 1 September 1981 dalam uji coba di Zurich.

Sebagai pelatih, dia memulai karier bersama Echallens, diteruskan ke klub-klub Swiss lainnya Yverdon-Sport, Servette, Zurich sebelum ke Hertha Berlin pada 2007 dan Gladbach pada 2011. Dia menangani Nice mulai 2016.

Sumber : Reuters

Tag : dortmund, bundesliga
Editor : M. Syahran W. Lubis

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top