Chelsea Libas Soton, ke Final FA Cup vs MU

Chelsea mengatasi Southampton dengan skor 2-0 untuk melaju ke final Piala FA melawan MU.
M. Syahran W. Lubis | 23 April 2018 00:07 WIB
Penyerang Chelsea Alvaro Morata (kiri) merayakan golnya ke gawang Southampton dalam semifinal Piala FA bersama Cesar Azpilicueta. - Reuters/John Sibley

Bisnis.com, JAKARTA – Gebrakan cepat yang brilian dari Olivier Giroud dan tandukan pemain pengganti Alvaro Morata membawa Chelsea menang 2-0 atas Southampton dalam semifinal Piala FA (Football Association) di Stadion Wembley di London pada Minggu malam WIB (22/4/2018).

Dengan kemenangan tersebut, tim berjuluk The Blues asuhan Antonio Conte akan berhadapan dengan Manchester United dalam pertandingan final yang juga akan digelar di Stadion Wembley pada 19 Mei mendatang.

Bagi Chelsea, melaju ke laga puncak Piala FA merupakan peluang untuk mengangkat trofi sekaligus hiburan setelah gagal mempertahankan gelar juara Liga Primer Inggris yang sepekan lalu dipastikan menjadi milik Manchester City.

Sementara itu, bagi Soton, kekalahan ini makin melengkapi kesulitan dan kesedihan yang tengah mereka hadapi lantaran menghadapi jurang degradasi dari Liga Primer ke Championship alias divisi 2.

Tim asuhan Mark Hughes itu tengah berkubang di zona merah degradasi dalam susunan klasemen sementara Liga Primer Inggris, tepatnya di peringkat ke-18 dengan nilai 29 atau terpaut 4 angka dari zona aman dengan tinggal menyisakan empat pertandingan.

Dalam pertandingan semifinal FA Cup kali ini, Giroud menggunakan kekuatan fisiknya dan menggiring bola melewati tiga pemain bertahan Soton dan menaklukkan kiper Alex McCarhty pada awal babak kedua untuk kemudian memasukkan bola dengan memanfaatkan operan Eden Hazard.

Morata, yang masuk untuk menggantikan Giroud, memperbesar keunggulan timnya pada menit ke-82, dengan menyambar umpan silang Cesar Azplicueta untuk masuk ke dalam gawang.

Southampton yang terancam degradasi tidak mampu berbuat banyak pada sebagian besar jalannya pertandingan, tetapi hampir menyamakan kedudukan pada menit ke-72 ketika kiper Chelsea Willy Caballero menggagalkan tembakan Nathan Redmond.

Mereka juga mencetak gol yang tidak disahkan ketika Charlie Austin dinyatakan melakukan pelanggaran terhadap kiper.

Dalam pertandingan semifinal sehari sebelumnya, Manchester United memastikan lolos ke partai final berkat kemenangan dengan skor 2-1 atas Tottenham Hotspur juga di Stadion Wembley.

Pertandingan final bulan depan itu akan menjadi sangat menarik karena mempertemukan MU yang kini dilatih Jose Mourinho dengan Chelsea yang juga pernah dilatihnya dalam dua periode, 2004-2007 dan 2013-2015, dan kini ditukangi Conte.

Eden Hazard, penyerang Chelsea yang pernah di bawah arahan kedua pelatih tersebut, mengemukakan bahwa timnya telah memberikan segalanya. “Kami memainkan sepak bola sangat baik terutama pada babak kedua dan mengontrol pertandingan.”

“Sekarang kami melaju ke final dan untuk kejuaraan (Liga Primer) lagi dan kemudian kami dapat memikirkan mengenai final melawan Manchester United,” lanjut ujung tombak asal Belgia tersebut.

Sumber : Reuters & Antara

Tag : fa cup
Editor : M. Syahran W. Lubis

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top