Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Hasil FA Cup: Laga Kontroversial, Chelsea Lolos ke Babak Ke-4

Chelsea harus bersusah payah di kandang sendiri menang adu penalti atas Norwich City untuk melaju ke putaran keempat FA Cup.
Pelatih Chelsea Antonio Conte berargumentasi dengan wasit Graham Scott./Reuters-David Klein
Pelatih Chelsea Antonio Conte berargumentasi dengan wasit Graham Scott./Reuters-David Klein

Bisnis.com, JAKARTA - Chelsea harus bersusah payah di kandang sendiri menang adu penalti atas Norwich City, klub yang bertarung di Championship, kompetisi kelas dua dalam sistem sepak bola Inggris, untuk melaju ke putaran keempat FA Cup.

Dalam pertandingan ulangan (replay) putaran ketiga di Stadion Stamford Bridge di London pada Kamis pagi WIB (18/1/2018), Chelsea mengalahkan Norwich City lewat adu tendangan penalti dunia sepak bola Inggris untuk pertama kali menciptakan kontroversi akibat penerapan video untuk menentukan jalannya pertandingan.

Penjaga gawang The Blues Willy Caballero mementahkan tendangan penalti pertama The Canaries yang dilepaskan Nelson Oliveira yang adalah satu-satunya tendangan penalti yang gagal merobek gawang dalam drama adu penalti ini.

Michy Batshuayi membuat Chelsea unggul lebih dulu pada menit 55 setelah menyambut umpan silang Kenedy dari jarak dekat. Tetapi Jamal Lewis menanduk umpan Timm Klose menjadi gol balasan pada masa injury untuk memaksakan babak perpanjangan waktu 30 menit.

Momen terbesar yang kontroversial terjadi manakala Willian dijatuhkan di area penalti oleh Klose. Ironisnya pemain Chelsea itu malah diganjar kartu kuning karena dianggap diving.

Ofisial video Mike Jones tak menganggap ada kesalahan jelas pada keputusan Graham Scott itu sehingga mereka berdua tidak me-review situasi itu secara lengkap.

Berkebalikan dengan mereka semua pengamat atau komentator BBC menganggap insiden itu sebagai penalti, bahkan pengamat yang juga mantan legenda sepak bola Alan Shearer menyebut insiden itu aneh.

The Blues kemudian harus bermain dengan sembilan pemain karena Pedro dan Alvaro Morata masing-masing mendapatkan kartu kuning kedua sehingga keduanya tak bisa tampil pada babak perpanjangan waktu.

Kedua pemain mendapat kartu kuning pertama karena sama-sama dituduh diving oleh wasit. Kartu kuning kedua kepada Morata diberikan hanya beberapa saat setelah kartu kuning pertama karena pemain ini menyampaikan reaksi atas kartu kuning pertamanya.

Replay putaran ketiga dijalankan karena perebutan FA Cup memang tidak menerapkan perpanjangan waktu dan adu penalti untuk menentukan pemenang jika pertemuan pertama seri.

Jika laga pertama seri, maka digelarlah laga kedua. Jika selama 90 menit seri lagi, dilakukan perpanjangan waktu 30 menit. Kalau masih pula seri, dilakukan adu penalti untuk menetapkan pemenang.

Hasil replay FA Cup putaran ketiga pada Kamis pagi WIB: Swansea City 2 vs Wolverhampton Wanderers 1; Chelsea 1 vs Norwich City 1 (Chelsea menang adu penalti 5-3); Wigan Athletic 3 vs AFC Bournemouth 0.

Hasil Rabu pagi WIB: Leicester City 2 vs Fleetwood Town 0; Mansfield Town 1 vs Cardiff City 4; West Ham United 1 vs Shrewsbury Town 0 (perpanjangan waktu); Sheffield Wednesday 2 vs Carlisle United 0; Reading 3 vs Stevenage 0.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Sumber : Reuters & Antara/BBC

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper