Hasil Piala Dunia Antar-Klub: Gremio ke Final, Hadapi Real Madrid?

Gremio melaju ke final Piala Dunia Antar-Klub 2017 setelah menaklukkan Pachuca dengan skor tipis 1-0 di semifinal.
M. Syahran W. Lubis | 13 Desember 2017 07:34 WIB
Para pemain Gremio merayakan gol kemenangan ke gawang Pachuca. - Reuters/Matthew Childs

Bisnis.com, JAKARTA - Gremio, klub Brasil juara Copa Libertadores, turnamen antarklub Amerika Selatan, melaju ke final Piala Dunia Antar-Klub 2017 setelah menaklukkan Pachuca dengan skor tipis 1-0 di semifinal melalui perpanjangan waktu pada Rabu dini hari WIB (13/12/2017).

Dalam pertandingan di Al Ain, Uni Emirat Arab, Pachuca, klub Meksiko yang merupakan juara turnamen antarklub Konfederasi Sepak Bola Amerika Utara, Tengah, dan Karibia (Concacaf), mampu mengimbangi Gremio dalam pertandingan waktu reguler 90 menit tanpa gol.

Gol kemenangan Gremio baru dihasilkan ketika babak perpanjangan waktu berjalan 5 menit melalui Everton Sousa dengan memaksimalkan assist Bruno Cortez. Everton adalah pemain pengganti. Dia masuk lapangan pada menit ke-72 menggantikan Michel dos Santos.

Pachuca semakin kesulitan untuk menghasilkan gol balasan lantaran 5 menit setelah gol Gremio, gelandang Victor Guzman menerima kartu kuning kedua dari wasit Felix Brych (Jerman).

Kemenangan tipis lewat perpanjangan waktu bagi skuat asuhan pelatih Renato Gaucho, mantan penyerang Timnas Brasil era 1980-an dan 1990-an, ini bisa disebut cukup optimal, karena sebenarnya sepanjang pertandingan mereka lebih banyak dalam tekanan Pachuca.

Data statistik menunjukkan Pachuca, yang ditukangi Diego Alonso, mantan striker Timnas Uruguay pada akhir 1990-an hingga awal 2000-an, mendominasi jalannya pertandingan dengan penguasaan bola hingga 61 persen.

Courtesy: FIFA TV, klik Watch on Youtube

Hasil ini membawa Gremio lolos ke final Piala Dunia Antar-Klub 2017 melawan pemenang semifinal lainnya antara Real Madrid sebagai juara Liga Champions Eropa dan Al Jazira yang ikut turnamen ini sebagai tuan rumah.

Real Madrid, seperti juga Gremio, sebagai tim unggulan langsung ditempatkan di semifinal. Adapun Al Jazira, untuk meraih semifinal, sebelumnya menundukkan Auckland City, juara Liga Champions Oseania, dan Urawa Reds, juara Liga Champions Asia, masing-masing dengan skor tipis 1-0.

Semifinal Real Madrid versus Al Jazira dijadwalkan berlangsung pada Kamis dini hari WIB (14/12/2017). Sedangkan pertandingan final digelar pada Minggu dini hari WIB (17/12/2017).

Sumber : Reuters

Tag : real madrid, Piala Dunia Antar Klub, Gremio
Editor : M. Syahran W. Lubis

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top