FORBES: Cristiano Ronaldo Atlet Bayaran Tertinggi Di Dunia

Selama bertahun-tahun FORBES menjadi pencetak gol terbanyak dalam bisnis olahraga, melacak segala hal mulai dari tim paling berharga hingga pemain dengan penghasilan tertinggi, dari agen tertinggi sampai sponsor terbesar.
Martin Sihombing | 07 Desember 2017 18:42 WIB
Cristiano Ronaldo saat meneria penghargaan Ballon d'Or 2014 - ESPN

Bisnis.com, JAKARTA - Selama bertahun-tahun FORBES menjadi pencetak gol terbanyak dalam bisnis olahraga, melacak segala hal mulai dari tim paling berharga hingga pemain dengan penghasilan tertinggi, dari agen tertinggi sampai sponsor terbesar.

Tapi mengukur keberhasilan moneter tidak menceritakan keseluruhan cerita.

The Dallas Cowboys, misalnya, adalah tim olahraga pro paling berharga di dunia, sekarang bernilai US$4,2 miliar dengan pendapatan US$700 juta yang mengejutkan pada musim lalu.

Cristiano Ronaldo adalah atlet dengan bayaran tertinggi di dunia, membawa pulang US$88 juta. Nike adalah merek olahraga papan atas dunia, senilai US$28 miliar dan menghasilkan pendapatan tahunan sebesar US$30 miliar. Dan Creative Artists Agency mengalahkan semua agen olahraga, dengan komisi maksimum 290 juta poundsterling.

Tapi apa, tepatnya, yang membuat Cowboys, Ronaldo, Nike atau CAA begitu sukses? Apa yang mendorong angka mengesankan di neraca mereka? Ini adalah hubungan bisnis yang mereka miliki di seluruh ekosistem olahraga.

Cowboys sangat sukses terutama karena mereka melatih atlet superstar seperti Dez Bryant dan telah berurusan dengan beberapa merek paling berharga di dunia di Pepsi, Ford, AT & T dan Bank of America.

Ronaldo menghasilkan banyak karena dia memiliki kontrak besar dengan Real Madrid - senilai US$56 juta tahun lalu - dan sekelompok perusahaan bersedia membayar lebih dari US$30 juta per tahun untuk dikaitkan dengannya.

Cristiano Ronaldo adalah atlet dengan bayaran tertinggi di dunia, Real Madrid adalah salah satu tim paling berharga di dunia dan hubungan mereka sebagian besar bertanggung jawab atas keduanya di antara tokoh olahraga dunia yang paling berpengaruh.

Nike mampu menjual sepatu seharga US$20 miliar setiap tahunnya karena secara langsung dikaitkan dengan beberapa nama terbesar dalam olahraga - Barcelona, LeBron James dan NFL, untuk menyebutkan beberapa saja.

Dan CAA telah membangun kesuksesannya pada daftar atlet atletik paling bertenaga di dunia olah raga, membuat barisan Eli Manning, Drew Brees, Carmelo Anthony, Chris Paul, Julio Jones dan masih banyak lagi.

Hubungan semacam itu adalah fondasi utama dunia bisnis olahraga. Dan meskipun kami telah merinci hasil akhir - tim mana yang paling berharga, pemain mana yang dibayar paling tinggi - sampai sekarang tidak ada yang pernah melakukan studi komprehensif tentang bagaimana semua koneksi tersebut cocok untuk menciptakan kekayaan.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
cristiano ronaldo

Sumber : Forbes

Editor : Martin Sihombing

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top