Tunisia & Maroko Lolos ke Piala Dunia 2018

Tunisia dan Maroko menjadi tim terakhir dari kualifikasi zona Afrika yang lolos ke putaran final Piala Dunia tahun depan di Rusia.
M. Syahran W. Lubis
M. Syahran W. Lubis - Bisnis.com 12 November 2017  |  09:10 WIB
Tunisia & Maroko Lolos ke Piala Dunia 2018
Para pemain Tunisia merayakan kelolosan mereka ke putaran final Piala Dunia 2018 setelah seri 0-0 versus Libia. - Reuters/Zoubeir Souissi

Bisnis.com, JAKARTA - Tunisia dan Maroko menjadi tim terakhir dari kualifikasi zona Afrika yang lolos ke putaran final Piala Dunia tahun depan di Rusia setelah menuntaskan matchday terakhir fase grup pada Minggu dini hari WIB (12/11/2017).

Sebanyak 20 tim terlibat dalam fase akhir Pra-Piala Dunia 2018 zona Afrika, yang dibagi menjadi lima grup masing-masing berisi empat tim, dan setiap juara grup langsung lolos ke putaran final di Rusia tahun depan.

Tiga tim yang sebelumnya telah memastikan lolos ke putaran final dari kualifikasi zona Afrika adalah Mesir, Nigeria, dan Senegal.

Dalam pertandingan Grup C di Stadion Felix Houphouet-Boigny di Abidjan, tuan rumah Pantai Gading menyerah 0-2 dari Maroko akibat gagal membalas dua gol tamu yang dilesakkan Nabil Dirar (25’) dan Mehdi Benatia (30’).

Hasil ini mengecewakan segenap skuat dan pendukung Pantai Gading, karena sebenarnya jika menang, merekalah yang lolos ke putaran final Piala Dunia 2018. Padahal dalam pertemuan pertama di Maroko, Pantai Gading justru sanggup menahan imbang tanpa gol.

Dengan kekalahan itu, Pantai Gading tertahan di posisi kedua klasemen akhir dengan nilai 8, sedangkan Maroko sukses mendulang 12 angka dan tampil sebagai juara Grup C.

Sementara itu, di Grup A Tunisia cukup menahan imbang tanpa gol tamunya Libia dalam laga di Rades. Tambahan satu angka cukup untuk memastikan Tunisia sebagai juara Grup A dengan nilai 14, tak lagi terkejar oleh Republik Demokratik Kongo (dahulu Zambia) yang pada saat bersamaan menang 3-1 atas tamunya di Kinshasa sehingga mengoleksi nilai 13.

Sebenarnya, jika Tunisia kalah dari Libia di kandang sendiri, RD Kongo akan lolos ke Rusia secara dramatis, karena kemenangan atas Guinea ditentukan oleh dua gol yang dilesakkan pada injury time babak kedua lewat Jonathan Bolingi dari titik penalti dan Neeskens Kebano.

Sebelumnya skor 1-1 setelah pemain Guinea Ousmane Sidibe membuat gol bunuh diri untuk keunggulan RD Kongo pada menit ke-61 dan Keita Junior mencetak gol balasan Guinea pada menit 76. Guinea dan Libia telah tersingkir sebelum laga dimulai.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
pra piala dunia 2018, Timnas Tunisia, Timnas Maroko

Sumber : Reuters

Editor : M. Syahran W. Lubis

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top