LIGA EUROPA UEFA: Anderlecht vs MANCHESTER UNITED, Head to Head, Preview, Prediksi dan Skor

Si Setan Merah, Manchester United Kamis (13/4/2017), akan mengadu nasib di perempat final Liga Eropa UEFA di Stadion Constant Vanden Stock, Brussels. Lawannya, Anderlecht. Perjalanan dari Manchester ke Brussels adalah sekitar 550km.
Martin Sihombing | 13 April 2017 16:49 WIB
Manajer tim Manchester United Jose Mourinho merayakan gol Antonio Valencia saat timnya menang 3-1 dari Middlesbrough. Minggu (19/3/2017) - Reuters

Bisnis.com, JAKARTA - Si Setan Merah, Manchester United Kamis (13/4/2017), akan mengadu nasib di perempat final Liga Eropa UEFA di Stadion Constant Vanden Stock, Brussels. Lawannya, Anderlecht. Perjalanan dari Manchester ke Brussels adalah sekitar 550km.

Kenangan hitam 26 September 1956, mungkin sudah berlalu di kubu Anderlecht. Anderlecht menderita kekalahan terburuk mereka di Eropa dalam pertemuan sebelumnya dengan Manchester United. Kalah 10-0. Ini adalah perempat final pertama mereka selama 20 tahun, mungkin, tuan rumah bakal kesulitan untuk melangkah jauh dengan melewati Zlatan Ibrahimovi cs.

Dalam pertemuan sebelumnya, kedua klub bertemu untuk ketujuh kalinya, Anderlecht memenangkan dua dari enam pertandingan sebelumnya, sekali kalah dan tiga kali kalah di kandang Manchester.

Pada laga pertama mereka di Piala Eropa adalah skor 10-0 untuk United di bekas rumah Manchester City, Maine Road, pada 26 September 1956 - hingga kini masih jadi kekalahan Anderlecht terberat, dan kemenangan terbesar United, dalam kompetisi UEFA.

Manchester United pembuat sejarah terburuk bagi Anderlecht

Dalam rekor pertandingan Anderlecht melawan klub Inggris, sejauh ini, rekor yang sudah dihasilkan menang tujuh, seri lima dan kalah 20 kali -- di antara itu tujuh kemenangan, tiga seri dan tujuh kekalahan Anderlecht terjadi di Brussels. Mereka belum pernah menang dalam 15 perjalanan ke Inggris-- seri dua dan kalah 13 kali. Terakhir, mereka bermain melawan tim dari Inggris di penyisihan grup Liga Eropa UEFA musim lalu, kalah 2-1 di Tottenham Hotspur setelah memenangkan dengan skor yang sama di rumah.

Jose Mourinho  mengatakan  Anderlecht adalah tim yang bagus dan mereka memiliki rasa hormat  menjelang pertarungan ini. “Mereka adalah tim yang bagus dan memiliki cara tertentu dalam bermain, disesuaikan dengan kualitas pemain mereka."

“Mereka bermain dengan baik, menekan dengan baik dan memiliki pemain berbakat. Saya pikir kami harus bermain pada level terbaik kami,”tambahnya.

Ia juga  mengungkapkan bahwa pihaknya akan berjuang untuk Liga Europa dan juga akan melakukan yang terbaik untuk masuk ke empat besar di liga domestik. “Kami masih memiliki dua pintu yang terbuka dan perasaan saya adalah bahwa kita benar-benar akan berjuang di kedua kompetisi ini, katanya.

Pertemuan Terakhir

Pertemuan terakhir Anderlecht dengan tim Inggris termasuk di dua final: Sukses menang 4-2 melawan West Ham pada 1976 di Winners Piala Eropa bermain di Brussels, dan dua leg 1984 di final Piala UEFA melawan Tottenham, yang mereka kalah 4- 3 lewat adu penalti setelah dua kali imbang 1-1.

Selain dari enam pertandingan mereka versus Anderlecht, pengalaman lain United melawan klub Belgia adalah saat kemenangan 7-1 (agregat) atas Club Brugge di UEFA Champions League play-off 2015/16. Mereka menang 4-0 di leg kedua di Belgia.

Catatan Tim

Anderlecht telah memenangi lima dari enam pertandingan terakhir di kandang, satu-satunya tahap penyimpangan saat kalah 3-2 di penyisihan grup dari St-Étienne - tim Prancis yang tersingkir di putaran 32 pada musim ini.

Manchester United membukukan enam pertandingan Eropa tanpa terkalahkan--menang lima, seri sekali.

Anderlecht terakhir kali tampil di perempat final Eropa pada 1996-1997 (UEFA Cup), di mana mereka kalah dari Internazionale Milano. Mereka tersingkir oleh tim Serie lainnya, AS Roma - pada tahap yang sama pada 1990-1991.

Si Setan Merah sedang berjuang untuk meraih tropi Eropa pertama kalinya untuk klub, yang sejauh ini mereka hindari. Mereka hanya pernah tampil di perempat final Piala UEFA 1984/85 ketika tim Ron Atkinson kalah adu penalti dari Videoton.

Gol Ibra

Ibra sudah mencetak empat gol di Anderlecht dalam babak penyisihan grup (5-0) Liga Champions untuk Paris Saint-Germain pada Oktober 2013. Dia menyerang lagi di pertemuan kemudian, hasil imbang 1-1.

• Dengan lima gol sejak awal babak penyisihan grup, Ibrahimovic dan pemain Anderlecht ukasz Teodorczyk adalah pemain dalam daftar top skor yang tersisa di kompetisi musim ini. Keduanya tertinggal tiga gol dari pemain Zenit Giuliano dan Roma Edin Deko yang berada di atas.

• Ibrahimovic dan pemain Anderlecht Isaac Kiese Thelin adalah dua dari tiga anggota timnas Swedia yang tersisa di kompetisi, yang semuanya bertujuan untuk bermain di final UEFA Europa League di ibukota negara mereka. Pemain Celta Vigo John Guidetti adalah lainnya.

•Pemain Manchester United, yang juga anggota tim nasional Belgia, Marouane Fellaini sudah melawan Anderlecht empat kali saat bermain untuk Standard Liège dengan catatan menang sekali, seri sekali dan kalah sekali.

• Leg pertama ini berlangsung sehari setelah ulang tahun ke-23 bek Manchester United, Eric Bailly.

• Manchester United memainkan lebih sedikit (336 kali) permainan di UEFA dari Anderlecht (388), tetapi telah mencatat lebih banyak kemenangan: 178-173.

• Seperti di babak 16, Belgia adalah yang terbaik karena di perempat final diwakili dua tim: Genk dan Anderlecht. Pada tujuh musim UEFA Europa League sebelumnya, hanya dua klub Belgia yang mampu sampai sejauh ini: Standard pada 2009/10 dan Club Brugge 2014/15.

• Anderlecht menjadi tim paling banyak kalah di UEFA (134) dari tim lain dan hanya Real Madrid yang menjadi tim paling banyak membuat gol (549) daripada the Purples (503) di Eropa.

Para pelatih
• Ini adalah debut musim René Weiler (Swiss) sebagai pelatih Anderlecht setelah menghabiskan dua tahun sebelumnya melatih Nürnberg (2014-2016). Dia adalah mantan bek yang memiliki reputasi baik di negara asalnya dan bermain dengan Schaffhausen dan Aarau.

• José Mourinho mengambil alih sebagai bos United pada musim panas lalu. Setelah memenangkan Piala UEFA dan Liga Champions bersama Porto, ia mendarat di Eropa dengan Internazionale Milano serta tiga gelar Premier League selama dua tahun tugasnya di Chelsea.

• Mourinho di kompetisi ini, memandu Porto ke final Piala UEFA pada 2003, di mana mereka memukul Celtic 3-2 di Seville.

• Mourinho menghadapi Anderlecht dua kali bersama Chelsea di babak penyisihan grup UEFA Champions League 2005/06, pihaknya menang 1-0 di kandang dan 2-0 di Brussel.

 

 STATISTIK PERTEMUAN

Statistik

Anderlecht    

Manchester United

Menang

2

4

Kalah

4

2

Seri

0

0

Klasemen Liga

1

5

REKOR PERTEMUAN 

12 Sep 1956

Anderlecht v Manchester United

0-2

European Cup

26 Sep 1956

Anderlecht v Manchester United

0-10

European Cup

13 Nov 1968

Manchester United v Anderlecht

3-0

European Cup

27 Nov 1968

Anderlecht v Manchester United

3-1

European Cup

13 Sep 2000

Manchester United v Anderlecht

5-1

UEFA League

24 Oct 2000

Anderlecht v Manchester United

2-1

UEFA League

13 Apr 2017

Anderlecht v Manchester United

 

UEFA Europa League

Sumber : uefa.com/ Reuters

Tag : manchester united, liga europa uefa
Editor : Martin Sihombing

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top