Setahun Cruyff Pergi, Ini Rentetan Penghormatan Barcelona

Barcelona menyatakan akan membuat penghormatan terhadap Johan Cruyff dengan menamakan salah satu stadion baru mereka dengan nama sang legenda.
M. Syahran W. Lubis | 26 Maret 2017 01:14 WIB
Almarhum Johan Cruyff - Reuters/Albert Gea

Bisnis.com, JAKARTA - Juara La Liga Spanyol FC Barcelona menyatakan akan membuat penghormatan terhadap Johan Cruyff dengan menamakan salah satu stadion baru mereka dengan nama sang legenda asal Belanda itu.

Selain itu, Barca akan membuatkan sebuah patung di Stadion Camp Nou, markas klub Katalan tersebut, demi menghormati Cruyff, yang pernah menjadi bagian penting tim tersebut baik sebagai pemain maupun sebagai pelatih yang mewariskan pola permainan tiki-taka.

Barca berencana merelokasi Stadion Mini yang merupakan markas tim B dan terkadang menjadi homebase bagi tim wanita mereka, menjadi lapangan latihan tim pertama dan Presiden Barca Josep Maria Bartomeu mengemukakan lapangan baru itu akan dinamakan Stadion Johan Cruyff.

“Cruyff adalah orang yang memecah hambatan, mengangkat kepala kita, dan menunjukkan bahwa tidak ada yang tak mungkin,” kata Bartomeu di Barcelona pada Sabtu (26/3/2017), sehari setelah peringatan setahun meninggalnya Cruyff.

“Kematiannya merupakan kerugian besar, bukan hanya bagi orang-orang yang berhubungan dengan Barcelona, namun juga bagi semua pencinta sepak bola,” lanjutnya.

Cruyff meninggal dunia dalam usia 68 tahun setelah berjuang melawan penyakit kanker paru-paru. Dia bergabung dengan Barca dari Ajax Amsterdam pada 1973 dan membantu Barca menjadi juara La Liga pertama kalinya setelah 14 tahun. Dia bergabung sebagai pemain di Barca hingga 1978.

Berselang 10 tahun kemudian, sang legenda kembali ke Barcelona sebagai pelatih. Dia menukangi tim tersebut selama 8 tahun.

Bartomeu juga mengungkapkan rencana untuk menyediakan tempat khusus yang didedikasikan untuk Cruyff di museum klub tersebut.

Jordi Cruyff, putra Johan Cruyff yang juga pernah main untuk Barca, mengatakan akan mendonasikan jersey ayahnya yang digunakan ketika Barca juara La Liga 1974, dan juga trofi Ballon d’Or, ke museum itu.

Bukan hanya itu, Vice President Barca Jordi Cardoner menyatakan akan meminta Pemerintah Kota Barcelona untuk mengubah nama salah satu jalan di dekat stadion dengan nama Johan Cruyff.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
barcelona, timnas belanda

Sumber : Reuters

Editor : M. Syahran W. Lubis

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top