Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Naturalisasi Pemain Timnas U-17 Belanda asal Manado di Tangan DPR

Naturalisasi pesepakbola muda usia berkebangsaan Belanda dan berdarah Manado Ezra Walian seperti menunggu waktu lantaran sudah berada di meja Presiden Jokowi.
Ezra Walian dan Irfan Bachdim/Instagram
Ezra Walian dan Irfan Bachdim/Instagram

Bisnis.com, JAKARTA - Naturalisasi pesepakbola muda usia berkebangsaan Belanda dan berdarah Manado Ezra Walian seperti menunggu waktu lantaran sudah berada di meja Presiden Jokowi.

"Menunggu persetujuan DPR. Sebab harus ada persetujuan dari parlemen," ujar Kepala Komunikasi Publik Gatot Dewa Broto, Jumat (27/1/2017), yang dikutip dari Antara.

Ezra Walian merupakan penyerang yang kini bermain untuk Ajax Amsterdam U-21 di Liga Belanda kasta kedua, Eerste Divisie. Pemuda berusia 19 tahun ini memiliki darah Indonesia dari sang ayah, Glenn Walian yang berasal dari Manado. Dia memiliki kewarganegaraan Belanda, sama dengan mendiang ibunya.

Karier Ezra di Belanda bisa dikatakan cemerlang. Dia sudah pernah membela tim nasional Belanda di empat kelompok umur yaitu U-15, U-16, U-17 dan U-18.

Pada tahun 2013, dia mencuri perhatian setelah mencetak lima gol untuk tim Belanda U-17 ketika berlaga di Kualifikasi Piala Eropa U-17 melawan San Marino dan membantu kemenangan timnya dengan skor 12-0.

Ketika kembali ke Indonesia pada akhir tahun 2016, dia menyatakan keinginannya untuk bisa menjadi bagian tim nasional Indonesia

Sejauh ini, PSSI merekomendasikan pemain muda Ajax Amsterdam keturunan Manado, Ezra Walian, untuk dinaturalisasi kepada pemerintah.

Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) berencana melakukan naturalisasi empat sampai enam pesepak bola asing demi mencapai target emas di SEA Games 2017 di Malaysia dan posisi empat besar Asian Games 2018.

"Namun masih akan dilihat lagi, bisa saja tidak sesuai dengan jumlah itu. Nanti berdialog lagi dengan pelatih tim nasional," ujar Wakil Ketua Umum PSSI Joko Driyono di Jakarta, Jumat (27/1/2017).

Joko sendiri enggan memberi tahu informasi lebih rinci mengenai rencana tersebut karena tidak mau mendahului pelatih tim nasional Luis Milla, yang baru mulai bekerja pada 8 Februari 2017.

Dia hanya mengatakan pesepak bola asing itu bisa berasal dari negara mana saja. Yang pasti, mereka yang di-WNI-kan itu harus memiliki ikatan emosional dengan Indonesia.

"Jadi ada garis keturunan Indonesia," tutur Joko.

Terbaru, PSSI merekomendasikan pemain muda Ajax Amsterdam keturunan Manado, Ezra Walian, untuk dinaturalisasi kepada pemerintah.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Martin Sihombing
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper