Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Hasil Liga Inggris: Chelsea, Liverpool, City 3 Poin, Swansea Menang Sungguh Dramatis

Chelsea, Liverpool, dan Manchester City mempertahankan posisi tiga teratas dalam klasemen sementara Liga Primer Inggris
Fernando Llorente (kanan) merayakan gol kemenangan Swansea City atas Crystal Palace dengan skor 5-4 dalam pertandingan yang berlangsung dramatis./The Guardian
Fernando Llorente (kanan) merayakan gol kemenangan Swansea City atas Crystal Palace dengan skor 5-4 dalam pertandingan yang berlangsung dramatis./The Guardian

Bisnis.com, JAKARTA - Chelsea, Liverpool, dan Manchester City mempertahankan posisi tiga teratas dalam klasemen sementara Liga Primer Inggris setelah mencatat kemenangan dalam rangkaian pertandingan pekan ke-13.

Kemenangan Chelsea dengan skor tipis 2-1 atas Tottenham Hotspur pada Minggu dini hari WIB (27/11/2016) itu berarti menghentikan catatan tak terkalahkan lawannya itu sepanjang Liga Primer musim ini.

Chelsea mempertahankan posisi puncak klasemen dengan perolehan nilai 31, diikuti Liverpool dan Manchester City masing-masing dengan koleksi 30 angka. Sedangkan Spurs dengan nilai 24 tertahan di slot kelima.

Victor Moses menjadi bintang kemenangan Chelsea, dengan mencetak gol pada menit 51 untuk membalikkan keadaan setelah sempat tertinggal lebih dulu dari tim tamu.

Dalam pertandingan Stadion Stamford Bridge di London, Spurs lebih dulu memperoleh keunggulan lewat sepakan keras kaki kiri Christian Eriksen pada menit 11 dari sisi kotak penalti untuk menaklukkan penjaga gawang Chelsea Thibaut Courtois.

Namun, skor saat jeda 1-1 setelah sesaat menjelang babak pertama usai Chelsea sukses menyamakan kedudukan lewat gol cantik Pedro Rodriguez, yang ‘menari’ sejenak usai menerima bola umpan Nemanja Matic sebelum melepaskan tendangan lengkung yang menghujam ke area tiang jauh tak terjangkau penjaga gawang Hugo Lloris.

Memasuki babak kedua, berjalan 6 menit, Chelsea berbalik unggul 2-1 atas Spurs setelah Diego Costa dibiarkan bergerak bebas di dalam kotak penalti sebelum melepaskan umpan matang ke area tiang jauh yang dengan dingin disontek Moses ke dalam gawang.

Chelsea berpeluang memperbesar keunggulan pada menit 55, saat Costa lagi-lagi berhasil menyodorkan bola matang, namun Marcos Alonso gagal menyelesaikannya dengan baik dan hanya melepas tendangan yang melambung tinggi.

Sebaliknya, Spurs juga berusaha keras menjaga rekor tak terkalahkan mereka namun tendangan voli Eriksen pada menit 62 mudah dijinakkan Courtois dan ambisi pemain pengganti Georges-Kevin Nkoudou di hadapan gawang membuang percuma opsi mengumpan kepada rekan-rekannya yang berdiri cukup bebas pada menit 87.

Kedudukan 2-1 untuk tuan rumah berjuluk The Blues bertahan hingga wasit Michael Oliver meniup peluit panjang tanda pertandingan selesai.

Sementara itu di Stadion Anfield, tuan rumah Liverpool menundukkan Sunderland 2-0 dengan dua gol yang disarangkan pemain Timnas Belgia Divock Origi.

Origi, yang masuk lapangan pada menit ke-34 menggantikan Philippe Coutinho yang cedera engkel akibat dihajar Didier Ndong, berhasil membuktikan dirinya patut mengemban tugas serta kepercayaan besar yang ditaruh di pundaknya.

Liverpool, yang lagi-lagi menghadapi formasi ultradefensif, kesulitan untuk membongkar pertahanan Sunderland meski menguasai 77 persen pengendalian bola sepanjang laga.

Origi tampil menjadi pahlawan saat mencetak gol pembuka keunggulan pada menit 75, menggiring bola dari sisi kanan pertahanan Sunderland, mengecoh Duncan Watmore sejenak sebelum melepaskan tendangan lengkung dengan kaki kanannya yang bolanya memantul sebelum melesak ke arah tiang jauh tak terjangkau penjaga gawang Jordan Pickford.

Gol itu merupakan gol perdana Origi di Liga Inggris musim ini, mengingat ia cukup kesulitan menembus tim utama Liverpool lantaran solidnya trio Coutinho-Firmino-Mane.

Gol tersebut menyuntik ulang semangat Liverpool, namun Sunderland agaknya tak puas hanya mengirimkan Coutinho ke ruang medis semata, sehingga Roberto Firmino pun jadi korban pelanggaran keras dari barisan pemain tim tamu.

Meski demikian, Firmino cukup beruntung dapat meninggalkan lapangan dengan berdiri tanpa ditandu untuk digantikan Lucas Leiva.

Meski terlihat sebagai strategi defensif, Liverpool malah menambah keunggulan mereka pada menit 90+1 usai Sadio Mane dilanggar Ndong di area terlarang.

Lengkap sudah kemenangan Liverpool 2-0, selengkap sasaran Sunderland menjatuhkan trio penyerang Liverpool Coutinho-Firmino-Mane sepanjang laga.

Dalam laga lain di kandang Burnley, Stadion Turf Moor, Manchester City berhasi membekuk tuan rumah dengan skor 2-1.

ManCity sempat tertinggal oleh tuan rumah yang melesakkan gol melalui Dean Marney pada menit ke-14, namun kemudian skuat asuhan Pep Guardiola mampu membalikkan skor melalui dua gol dari Sergio Aguero pada menit ke-37 dan 60.

Sementara itu terjadi hujan gol ketika tuan rumah Swansea City menang dengan cara yang sungguh dramatis dan ‘ajaib’ dengan skor 5-4 atas tamunya Crystal Palace di Stadion Liberty di Swansea, Wales.

Sempat tertinggal melalui gol Palace pada menit ke-19 lewat Wilfred Zaha, Swansea berbalik unggul 3-1 melalui kontribusi Gylfi Thor Sigurdsson (36’) serta dua dari Leroy Fer (66’ dan 68’).

Namun, tim tamu berbalik unggul 3-4 setelah menjaringkan tiga gol lewat James Tomkins (75’), bunuh diri pemain Swansea Jack Cork (82’), dan Christian Benteke ((84’).

Palace sepertinya akan menang saat waktu reguler 2 x 45 menit terlewati dan laga masuk injury time. Namun, ‘keajaiban’ itu benar-benar terjadi ketika Swansea mampu mengembalikan keunggulannya dengan dua gol pada tambahan waktu itu yang keduanya dicetak Fernando Llorente, yang masuk menggantikan Wayne Routledge pada menit 66. Skor akhir 5-4 untuk Swansea.

Hasil pertandingan pekan ke-13 hingga Minggu dini hari WIB:

Burnley 1 vs Manchester City 2

Hull City 1 vs West Bromwich Albion 1

Leicester City 2 vs Middlesbrough 2

Liverpool 2 vs Sunderland 0

Swansea City 5 vs Crystal Palace 4

Chelsea 2 vs Tottenham Hotspur 1

Jadwal berikutnya (dalam WIB):

Minggu, 27 November:

19:00   Watford vs Stoke City

21:15   Arsenal vs AFC Bournemouth

23:30   Manchester United vs West Ham United

23:30   Southampton vs Everton

Klasemen sementara (main, selisih gol, nilai):

Chelsea

13

+19

31

Liverpool

13

+18

30

Manchester City

13

+17

30

Arsenal

12

+13

25

Tottenham Hotspur

13

+9

24

Manchester United

12

+3

19

Everton

12

+2

19

Watford

12

-3

18

West Bromwich Albion

13

+1

17

AFC Bournemouth

12

-2

15

Southampton

12

+0

14

Burnley

13

-9

14

Leicester City

13

-6

13

Stoke City

12

-6

13

Middlesbrough

13

-3

12

Crystal Palace

13

-5

11

West Ham United

12

-10

11

Hull City

13

-17

11

Swansea City

13

-10

9

Sunderland

13

-11

8

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Sumber : Reuters, Soccerway, & Antara/PremierLeague.com

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper