Hasil ISC: Sriwijaya Kalah 0-4 di Palembang, Persija Menang 2-1 di Solo

Tuan rumah Sriwijaya FC di luar dugaan kalah dengan skor telak 0-4 dari tamunya Bhayangkara FC dalam lanjutan Indonesia Soccer Championship (ISC) 2016.
M. Syahran W. Lubis | 02 Oktober 2016 23:25 WIB
Pemain PS TNI Aldino Herdianto merayakan gol ke gawang Persegres Gresik United. PS TNI menang 2-0. - Antara/Yulius Satria Wijaya

Bisnis.com, JAKARTA - Tuan rumah Sriwijaya FC di luar dugaan kalah dengan skor telak 0-4 dari tamunya Bhayangkara FC dalam lanjutan Indonesia/Torabika Soccer Championship (ISC/TSC) yang digelar di Stadion Jakabaring, Palembang, Sumatra Selatan, pada Minggu (2/10/2016).

Pesta tim tamu dari Surabaya, Jawa Timur, dimulai pada menit ke-36 ketika tendangan bebas Otavio Dutra menembus gawang tuan rumah yang dikawal kiper Teja Pakualam.

Tim tamu menggandakan keunggulan menjadi 2-0 pada menit ke-66 melalui kontribusi tendangan jarak jauh Thiago Furtuoso.

Penderitaan tuan rumah berjuluk Laskar Wong Kito ditambah oleh dua mantan pemain Timnas U-19, Evan Dimas Darmono dan Muhammad Hargianto, yang mencetak gol masing-masing pada menit 84 dan ketika laga yang dipimpin wasit Yudi Nurcahya memasuki injury time, demikian dilaporkan website resmi ISC.

Sementara itu, Persija Jakarta menundukkan Perseru Serui dengan skor tipis 2-1 dalam pertandingan di Stadion Manahan di Solo, Jawa Tengah.

Persija, yang harus meninggalkan markas sebenarnya Gelora Bung Karno lantaran direnovasi berhasil memaksimalkan statusnya sebagai tuan rumah.

Sebagaimana dilaporkan Antara, Persija menjamu Perseru yang disaksikan ribuan penonton pendukung kedua tim dengan guyuran hujan gerimis berjalan seru karena kedua kesebelasan saling menyerang.

Kedua kesebesalan selama 30 menit babak pertama terus melakukan saling menyerang yang sering membahayakan gawang lawan, baik kiper Persija Andritany maupun kiper Perseru Sukarsto Efendi.

Persija yang asyik melakukan serangan dan bermain taktis sering kewalahan menghadang serangan balik cepat yang dilakukan Perseru. Namun, andalnya kiper Andrtany mampu menyelamatkan gawangnya dengan baik.

Peseru mendapat peluang emas pada menit ke-16 melalui pemain Ikpefua Osas yang tinggal berhadapan dengan kiper Andritany. Akan tetapi, tendanganya mampu diblok dan hanya menghasilkan tendangan sudut.

Perseru pada menit ke-30 mendapat kembali peluang melalui tendangan Yaksan Ama. Akan tetapi, tendangan tipis ke samping kiri gawang Persija selamatlah gawang Andritany.

Persija mengalami kebobolan gawangnya pada menit ke-39 melalui tendangan Ikpefua setelah terjadi kemelut di depan gawang Andritany dan mengubah kedudukan menjadi 0-1 untuk Perseru.

Persija mendapat peluang emas pada menit ke-18 melalui tendangan Emanuel Kemongne. Namun, tendangan kerasnya yang mengarah sudut gawang Perseru, tipis di atas mistar gawang sehingga tidak mengubah kedudukan tetap 0-1 hingga babak pertama usai.

Persija memasuki babak kedua memasukkan dua pemain andalannya, Greg Nwokolo dan Rodrigo Antonio Lombardo Tosi, yang menggantikan Ismed Sofyan dan Amarzuki untuk menambah daya serang ke pertahanan lawan.

Persija terbukti langsung meningkatkan tempo permainan dan membuahkan hasil pada menit ke-47 melalui tendangan salto yang dilakukan oleh Emanuel Kenmogne sehingga menyamakan kedudukan menjadi 1-1. Gol persija Emanuel yang memanfaatkan unpan sundulan kepala Gunawan Dwi Cahyo dari tendangan sudut, Greg Nwokolo.

Persija yang mampu menyamakan kedudukan terus melakukan serangan, baik melalui Emanuel maupun Greg, yang sering menciptakan peluang untuk timnya. Emanuel mendapat peluang pada menit ke-67. Akan tetapi, tendangan mampu diblok kiper Perseru dan hanya membentur gawang. Maka, selamatlah gawang Perseru.

Persija baru mampu menambah gol pada menit ke-82 melalui tendangan Gunawan Dwi Cahyo setelah memanfaatkan umpan sundulan kepala yang dilakukan oleh Emanule sehingga mengubah kedudukan menjadi 2-1 untuk tim tuan rumah. Kedudukan ini tidak berubah hingga wasit yang memimpin pertandingan Asep Yandis dari Karawang meniup peluit tanda babak kedua berakhir.

Dalam pertandingan lainnya, PS TNI berhasil menundukkan Persegres Gresik United dengan skor 2-0 di Stadion Pakansari di Cibinong, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Kedua gol tuan rumah dicetak oleh Aldino Herdianto dan Manahati Lestusen.

Sumber : Indonesiansc.com & Antara

Tag : isc 2016
Editor : M. Syahran W. Lubis

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top